Catat, inilah 4 manfaat kopi hitam untuk kesehatan tubuh

Selasa, 02 Februari 2021 | 11:52 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Catat, inilah 4 manfaat kopi hitam untuk kesehatan tubuh

ILUSTRASI. Manfaat kopi hitam berguna untuk kesehatan tubuh.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak manfaat kopi hitam yang bisa Anda dapatkan. Hal itu disebabkan oleh kandungan antioksidan serta nutrisi penting lain yang disediakan oleh kopi. Namun, pastikan untuk tidak memakai pemanis tambahan dalam jumlah yang terlalu banyak agar kesehatan Anda terjaga.

Kopi mengandung kafein sehingga mampu meningkatkan energi Anda. Hal itu dimulai saat kafein terserap oleh pembuluh darah kemudian dibawa menuju otak. Dalam otak, kafein menghambat neurotransmitter adenosin sehingga jumlah neurotransmitter yang lain bertambah.

Proses itulah yang menyebabkan energi Anda meningkat setelah minum kopi. Tentu saja masih banyak manfaat lain yang bisa Anda dapat dari mengonsumsi kopi. Mulai dari membakar lemak, menurunkan risiko diabetes, dan lain sebagainya.

Membakar Lemak

Mengutip dari Healthline (healthline.com), kafein adalah senyawa alami yang dapat membakar lemak dalam tubuh Anda. Pembakaran lemak pada penderita obesitas mencapai 10%. Sedangkan pembakaran lemak pada orang bertubuh kurus meningkat jadi 29%.

Tak hanya itu, menurut beberapa penelitian, kopi dapat meningkatkan metabolisme hingga 3-11%. Meski demikian, efek tersebut bisa hilang jika Anda mengonsumsi kopi dalam jangka waktu lama. Maka dari itu, tetap berkonsultasi pada dokter supaya berat badan tetap terkontrol.

Baca Juga: 4 Manfaat kopi untuk wajah ini tak boleh Anda abaikan

Menurunkan Risiko Diabetes

Salah satu manfaat kopi hitam adalah menurunkan risiko diabetes.

Manfaat kopi hitam selanjutnya adalah menurunkan risiko diabetes. Orang-orang yang memiliki kebiasaan minum kopi hitam memiliki risiko terkena diabetes 23-50% lebih kecil daripada orang-orang yang tidak minum kopi hitam.

Menjaga Kesehatan Liver

Ada banyak jenis penyakit yang menyerang liver Anda. Mulai dari hepatitis, penyakit lemak hati, hingga sirosis. Melansir Healthline, mereka yang minum empat gelas kopi hitam per hari memiliki risiko sirosis hati yang lebih rendah sebanyak 80%.

Baca Juga: Kopi bisa digunakan untuk deteksi virus corona, ini caranya

Mengatasi Depresi

Depresi adalah salah satu masalah kesehatan yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika Anda mengalaminya, cobalah untuk mengonsumsi kopi secara rutin. Ada beberapa penelitian yang membuktikan manfaat kopi hitam tersebut.

Sebuah penelitian Harvard yang dipublikasikan pada 2011 menunjukkan bahwa empat gelas kopi per hari dapat menurunkan risiko depresi hingga 20%. Selain minum kopi, cobalah untuk tetap berkonsultasi dengan dokter agar cara penanganan depresi yang tepat bisa Anda lakukan.

Selanjutnya: 4 Cara terbaik mengecilkan pori-pori yang perlu Anda cob

Editor: Belladina Biananda
Terbaru