Kesehatan Umum

Catat, inilah 4 manfaat buah semangka menurut ahli gizi

Kamis, 19 November 2020 | 11:16 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Catat, inilah 4 manfaat buah semangka menurut ahli gizi

ILUSTRASI. Manfaat buah semangka bisa ANda dapat dengan mengonsumsinya secara rutin.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain terasa lezat dan menyegarkan, ada banyak manfaat buah semangka yang berguna untuk kesehatan tubuh Anda. Hal itu berdasarkan banyaknya nutrisi, vitamin, dan kandungan lain yang terdapat dalam semangka. Berikut ini manfaat yng bisa Anda dapat.

Menghidrasi Tubuh dengan Baik

Tubuh yang dehidrasi akan menyebabkan banyak masalah kesehatan. Mulai dari sirkulasi yang tak lancar, sistem pencernaan, suhu tubuh, dan kondisi kulit terganggu. Tak hanya itu, fungsi organ dan sendi juga bisa bermasalah.

Supaya tubuh terhidrasi dengan baik, Anda bisa mengonsumsi semangka. Healthline (healthline.com) mengatakan bahwa dalam segelas semangka terdapat lima ons air. Artinya, metabolisme tubuh akan meningkat. Zat racun dalam tubuh juga lebih mudah terbuang.

Menghindari dehidrasi juga berpengaruh pada kondisi mental Anda. Menurut sebuah penelitian, tubuh yang dehidrasi sebanyak 1-3% mengakibatkan mood berantakan, konsentrasi menurun, meningkatkan resiko sakit kepala, kelelahan, dan kecemasan.

Baca Juga: Sedang diet? Ini buah-buahan yang bisa menurunkan berat badan Anda

Rendah Gula dan Kalori

Jika Anda ingin mengonsumsi makanan manis, tapi tak ingin berat badan naik, cobalah untuk makan buah semangka. Dalam segelas semangka, Anda bisa mendapat 45 kalori dari 11 g karbohidrat. Mengutip dari Healthline, 9 g di antaranya adalah gula alami.

Gula alami itu dilengkapi dengan vitamin A dan vitamin C yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Tak hanya itu, manfaat buah semangka juga disebabkan oleh magnesium, potasium, dan vitamin B yang berperan sebagai antioksidan.

Menurunkan Tekanan Darah

Bagi penderita tekanan darah tinggi, mengonsumsi semangka perlu dilakukan secara rutin. L-citrulline dalam semangka berguna untuk meningkatkan fungsi arteri dan menurunkan tekanan darah sehingga sirkulasi dalam tubuh bisa lebih lancar.

Baca Juga: 13 makanan yang mudah didapatkan untuk bantu penderita diabetes turunkan gula darah

Mengurangi Nyeri Otot

Manfaat buah semangka selanjutnya adalah bisa digunakan untuk mengurangi nyeri otot. Hal itu dibuktikan oleh sebuah penelitian yang melibatkan atlet. Para atlet yang mengonsumsi 16 ons jus semangka satu jam sebelum latihan tidak mengalami nyeri otot yang berlebihan.

Penelitian lain juga menunjukkan hasil yang sama. Pelari laki-lai yang mengonsumsi 16 ons jus semangka dua jam sebelum lomba maraton sedang mengalami nyeri otot yang lebih ringan daripada pelari yang mengonsumsi minuman lain.

Selanjutnya: Ini buah yang aman dikonsumsi para penderita diabetes

Editor: Belladina Biananda


Terbaru