kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45910,09   -9,42   -1.02%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat, Ini 8 Camilan Sehat untuk Asam Lambung yang Mudah Dikonsumsi


Rabu, 20 September 2023 / 11:52 WIB
Catat, Ini 8 Camilan Sehat untuk Asam Lambung yang Mudah Dikonsumsi
ILUSTRASI. Catat, Ini 8 Camilan Sehat untuk Asam Lambung yang Mudah Dikonsumsi. KONTAN/Baihaki


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak daftar camilan sehat untuk asam lambung yang mudah ditemui. Penderita asam lambung perlu mencoba makanan yang rendah asam sehingga dapat menyembuhkan.

Ketika membahas zat-zat yang aman untuk penderita asam lambung, kita berbicara tentang makanan dan minuman yang cenderung tidak memicu atau meredakan gejala asam lambung.

Asam lambung yang berlebihan atau naik kembali dari lambung ke kerongkongan dapat menyebabkan refluks asam lambung, yang dapat menyebabkan sensasi terbakar di dada (heartburn) dan gejala terkait lainnya

Camilan sehat adalah makanan ringan yang rendah kalori, rendah lemak jenuh, rendah gula tambahan, dan tinggi serat serta nutrisi.

Baca Juga: 6 Manfaat Daging Kepiting yang Kaya Nutrisi, Bisa Meningkatkan Kesehatan Jantung

Asam lambung

Camilan sehat dapat membantu mempertahankan energi, menjaga kenyang, dan memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh tanpa menambah berat badan secara berlebihan.

Berikut adalah beberapa zat yang umumnya dianggap aman atau lebih baik untuk penderita asam lambung:

  • Serat: Serat dapat membantu meredakan gejala refluks asam lambung dan membantu pencernaan. Serat terdapat dalam buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan kacang-kacangan.
  • Protein Rendah Lemak: Protein rendah lemak seperti daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit, ikan, kacang-kacangan, dan tahu adalah pilihan yang baik untuk penderita asam lambung.
  • Karbohidrat: Pilih karbohidrat kompleks seperti nasi, roti gandum, pasta, dan oatmeal. Karbohidrat ini cenderung lebih baik dicerna dan tidak memicu reaksi asam lambung yang kuat.
  • Buah Rendah Asam: Buah seperti apel, pir, nanas, dan pisang cenderung rendah asam dan dapat lebih baik ditoleransi oleh penderita asam lambung.
  • Sayuran Hijau: Sayuran seperti brokoli, buncis, dan bayam cenderung memiliki sedikit potensi untuk memicu refluks asam.

Baca Juga: Ini 7 Kebiasaan Penyebab Sulit BAB atau Buang Air Besar yang Perlu Dibatasi

Berikut adalah beberapa contoh camilan sehat dan camilan sehat yang cocok untuk penderita asam lambung.

Camilan Sehat untuk Asam Lambung

Penderita asam lambung perlu menghindari makanan dan minuman yang dapat memicu produksi asam lambung.

1. Kacang Almond atau Kenari: Kacang-kacangan ini tinggi lemak sehat dan serat, serta cenderung tidak memicu peningkatan asam lambung.

2. Buah-buahan Rendah Asam: Buah-buahan seperti apel, pisang, atau pir biasanya lebih baik untuk penderita asam lambung karena rendah asam.

3. Yogurt Rendah Lemak: Yogurt rendah lemak atau Greek yogurt dapat membantu mengurangi iritasi lambung. Pilih yang tidak memiliki rasa atau tambahan gula.

4. Sayuran Hijau: Sayuran hijau seperti bayam, kale, atau brokoli memiliki sedikit kemungkinan memicu asam lambung dan kaya akan nutrisi.

5. Oatmeal: Oatmeal adalah sumber serat larut air yang dapat membantu menenangkan lambung. Hindari tambahan gula saat mengonsumsi oatmeal.

6. Beras Merah: Beras merah adalah sumber karbohidrat yang baik dan cenderung lebih baik dicerna daripada beras putih.

7. Telur Rebus: Telur rebus adalah camilan tinggi protein yang memuaskan dan mengenyangkan. Potong menjadi setengah dan beri sedikit garam atau lada jika diinginkan.

8. Kacang-Kacangan: Kacang-kacangan seperti kenari, almond, kacang tanah, atau kacang mete adalah sumber protein nabati, serat, lemak sehat, dan berbagai nutrisi penting. Pilih yang tidak diasin dan tidak digoreng.

Selalu ingat untuk memperhatikan reaksi tubuh Anda terhadap makanan tertentu dan konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk menyesuaikan diet sesuai kebutuhan kesehatan Anda.

Demikian beberapa langkah mudah untuk daftar camilan sehat untuk penderita asam lambung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×