kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat, Inilah Batas Asam Urat Normal Wanita & Makanan Penyebab Asam Urat


Kamis, 28 Juli 2022 / 14:10 WIB
Catat, Inilah Batas Asam Urat Normal Wanita & Makanan Penyebab Asam Urat
ILUSTRASI. Catat, Inilah Batas Asam Urat Normal Wanita & Makanan Penyebab Asam Urat


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak batas asam urat wanita dalam kondisi normal. Kenali juga makanan penyebab asam urat tinggi sehingga Anda bisa menghindari dari sekarang.

Batas asam urat normal untuk wanita bisa berbeda dibandingkan pria. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor kesehatan yang memengaruhi setiap gender maupun riwayat penyakit yang diderita.

Oleh sebab itu, kita dianjurkan menjalani tes untuk mengetahui kadar asam urat secara berkala. Selain itu, menjaga pola hidup tetap sehat juga penting agar tidak menjadi penyebab asam urat di kemudian hari.

Berapa batas asam urat normal untuk wanita?

Asam urat adalah bahan kimia yang dibuat oleh tubuh ketika memecah zat purin. Zat ini biasanya diproduksi di dalam tubuh dan juga bisa didapatkan dalam beberapa jenis makanan maupun minuman. Contohnya hati, ikan teri, ikan makarel, kacang-kacangan dan bir.

Sebagian besar kandungan asam urat larut dalam darah dan mengalir ke ginjal dan dikeluarkan tubuh melalui urin.Namun adakalanya tubuh kita memproduksi asam urat berlebihan sehingga tubuh tidak bisa mengeluarkannya dengan optimal. Jadi, berapa batas asam urat normal untuk wanita?

Baca Juga: 2 Teh Ini Membantu Mengatasi Asam Urat dan Diabetes

Dikutip dari WebMD, asam urat diukur dengan satuan mg/dL, sebagai perbandingannya dengan kadar darah. Batas asam urat normal untuk wanita yakni di bawah angka 6 mg/dL. Sedangkan batas asam urat normal pria yaitu 7 mg/dL.

Lebih dari angka tersebut, bisa dikatakan jika asam urat kita tergolong tinggi dan bisa memicu sejumlah masalah kesehatan.

Saat kadar asam urat terlalu tinggi ini disebut hiperurisemia ketika kristal asam urat mengendap di persedian sekaligus memicu sejumlah keluhan. Misalnya radang sendi maupun batu ginjal ketika kristal tersebut berada di organ tersebut.

Jika tidak diobati, asam urat yang tinggi dan melebihi batas pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan tulang, sendi dan jaringan permanen, penyakit ginjal dan penyakit jantung.

Penelitian juga menunjukkan hubungan antara kadar asam urat yang tinggi dan diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan penyakit hati berlemak.

Penanganan dan pencegahan asam urat tinggi

Jika asam urat kita terbukti terlalu tinggi dan melebihi batas normal, bisa menggunakan obat khusus untuk mengurangi peradangan, nyeri, dan pembengkakan. Dianjurkan pula untuk minum banyak cairan, setidaknya delapan gelas per hari, namun tetap menghindari minuman ringan manis dan alkohol.

Sedangkan untuk nyeri sendi yang kambuh kala kadar asam urat berlebihan, konsultasikan hal ini pada dokter. Biasanya pakar kesehatan akan meresepkan obat yang melarutkan endapan kristal asam urat.

Pastikan juga untuk menjaga berat badan tetap sehat dan memperhatikan pola asupan kita. Batasi makanan yang bisa menjadi penyebab asam ur'berbahaya' untuk asam urat seperti jeroan, daging merah, ikan, dan kandungan sirup jagung fruktosa.

Baca Juga: Selalu Ada di Dapur, 3 Bumbu Masak Ini Membantu Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat

Penyebab asam urat tinggi

Menurut Mayo Clinic, kadar asam urat yang tinggi bisa terjadi ketika ginjal tidak menghilangkan asam urat secara efisien. Hal-hal yang dapat menyebabkan perlambatan pembuangan asam urat ini dipengaruhi oleh makanan tertentu, kelebihan berat badan, diabetes, dan minum terlalu banyak alkohol.

Penyebab asam urat tinggi lainnya adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung purin atau tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat.

Faktor-faktor penyebab kadar asam urat tinggi dalam darah kita meliputi:

  • Genetika (kecenderungan yang diturunkan).
  • Hipotiroidisme (tiroid kurang aktif).
  • Obat penekan kekebalan tubuh.
  • Niasin, atau vitamin B-3.
  • Psoriasis.
  • Sindrom lisis tumor (pelepasan sel yang cepat ke dalam darah yang disebabkan oleh kanker tertentu atau oleh kemoterapi untuk kanker tersebut).

Itulah batas asam urat normal pada wanita beserta makanan penyebab asam urat tinggi yang perlu dihindari. Semoga bermanfaat.

(Ryan Sara Pratiwi & Sekar Langit Nariswari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×