Catat! Kenali Ciri-Ciri Penyakit Jantung pada Wanita Ini

Senin, 03 Januari 2022 | 12:58 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Catat! Kenali Ciri-Ciri Penyakit Jantung pada Wanita Ini

ILUSTRASI. Ada beberapa kondisi yang termasuk ciri-ciri penyakit jantung pada wanita. Tribun Jateng/ Hermawan Handaka.


KONTAN.CO.ID - Penyakit jantung merupakan salah satu jenis penyakit yang wajib Anda waspadai. Ciri-ciri penyakit jantung pada wanita pun perlu Anda kenali supaya Anda bisa segera melakukan perawatan.

Tak hanya laki-laki, wanita juga berpotensi menderita penyakit jantung. Ada berbagai jenis faktor yang melatarbelakangi munculnya penyakit jantung.

Mulai dari kebiasaan merokok, mengonsumsi minuman beralkohol terlalu banyak, hingga pola hidup tidak sehat lainnya. Apabila terus dilakukan, hal-hal itu bisa meningkatkan jumlah kolesterol dalam tubuh.

Seiring berjalannya waktu, kolesterol akan meningkatkan tekanan darah yang mana berpengaruh buruk pada kesehatan jantung. Nah, supaya tidak terlambat mengobati, perhatikan gejala penyakit jantung ini, ya:

Gejala awal

Pada awalnya, tidak banyak kondisi yang menunjukkan adanya masalah pada jantung. Namun, ketika Anda mengalami serangan jantung adalah masalah kesehatan yang lain, ada beberapa kondisi yang bisa Anda alami.

Mulai dari nyeri dada, rasa sakit yang menjalar ke leher, rahang, punggung, dan perut bagian atas, mual, sesak napas, hingga kelelahan. Penyakit jantung juga bisa membuat Anda mudah berkeringat dan mengubah warna kulit Anda menjadi lebih gelap.

Baca Juga: Efek Jangka Panjang Covid-19, Memicu Kelelahan Kronis

Gejala yang dialami wanita

Kaki bengkak termasuk ciri-ciri penyakit jantung pada wanita.

Healthline menyebutkan bahwa ciri-ciri penyakit jantung pada wanita bisa berbeda dengan kondisi yang dialami pria.

Bagi wanita, kaki bengkak, berat badan bertambah, sulit tidur, mengi, detak jantung meningkat, dan pusing adalah beberapa kondisi yang menandakan ada masalah pada jantung.

Baca Juga: 9 Tanda Tubuh Kebanyakan Minum Air Putih, salah satunya Sakit Kepala

Gejala yang sudah parah

Seiring berjalannya waktu, ada lebih banyak kondisi parah yang muncul karena penyakit jantung. Gejala parah itu adalah dada terasa tertekan dan nyeri, lengan terasa sangat sakit, sesak napas, dan pingsan

Faktor risiko yang lain

Anda perlu segera memeriksakan diri apabila mengalami gejala-gejala di atas. Apalagi jika Anda memiliki kondisi lain yang bisa memperparah penyakit jantung. Mulai dari diabetes, penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi, obesitas, hingga HIV.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu menerapkan pola hidup sehat. Cobalah untuk menghentikan kebiasaan merokok. Mengelola stres dengan baik juga bisa menurunkan risiko penyakit jantung yang Anda miliki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru