kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah 4 penyebab nyeri dada tengah yang Anda alami


Selasa, 29 Juni 2021 / 12:35 WIB
Inilah 4 penyebab nyeri dada tengah yang Anda alami
ILUSTRASI. Nyeri dada tengah bisa disebabkan oleh banyak faktor. (Tribun Jateng/ Hermawan Handaka)


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak faktor yang menyebabkan nyeri dada tengah. Banyak orang yang mengira hal itu terjadi karena ada masalah pada jantung. Namun, masih ada faktor lain yang dapat menimbulkan hal yang sama. Mulai dari masalah pada otot, paru-paru, dan lain sebagainya.

Sebaiknya, jangan abaikan rasa nyeri yang muncul. Semakin cepat Anda mendapatkan pertolongan, masalah kesehatan yang lebih parah dapat Anda hindari. Nah, salah satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah mengetahui faktor penyebabnya.

Biasanya, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan terlebih dahulu sebelum memberikan diagnosa dan saran perawatan yang sesuai. Jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami beberapa gejala lain yang berhubungan dengan nyeri dada, ya.

Serangan Jantung

Serangan jantung jadi salah satu alasan mengapa Anda mengalami nyeri dada. Mengutip dari Web MD(webmd.com), serangan jantung terjadi akibat aliran darah yang berkurang sehingga otot sel mati. Selain menimbulkan rasa nyeri, serangan jantung juga ditandai dengan mual, sesak napas, dan berkeringat.

Baca Juga: Manis dan kaya vitamin, madu bermanfaat untuk meredakan asam lambung tinggi

Perikarditis

Perikarditis adalah kondisi di mana selaput pembungkus jantung mengalami pembengkakan. Nyeri dada tengah biasanya menjalar ke bagian tubuh lain, seperti pundak dan leher. Selain itu, gejala perikarditis akan terasa semakin parah saat Anda menelan sesuatu, bernapas, atau terlentang.

Pleuritis

Selain selaput pembungkus jantung, selaput pembungkus paru-paru juga bisa mengalami pembengkakan. Melansir Web MD, dada akan terasa sakit saat Anda batuk, bernapas, atau bersin. Umumnya, kondisi itu terjadi akibat infeksi bakteri. Selain itu, kanker atau penyakit lupus juga bisa mengakibatkan hal sama.

Baca Juga: Minum air lemon efektif mengobati asam lambung tinggi

GERD

GERD termasuk salah satu penyebab nyeri dada tengah.

Nyeri dada tengah juga bisa terjadi akibat GERD, lo. GERD adalah suatu penyakit di mana katup antara lambung dan saluran pencernaan atas bermasalah sehingga asam lambung naik. Tak hanya menyebabkan nyeri dada, GERD juga bisa menimbulkan banyak masalah lain yang membuat Anda tak nyaman.

Supaya GERD tak semakin parah, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Mulai dari menghindari makanan yang terlalu pedas dan berlemak, berhenti merokok, dan menurunkan berat badan. GERD juga biasa dialami wanita hamil. Jadi, jika Anda terganggu dengan kondisi itu, sebaiknya konsultasikan ke dokter.

Selanjutnya: Pakai Bahan Alami, Ini 4 Cara Mengatasi Sesak Nafas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×