kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.001,22   7,62   0.77%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cek 6 Manfaat Kubis Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Jangan Lewatkan!


Selasa, 29 November 2022 / 12:47 WIB
Cek 6 Manfaat Kubis Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Jangan Lewatkan!
ILUSTRASI. Manfaat kubis untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat kubis untuk kesehatan nampaknya masih terdengar asing di telinga sebagian orang. Padahal, mengkonsumsi kubis mampu memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

Tak hanya manfaat kubis untuk kesehatan, sayuran ini juga dikenal mempunyai rasa yang relatif enak dan kerap diolah menjadi berbagai jenis makanan.

Banyaknya manfaat tersebut didapatkan dari kandungan nutrisi yang terkandung dalam kubis. Nutrisi-nutrisi tersebut kebanyakan dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin C, vitamin K, kalsium, serat dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia 2022: Iran vs Amerika Serikat Tayang 02.00 WIB

Dengan banyaknya nutrisi tersebut tak heran kubis menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan. 

Selain itu, kol atau kubis juga tidak hanya dijadikan lalapan. Kubis juga sering dijadikan bahan-bahan makanan khas Indonesia, seperti karedok, lotek, gado-gado, hingga sayuran tambahan di mie goreng atau nasi goreng. 

Lantas apa saja manfaat kubis untuk kesehatan? 

Melansir dari Health, berikut manfaat kubis untuk kesehatan yang menarik untuk diketahui, di antaranya: 

1. Menjaga Sistem Pencernaan

Kubis adalah salah satu sayurang yang mengandung banyak serat. Kandungan serat tersebut bermanfaat untuk menjaga sistem pencernaan, mencegah sembelit, menurunkan kolesterol hingga menjaga kadar gula darah.

Baca Juga: Prediksi Belanda vs Qatar dan Jadwal Piala Dunia 2022 Qatar

2. Membantu Menurunkan Berat Badan 

Kubis juga sangat cocok untuk dijadikan salah satu makanan saat diet. Pasalnya, kubis termasuk sayuran yang rendah kalori.

Meski mempunyai kalori yang relatif rendah, namun kubis mengandung banyak nutrisi. Oleh karena itu mengkonsumsi kubis saat diet akan membuat tubuh terasa kenyang.

3. Mengandung Vitamin C Tinggi

Selain jeruk yang dikenal mengandung banyak vitamin C, ternyata kubis juga memberikan nutrisi khususnya vitamin C yang cukup besar jika dikonsumsi.

Vitamin C dalam kubis bermanfaat bagi kesehatan salah satunya dapat meningkatkan imunitas  serta membantu tubuh untuk menyerap berbagai nutrisi.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia 2022: Ekuador vs Senegal Tayang 22.00 WIB

4. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Kubis mengandung nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan tulang dan fungsi pembekuan darah yang sehat dalam tubuh. Hal tersebut dikarenakan kubis mengandung cukup banyak vitamin K yang baik untuk kesehatan tulang.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat kubis selanjutnya yaitu dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, kubis mengandung antiinflamasi yang mampu mencegah berbagai jenis peradangan serta menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Baca Juga: Cek 7 Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

6. Membantu Melawan Kanker

Dilansir dari Health, Menurut National Cancer Institute, kubis mengandung senyawa yang disebut glukosinolat yang merupakan bahan kimia mengandung belerang. Senyawa tersebut memiliki manfaat antikanker yang dapet menurunkan berbagai jenis risiko kanker. Meski demikian, diperlukan penelitian lebih untuk mengetahui manfaat kubis yang satu ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×