Catat, Ini Kadar Kolesterol Nomal untuk Pria dan Wanita Berdasarkan Usia

Rabu, 29 Desember 2021 | 06:58 WIB Sumber: Kompas.com
Catat, Ini Kadar Kolesterol Nomal untuk Pria dan Wanita Berdasarkan Usia

ILUSTRASI. Catat, Ini Kadar Kolesterol Nomal untuk Pria dan Wanita Berdasarkan Usia

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Kadar kolesterol normal dalam tubuh di setiap orang bisa berbeda-beda. Berikut daftar kadar kolesterol normal berdasarkan jumlah usia dan jenis kelamin yang perlu diketahui guna menjaga kesehatan.

Mengetahui kadar kolesterol normal dalam tubuh penting bagi setiap orang. Pasalnya, kadar kolesterol yang terlalu tinggi bisa mengundang berbagai penyakit berbahaya seperti jantung koroner, stroke, dan diabetes tipe 2.

Seiring bertambahnya usia, tubuh manusia secara alami memproduksi lebih banyak kolesterol. Jadi, dokter menyarankan orang dewasa memeriksakan kadar kolesterol secara teratur, idealnya setiap 5 tahun sekali, sebagaimana yang dikutip dari Medical News Today.

Pengertian kolesterol

Mengutip Verywell Health, kolesterol adalah zat lemak yang dibuat oleh hati, dan ditemukan dalam makanan tertentu. Kolesterol sebenarnya memiliki banyak peran dalam tubuh, termasuk mensintesis hormon dan vitamin D, serta membantu pengangkutan lipid.

Tubuh manusia membutuhkan beberapa kolesterol untuk berfungsi untuk membangun sel-sel yang sehat. Kolesterol yang beredar dalam darah dibawa oleh partikel khusus yang disebut lipoprotein.

Baca Juga: Tanpa Obat, Ini 10 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Dua lipoprotein pembawa kolesterol utama adalah low-density lipoprotein (LDL) dan high-density lipoprotein (HDL): Low-density lipoprotein (LDL): disebut kolesterol "jahat" karena menghalangi pembuluh darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung. High-density lipoproteins (HDL): dianggap sebagai kolesterol “baik” karena membantu melindungi kita dari penyakit jantung.

Semakin tinggi HDL, semakin baik. Idealnya, menjaga kadar LDL tetap rendah atau kadar HDL tinggi. Terlalu banyak LDL menempatkan kita pada risiko serangan jantung atau stroke.

Kadar kolesterol normal berdasarkan usia

Mengutip Medical News Today, kadar kolesterol cenderung meningkat seiring bertambahnya usia dan perbedaan jenis kelamin akan menentukan. Biasanya, laki-laki cenderung memiliki kadar kolesterol yang lebih tinggi sepanjang hidup mereka dari pada wanita.

Kadar kolesterol wanita meningkat setelah menopause. CDC merekomendasikan agar orang berusia 20 atau lebih memeriksa kadar kolesterol mereka setidaknya setiap 5 tahun sekali. Anak-anak cenderung tidak memiliki kolesterol tinggi, tetapi para ahli merekomendasikan pemeriksaan dilakukan 2 kali sebelum mereka berusia 18 tahun.

American Academy of Pediatrics merekomendasikan untuk pengecekan kadar kolesterol anak antara usia 9-11 tahun, seperti yang dikutip dari Verywell Health. Namun, ada anak-anak harus diuji kolesterolnya antara usia 2-10 tahun dengan riwayat keluarga penderita penyakit terkait kolesterol (serangan jantung atau penyumbatan arteri) pada usia 55 tahun atau lebih awal pada pria dan 65 tahun lebih awal pada wanita.

Melansir Verywell Health, kadar kolesterol diukur dalam 3 kategori, yaitu:

  • Low-density lipoprotein (LDL).
  • High-density lipoproteins (HDL).
  • Koleterol total: gabungan dari jumlah kolesterol baik, kolesterol jahat, dan trigliserida dalam setiap desiliter darah.

Kadar kolesterol Pria dan wanita usia 19 tahun ke bawah

  • Kadar kolesterol normal yakni total kolesterol kurang dari 170 mg/dl. LDL: kurang dari 110 mg/dl. HDL: lebih dari 45 mg/dl.
  • Kadar kolesterol tinggi Total kolesterol: lebih besar dari atau sama dengan 200 mg/dl. LDL: lebih besar dari atau sama dengan 130 mg/dl.

Kadar kolesterol Pria usia 20 tahun ke atas

  • Kadar kolesterol normal yakni total kolesterol: 125-200 mg/dl. LDL: kurang dari 100 mg/dl. HDL: lebih dari 40 mg/dl.
  • Kadar kolesterol tinggi yakni total kolesterol: lebih besar dari atau sama dengan 239 mg/dl. LDL: 160–189 mg/dl.

Kadar kolesterol Wanita usia 20 tahun ke atas

  • Kadar kolesterol normal yakni total kolesterol: 125-200 mg/dl. LDL: kurang dari 100 mg/dl. HDL: 50 mg/dl atau lebih.
  • Kadar kolesterol tinggi yakni total kolesterol: lebih besar dari atau sama dengan 239 mg/dl. LDL: 160–189 mg/dl.

Mencegah kolesterol naik

Agar kolesterol tidak naik, cara untuk mencegahnya adalah menjalankan pola makan yang sehat. Salah satu cara terpenting untuk mencegah kolesterol naik adalah tidak makan makanan yang digoreng.

Itulah daftar kadar kolesterol normal pada pria dan wanita berdasarkan usia dan cara mencegah kolesterol naik. Semoga bermanfaat!

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kadar Kolesterol Normal Berdasarkan Usia yang Perlu Diketahui",


Penulis : Shintaloka Pradita Sicca
Editor : Shintaloka Pradita Sicca

Selanjutnya: Prediksi IHSG Rabu (29/12) di Zona Hijau, Ini Rekomendasi Saham untuk Dibeli

Editor: Adi Wikanto
Terbaru