Catat, inilah 3 penyebab telinga berdenging

Jumat, 09 Oktober 2020 | 15:23 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Catat, inilah 3 penyebab telinga berdenging

ILUSTRASI. Ada banyak faktor yang jadi penyebab telinga berdenging. REUTERS/Damir Sagolj

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Telinga berdenging atau tinnitus adalah kondisi yang pernah dialami oleh banyak orang. Ada banyak penyebab telinga berdenging. Mulai dari penyakit yang diderita oleh seseorang, pengobatan yang sedang dijalani, dan lain sebagainya.

Penyebab Umum Telinga Berdenging

Penyebab telinga berdenging adalah sel rambut dalam telinga mengalami gangguan. Saat sel rambut menerima rangsang, sel rambut dalam telinga akan mengirimkan sinyal melalui sistem saraf dan akan diartikan otak sebagai bunyi.

Saat mengalami kerusakan, akan memberikan sinyal acak sehingga telinga Anda menjadi berdengung. Mengutip dari Mayo Clinic, penurunan fungsi pendengaran seiring bertambahnya usia juga bisa menyebabkan telinga berdenging.

Terlalu banyak mendengar suara keras dalam jangka waktu lama, seperti mendengarkan musik, juga bisa menyebabkan telinga berdenging. Tak hanya itu, perubahan struktur tulang telinga dan terlalu banyak kotoran telinga yang menumpuk membuat telinga menjadi terasa tak nyaman.

Baca Juga: Ini bahaya bersihkan telinga dengan korek kuping

Penyebab yang Jarang Terjadi

Selain beberapa faktor umum yang telah dijelaskan di atas, ada pula beberapa faktor yang bisa menyebabkan telinga berdenging, tapi jarang terjadi. Misalnya, penyakit meniere, kepala yang terluka, tumor, otot dalm telinga yang menegang, dan saluran eustachius yang terganggu.

Mayo Clinic juga menyebutkan bahwa telinga berdenging juga bisa disebabkan karena pembuluh darah yang rusak. Penyakit kerusakan pembuluh darah yang dihubungkan dengan telinga berdenging adalah atherosclerosis (penumpukan kolesterol), tekanan darah tinggi, dan aliran darah yang tak stabil.

Pengobatan yang Menyebabkan Telinga Berdenging

Jenis pengobatan yang sedang Anda jalani juga bisa menjadi penyebab telinga berdenging, lo. Mayo Clinic menyebutkan bahwa semakin besar dosis obat yang Anda konsumsi, biasanya telinga berdenging juga lebih parah.

Baca Juga: Cara mudah atasi telinga berdengung

Beberapa jenis obat yang membuat telinga menjadi tak nyaman adalah antibiotik, pengobatan kanker, diuretik, aspirin, dan antidepresan tertentu. Jika penyebab telinga berdenging tak segera ditangani, Anda bisa mengalami komplikasi berupa kelelahan, stres, depresi, dan waktu tidur terganggu.

Ada dua tipe telinga berdenging yang bisa dialami oleh seseorang, yaitu subjektif tinnitus dan objektif tinnitus. Subjektif tinnitus merupakan jenis telinga berdenging yang umum dialami seseorang dan Anda bisa mendengarnya sendiri.

Sedangkan objektif tinnitus bisa didengarkan oleh dokter yang memeriksa Anda. Biasanya, objektif tinnitus menunjukkan bahwa ada masalah pembuluh darah atau tulang telinga bagian tengah.

Selanjutnya: Begini cara membersihkan kotoran telinga yang benar

Editor: Belladina Biananda
Terbaru