kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45997,15   3,55   0.36%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat 7 Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan, Tak Hanya Dijadikan Lalapan


Rabu, 30 November 2022 / 11:37 WIB
Catat 7 Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan, Tak Hanya Dijadikan Lalapan
ILUSTRASI. Manfaat daun singkong untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada beberapa manfaat daun singkong untuk kesehatan yang penting untuk diketahui. Pasalnya, daun singkong memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan tubuh selain lezat untuk dijadikan lalapan.

Cara mengolah daun singkong untuk dikonsumsi juga relatif mudah. Umumnya, daun singkong hanya perlu direbus dengan air panas sebelum dikonsumsi. 

Daun singkong mempunyai banyak nutrisi yang dibutuh kan oleh tubuh. Sehingga tidak heran daun singkong menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan.

Baca Juga: Prediksi Polandia vs Argentina dan Jadwal Piala Dunia 2022 Qatar

Singkong merupakan tanaman yang memiliki jumlah kalori yang cukup. Dibandingkan dengan buahnya, daun singkong lebih bermanfaat. 

Daun singkong mengandung vitamin, protein, mineral dan asam amino esensial. Protein yang terdapat dalam daun singkong membantu pembentukan sel-sel tubuh dan penyusun sistem enzim. Selain itu masih banyak nutrisi dan berbagai manfaat lainnya. 

Melansir dari Health Benefits Time, berikut manfaat daun singkong untuk kesehatan, di antaranya:

1. Meningkatkan Nafsu Makan

Mengkonsumsi daun singkong rebus dengan bawang putih dan garam dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan.

Bagian dari singkong seperti batang dan umbinya juga dianggap sebagai obat tradisional. Daun singkong membantu mengembalikan nafsu makan. Ramuan daun singkong dengan jahe sebaiknya diminum setiap pagi setelah bangun tidur.

Baca Juga: Prediksi Tunisia vs Perancis dan Jadwal Piala Dunia 2022 Qatar

2. Mengobati Sakit Kepala
 
Tiga lembar daun singkong yang ditumbuk halus dapat membantu meredakan demam dan sakit kepala. Selain itu merebus daun singkong juga bisa Anda lakukan selain ditumbuk untuk mengatasi sakit kepala

3. Mengobati Diare

Manfaat daun singkong selanjutnya dipercaya dapat mengobati diare. Rebus 7 lembar daun singkong dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Cairan ini harus diminum dua kali sehari untuk menyembuhkan diare.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia 2022: Arab Saudi vs Meksiko Tayang 02.00 WIB

4. Mencegah Tanda Penuaan

Tahukah Anda daun singkong mampu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini? Hal tersebut dikarenakan daun singkong mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit, sehingga dapat mencegah lipatan kulit dan tanda penuaan lainnya.

5. Meningkatkan Stamina

Mengkonsumsi daun singkong juga dipercaya mampu meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Campurkan 25 gram kencur, 100 gram singkong dan 5 butir biji angco dengan air secukupnya untuk membantu meningkatkan stamina.

Baca Juga: Cek 6 Manfaat Kubis Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Jangan Lewatkan!

6. Membantu Mengobati Rematik

Daun singkong memiliki jumlah magnesium yang tinggi yang bermanfaat membantu menurunkan tingkat tekanan darah dan menghilangkan risiko penyakit rematik. 

Bisa dibuat dengan merebus 150 gram daun singkong, 15 gram jahe, sedikit serai dan garam. Itu harus direbus sampai kira-kira 400 cc. Mengkonsumsi cairan ini setiap hari mencegah penyakit rematik.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Daun singkong mengandung banyak vitamin C dan folat yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C tersebut membantu menghancurkan bakteri dan virus. 

Daun singkong juga membantu menjaga kesehatan tulang serta antioksidan yang terkandung dapat membantu membasmi radikal bebas dalam tubuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×