kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,72   4,08   0.44%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat Kadar Normal Asam Urat dalam Darah untuk Laki-Laki, Wanita dan Anak-Anak


Selasa, 17 Oktober 2023 / 05:30 WIB
Catat Kadar Normal Asam Urat dalam Darah untuk Laki-Laki, Wanita dan Anak-Anak
ILUSTRASI. Asam urat adalah salah satu jenis penyakit peradangan pada sendi yang terjadi karena adanya penumpukan kristal asam urat.


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asam urat disebut juga gout adalah salah satu jenis penyakit peradangan pada sendi yang terjadi karena adanya penumpukan kristal asam urat. Kondisi ini dapat terjadi pada banyak sendi, seperti di jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan paling sering di ibu jari kaki.

Melansir laman Kementerian Kesehatan, normalnya, kadar asam urat dalam darah manusia berkisar antara: 

1. 3,4 – 7,0 mg/dL pada laki laki
2. 2,4 – 6,0 mg/dL pada perempuan
3. 2,0 – 5,5 mg/dL pada kelompok anak-anak.  

Pada kondisi normal, asam urat larut dalam darah dan dikeluarkan melalui urine. Selain itu  pada kondisi tertentu, asam urat dapat menumpuk akibat tubuh menghasilkan asam urat dalam jumlah yang berlebihan atau mengalami gangguan dalam membuang kelebihan asam urat.

Kadar asam urat dalam darah yang berlebihan akan menyebabkan pembentukan kristal di sendi. Kristal ini dapat menyebabkan peradangan, sehingga penderita akan mengeluhkan  gejala nyeri yang mengganggu dan bengkak pada sendi, biasanya di kaki.

Baca Juga: Diabetes Tak Bisa Disembuhkan Tapi Bisa Dikendalikan, Bagaimana Caranya?

Gejala asam urat

Ada beberapa gejala penyakit asam urat yang umum terjadi, di antaranya:

· Sendi mendadak terasa sangat sakit.

· Kesulitan untuk berjalan akibat sakit yang mengganggu, khususnya di malam hari.

· Nyeri akan berkembang dengan cepat dalam beberapa jam dan disertai nyeri hebat, pembengkakan, rasa panas, serta muncul warna kemerahan pada kulit sendi.

· Saat gejala mereda dan bengkak pun mengempis, kulit di sekitar sendi yang terkena akan tampak bersisik, terkelupas dan terasa gatal.

· Meski gejala penyakit ini bisa mereda dengan sendirinya, harus tetap dilakukan pengobatan untuk mencegah risiko kambuh dengan tingkat gejala yang meningkat.

Baca Juga: Daun Sukun Bisa Turunkan Asam Urat dan Kolesterol, Begini Cara Konsumsinya

Pengobatan Penyakit Asam Urat 

Pengobatan penyakit asam urat dilakukan dengan pemberian obat asam urat. Namun, pemberian obat asam urat ini akan disesuaikan dengan tingkat keparahan penyakitnya. Obat-obatan yang diberikan berfungsi untuk meredakan nyeri sekaligus mencegah serangan asam urat di masa mendatang. 

Selain penggunaan obat-obatan, dokter juga akan merekomendasikan perubahan gaya hidup. Hal ini bertujuan untuk membantu mengelola gejala asam urat sekaligus mengurangi risiko serangan asam urat di masa depan.

Berikut adalah beberapa perubahan gaya hidup tersebut: 

· Kurangi asupan alkohol. 

· Menurunkan berat badan, jika kamu kelebihan berat badan. 

· Berhenti merokok, jika kamu merupakan perokok.




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×