Catat, jangan abaikan 5 ciri-ciri penyakit jantung ini

Selasa, 29 Juni 2021 | 12:55 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Catat, jangan abaikan 5 ciri-ciri penyakit jantung ini

ILUSTRASI. Nyeri dada termasuk salah satu ciri-ciri penyakit jantung. Tribun Jateng/ Hermawan Handaka.

KONTAN.CO.ID - Mewaspadai ciri-ciri penyakit jantung merupakan salah satu hal penting yang perlu Anda lakukan. Tujuannya, agar Anda bisa mendapat perawatan yang tepat dan cepat. Dengan begitu, kondisi kesehatan Anda bisa tetap terjaga.

Apalagi jika Anda memiliki kondisi tubuh lain yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Mulai dari obesitas, usia lebih dari 60 tahun, memiliki penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi, diabetes, hingga jumlah kolesterol yang tidak terkontrol.

Jangan menunda waktu untuk memeriksakan diri ke dokter jika mengalami beberapa gejala penyakit jantung ini. Nantinya, dokter akan menggabungkan laporan gejala yang Anda alami dengan hasil pemeriksaan untuk mendapat bentuk perawatan yang tepat.

Sakit perut

Melansir Web MD, sakit perut jadi salah stau ciri-ciri penyakit jantung yang perlu Anda waspadai. Biasanya, kondisi itu juga dibarengi dengan mual, muntah, muncul sensasi terbakar atau heartburn, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 5 Cara meningkatkan kadar oksigen dalam darah secara alami

Nyeri dada

Nyeri dada jadi salah satu gejala penyakit jantung yang cukup sering dialami oleh banyak orang. Setiap orang mengalami bentuk nyeri dada yang berbeda-beda.

Biasanya, nyeri dada akibat penyakit jantung berlangsung dalam jangka waktu lama dan bisa terjadi meski Anda tak melakukan banyak aktivitas fisik. Selain muncul rasa sakit di bagian dada, rasa sakit itu juga bisa menjalar ke bagian tubuh yang lain, misalnya, lengan.

Jadi, jika Anda mengalami nyeri dada, kemudian rasa sakit berpindah ke bagian lengan, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter, ya.

Mendengkur

Ciri-ciri penyakit jantung lainnya, menurut Web MD, adalah mendengkur saat tidur. Biasanya, mendengkur dibarengi dengan rasa tersedak karena Anda berhenti bernapas beberapa kali saat tidur.

Jika terus dibiarkan, tentu saja kondisi itu tak baik untuk kesehatan jantung dan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Baca Juga: Peradangan jantung, peringatan efek samping vaksin Pfizer & Moderna baru dari FDA AS

Pusing

Salah satu ciri-ciri penyakit jantung adalah pusing.

Pusing jadi gejala penyakit jantung berikutnya yang sebaiknya tidak Anda abaikan. Apalagi, jika pusing dibarengi dengan gejala lain, seperti sesak napas dan terjadi secara tiba-tiba.

Kondisi itu terjadi akibat tekanan darah turun karena jantung tak mampu memompa darah secara maksimal.

Berkeringat

Penyakit jantung juga bisa mengakibatkan produksi keringat meningkat. Apalagi jika keringat muncul saat Anda beristirahat atau tidak melakukan banyak kegiatan fisik. Jika hal itu terjadi, segera hubungi dokter supaya bisa mendapat perawatan yang sesuai.

Selanjutnya: Inilah 4 penyebab nyeri dada tengah yang Anda alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru