kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,79   -11,72   -1.25%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat! Ini 5 makanan yang Bikin Tekanan Darah Tinggi Rontok


Kamis, 20 Januari 2022 / 20:43 WIB
Catat! Ini 5 makanan yang Bikin Tekanan Darah Tinggi Rontok
ILUSTRASI. Tomat bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi.


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tekanan darah tinggi jadi salah satu faktor utama penyakit stroke. Ini 5 makanan yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi. 

Tekanan darah tinggi atau hipertensi menjadi salah satu masalah kesehatan yang umum diderita masyarakat di tanah air dan seluruh dunia. 

Baca Juga: Efektif meningkatkan daya tahan tubuh, ini buah dan sayur yang kaya vitamin C

Tekanan darah tinggi dan tidak terkendali dalam jangka waktu yang lama bisa memicu masalah kesehatan seperti serangan jantung, stroke, gagal jantung, dan gagal ginjal. 

Mengutip dari FOOD NDTV, makanan menjadi salah satu hal yang mempengaruhi tingkat tekanan darah.

Para penderita tekanan darah tinggi pun wajib selektif dalam mengonsumsi makanan untuk menjaga tekanan darah tetap stabil. 

Ini 5 makanan yang bisa membantu mengontrol tekanan darah. 

1. Bit 

Sayuran berwarna merah ini dikenal kaya akan serat, zat besi, dan vitamin C. Selain itu, bit juga mengandung nitrat yang berperan untuk membantu mengendurkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. 

Sebuah penelitian tahun 2021 di Australia mengungkapkan jus bit yang dikonsumsi setiap hari bisa membantu mengelola tekanan darah. 

Bit juga dikenal bisa meningkatkan aktivitas fisik. Asal tahu saja, aktivitas fisik bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. 

2. Air lemon 

Tidak sedikit orang yang minum air lemon saat pagi hari. Maklum saja, air lemon kaya akan vitamin C yang baik untuk kesehatan. 

Air lemon bisa membuat pembuluh darah lembut dan fleksibel yang selanjutnya menurunkan tekanan darah. 

Ahli Nutrisi Makrobiotik dan Pelatih Kesehatan Shilpa Arora mengatakan kandungan vitamin C dalam air lemon berperan sebagai antioksidan yang bisa menghilangkan radikal bebas dari tubuh. 

Perlu Anda ketahui, segelas air lemon yang diminum setiap pagi bisa membantu mengatur tingkat tekanan darah. 

3. Tomat 

Tomat, buah berwarna merah ini dipercaya bagus untuk memelihara kesehatan jantung. 

Berdasarkan data USDA, 100 gram tomat mengandung sekitar 237 mg protasium. Sekedar info, potasium bertugas untuk membantu melawan efek buruk sodium. 

Tomat memiliki sifat diuretik yang bisa membantu kelebihan natrium melalui urin. 

Selain mengonsumsi tomat, sebaiknya Anda mengurangi jumlah konsumsi natrium. Sebab, natrium bisa memicu lonjakan tekanan darah. 

4. Pisang 

Pisang merupakan buah yang padat nutrisi. Pisang baik dikonsumsi penderita darah tinggi karena mengandung kalium yang bisa membantu menurunkan tekanan darah. 

Sekedar info, satu buah pisang mengandung sekitar 1% kalsium, 8% magnesium, dan 12% potasium untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda. 

"Diet hipertensi harus mencakup lebih banyak makanan seperti pisang dengan kandungan magnesium, potasium, dan serat yang tinggi di dalamnya," kata Parmeet Kaur, Ahli Diet Narayana Hrudayalaya. 

5. Semangka 

Buah selanjutnya yang baik dikonsumsi penderita tekanan darah tinggi adalah semangka. 

Asal tahu saja, semangka mengandung likopen, vitamin A, kalium, beta-karoten, vitamin C, dan potasium. 

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Hypertension mengungkapkan semangka secara signifikan menurunkan tekanan darah pada individu yang kelebihan berat badan baik saat istirahat maupun saat sedang stres. 

Selain mengonsumsi kelima makanan di atas, sebaiknya Anda melakukan aktivitas fisik alias olahraga secara rutin serta mengelola stres agar tekanan darah terkendali. 

Baca Juga: Penuh antioksidan, Ini jus buah dan sayur yang bikin kolesterol minta ampun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×