kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat, inilah hand sanitizer berbahaya yang sudah ditarik FDA


Jumat, 31 Juli 2020 / 18:10 WIB
Catat, inilah hand sanitizer berbahaya yang sudah ditarik FDA
ILUSTRASI. Jangan sembarangan memakai hand sanitizer karena sejumlah produk di AS ditemukan mengandung bahan berbahayaREUTERS/Eduardo Munoz


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

Jangan sembarangan menggunakan produk pembersih tangan atau hand sanitizer. Karena, Badan Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) menemukan sejumlah produk hand sanitizer berbahaya, mengandung metanol yang bisa meracuni orang melalui kulit.

Badan Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) telah memperluas daftar produk pembersih tangan atau hand sanitizer berbahaya dan berpotensi mematikan. Melansir CNN, Selasa (28/7/2020), FDA memperingatkan perusahaan yang berbasis di Meksiko terkait penjualan produk yang mengandung metanol, bentuk alkohol berbahaya yang dapat meracuni orang melalui kulit.

Banyak perusahaan baru telah menjual produk hand sanitizer karena meningkatnya permintaan yang dipicu oleh ketakutan virus corona. Namun, FDA mengatakan bahwa banyak perusahaan menggunakan alkohol yang tidak aman dalam produk mereka dan memperingatkan orang-orang untuk tidak memakainya.

Baca juga: Kisaran harga vaksin Covid-19 Rp 581.000, ini perbandingannya dengan vaksin lainnya

"Kegagalan produsen untuk segera menarik kembali semua produk yang berpotensi terkena dampak menempatkan konsumen dalam bahaya keracunan metanol," kata FDA dalam sebuah pernyataan, Senin (27/7/2020).

Komisaris FDA Dr Stephen Hahn menyampaikan, konsumen diminta untuk waspada terhadap hand sanitizer yang digunakan. "Konsumen juga harus waspada dengan pembersih tangan mana yang mereka gunakan, dan untuk kesehatan dan keselamatan, kami mendesak konsumen untuk segera berhenti menggunakan semua pembersih tangan dalam daftar produk pembersih tangan berbahaya FDA," ujar dia.

Ia menambahkan, FDA sangat khawatir mengenai risiko serius dari hand sanitizer berbasis alkohol yang mengandung metanol. "Memproduksi, mengimpor, dan mendistribusikan pembersih tangan beracun merupakan ancaman serius bagi masyarakat dan tidak akan ditoleransi," tutur dia.

Lebih lanjut, FDA akan mengambil tindakan tambahan seperlunya dan akan terus memberikan informasi terbaru mengenai masalah hand sanitizer berbahaya untuk kesehatan dan keselamatan konsumen.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×