kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tanpa Obat, Ini 10 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami


Selasa, 28 Desember 2021 / 08:11 WIB
Tanpa Obat, Ini 10 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami
ILUSTRASI. Tanpa Obat, Ini 10 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak cara menurunkan kolesterol secara alami tanpa menggunakan obat-obatan dari apotik. Namun ingat, cara menurunkan kolesterol secara alami tanpa menggunakan obat ini hanya sebagai alternatif untuk mendukung pengobatan dari dokter.

Penyakit kolesterol tinggi adalah salah satu masalah kesehatan yang perlu diwaspadai di tengah pola makan tidak sehat. Meski demikian, ada banyak cara menurunkan kolesterol secara alami tanpa obat.

Tingginya kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah rawan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Oleh karena itu, perlu berbagai cara menurunkan kolesterol secara baik menggunakan obat atau tanpa obat.

Melansir Everyday Health, kadar kolesterol total orang dewasa normalnya di bawah 200 mg/dL. Jika hasil pemeriksaan kesehatan menunjukkan kadar kolesterol Anda di atas normal, saatnya mengupayakan cara menurunkan kolesterol secara alami tanpa menggunakan obat.

Baca Juga: Covid-19 Omicron di Indonesia Naik Jadi 46 Kasus, Ini Gejala Utama & Cara Mencegahnya

Cara menurunkan kolesterol secara alami tanpa menggunakan obat

Cara menurunkan kolesterol secara alami tanpa obat membutuhkan kombinasi perubahan pola makan, olahraga rutin, sampai menjaga berat badan agar tetap ideal. Dilansir dari WebMD, berikut beberapa cara menurunkan kolesterol secara alami tanpa obat:

  • Hindari gorengan dan segala jenis makanan tinggi lemak jahat

Cara pertama menurunkan kolesterol secara alami tanpa obat adalah menghindari makanan yang digoreng dan segala jenis makanan tinggi lemak jahat. Gorengan dan makanan yang mengandung lemak jahat seperti susu full cream, keju, segala jenis kue, kue kering, pizza, makanan yang dibuat dari margarin dan mentega, makanan cepat saji, serta frozen food perlu dihindari.

  • Jaga berat badan badan agar tetap ideal

Cara kedua menurunkan kolesterol secara alami tanpa obat adalah menjaga berat badan tetap ideal. Jika Anda kelebihan berat badan, memangkas berat badan empat kilogram dengan perubahan pola makan dan olahraga bisa menurunkan kolesterol jahat sampai delapan persen. Setelah itu, jaga berat badan agar tetap ideal.

  • Rutin olahraga

Cara ketiga menurunkan kolesterol secara alami tanpa obat adalah rutin berolahraga. Olahraga selama 2,5 jam per minggu dapat menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida. Segera bangun rutinitas sehat ini. Tak perlu muluk-muluk. Mulailah dengan jalan kaki 10 menit setiap hari, lalu tingkatkan secara bertahap intensitasnya.

  • Tambahkan asupan serat

Cara keempat menurunkan kolesterol secara alami tanpa obat adalah memperbanyak asupan serat. Makanan tinggi serat seperti oatmeal, kacang-kacangan, apel, pir, brokoli kaya akan serat larut yang bisa mencegah penyerapan kolesterol dalam darah. Studi menunjukkan, orang dewasa yang makan serat 35 sampai 40 gram setiap hari kadar kolesterolnya lebih terkontrol.

  • Ganti daging merah dengan ikan

Cara kelima menurunkan kolesterol secara alami tanpa obat adalah mengganti konsumsi daging merah dengan ikan. Ubah kebiasaan mengonsumsi daging merah dengan makan ikan yang kaya omega 3 seperti ikan kembung, salmon, tuna, atau sarden segar.

Pastikan cara memasaknya juga sehat. Hindari ikan yang digoreng karena bisa membuat kolesterol melonjak.

  • Konsumsi minyak zaitun

Cara keenam menurunkan kolesterol secara alami tanpa obat adalah konsumsi minyak zaitun. Jika Anda gemar mengonsumsi tumisan atau makanan yang mengandung mentega, ganti asupan tinggi lemak jenuh ini dengan minyak zaitun. Lemak baik yang terkandung dalam minyak zaitun dapat mengurangi kolesterol jahat.

  • Konsumsi rempah

Cara ketujuh menurunkan kolesterol secara alami tanpa obat adalah konsumsi rempah-rempah. Rempah-rempah seperti bawang putih, temulawak, jahe, lada hitam, ketumbar, kayu manis dapat membantu menurunkan kolesterol. Selain itu, rempah-rempah juga bisa mencegah seseorang makan berlebihan sehingga berat badan lebih terkontrol.

  • Kendalikan stres

Cara kedelapan menurunkan kolesterol secara alami tanpa obat adalah mengendalikan stres. Selain menjaga pola makan, stres juga bisa jadi penyebab kolesterol tinggi. Untuk itu, jaga pikiran agar tetap rileks. Anda bisa mengerjakan hobi yang menyenangkan seperti membaca buku, mendengarkan musik, ngopi bersama teman, atau yoga selepas beraktivitas.

  • Setop merokok

Cara kesembilan menurunkan kolesterol secara alami tanpa obat adalah berhenti merokok. Kebiasaan merokok dan sering terpapar asap rokok dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Untuk itu, perokok sebaiknya setop merokok dan minimalkan paparan asap rokok bagi perokok pasif.

  • Sering tertawa

Cara kesepuluh menurunkan kolesterol secara alami tanpa obat adalah banyak tertawa. Anda yang memiliki kolesterol tinggi perlu lebih banyak tertawa. Coba sering-sering menonton film lucu, baca cerita lucu, atau nikmati video lucu di media sosial. Dengan konsisten menjajal beberapa cara menurunkan kolesterol dengan cepat di atas, kadar kolesterol Anda biasanya bakal membaik dalam waktu enam minggu.

Kapan perlu waspada dengan kolesterol tinggi?

Jika beragam cara menurunkan kolesterol dengan cepat di atas sudah dijajal tapi kadar kolesterol Anda tak kunjung normal, segera konsultasikan ke dokter. Di luar pola makan dan faktor gaya hidup, terkadang penyebab kolesterol tinggi juga bisa berasal dari kondisi medis tertentu atau faktor genetikan.

Segera rencanakan program untuk menurunkan kolesterol dengan pengobatan yang tepat sesuai arahan dokter. Rencana pengobatan ini biasanya disesuaikan dengan faktor risiko penderita; seperti usia, gaya hidup, riwayat kesehatan, pola makan, olahraga, berat badan, sampai kebiasaan merokok.

Itulah beragam cara menurunkan kolesterol secara alami tanpa obat. Selamat mencoba!

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "10 Cara Menurunkan Kolesterol dengan Cepat",


Penulis : Mahardini Nur Afifah
Editor : Mahardini Nur Afifah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×