Catat, 6 makanan ini cocok dijadikan menu diet karbo

Rabu, 27 Januari 2021 | 14:36 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Catat, 6 makanan ini cocok dijadikan menu diet karbo

ILUSTRASI. Brokoli bisa dimasukkan dalam menu diet karbo yang Anda jalankan.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu kunci sukses dari menu diet karbo adalah memilih makanan yang tepat. Dengan mengonsumsi jenis makanan tertentu, Anda menjadi tak mudah merasa lapar sehingga asupan kalori pun menjadi lebih terkontrol.

Selain menurunkan berat badan, mengonsumsi makanan rendah karbo juga berpengaruh pada kesehatan tubuh. Misalnya, jumlah gula darah dan tekanan darah menurun serta meningkatkan jumlah kolesterol sehat.

Ada banyak jenis makanan yang bisa Anda pilih sebagai menu diet sehat. Mulai dari telur, daging, ikan, brokoli, dan lain sebagainya. Cobalah untuk mengonsumsi makanan tersebut dibarengi dengan pola hidup sehat lainnya agar target diet bisa tercapai.

Telur

Mengutip dari Healthline (healthline.com), jumlah karbo dalam telur mendekati 0. Artinya, jenis makanan ini cocok dikonsumsi secara rutin. Selain menurunkan berat badan, mengonsumsi telur juga baik untuk kesehatan mata dan kesehatan otak.

Baca Juga: Alpukat direkomedasikan sebagai makanan untuk diet, apa pilihan lainnya?

Daging Sapi

Selain telur, daging sapi juga cocok dimasukkan dalam menu diet karbo karena mengandung 0 karbo. Daging sapi juga mengandung banyak nutrisi penting, seperti vitamin B12 dan zat besi yang berfungsi untuk menjaga sistem dalam tubuh berjalan secara normal.

Salmon

Jika Anda penggemar ikan, cobalah untuk mengonsumsi salmon selama diet. Sama seperti daging sapi, Anda tidak mendapat karbo dari makan ikan salmon. Jenis ikan ini juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Mulai dari asam lemak omega-3, iodin, vitamin B12, dan vitamin D.

Brokoli

Salah satu jenis sayuran yang bisa dimasukkan dalam menu diet karbo adalah brokoli. Anda hanya mendapat 7 g karbo tiap kali mengonsumsi 100 g brokoli. Selain dapat menurunkan berat badan, kandungan dalam brokoli juga bisa mencegah pertumbuhan sel kanker.

Baca Juga: 5 Rekomendasi makanan untuk diet, enak dan mudah didapat

Timun

Siapa yang suka mengonsumsi timun? Ternyata jenis sayuran ini hanya mengandung sedikit karbo, lo. Terdapat 4 g karbo dalam 100 g timun. Karena sebagian besar komposisinya adalah air, timun mampu menghidrasi tubuh dengan baik.

Alpukat

Alpukat adalah salah satu makanan yang cocok masuk dalam menu diet karbo.

Healthline mengatakan bahwa alpukat adalah salah satu jenis buah dengan jumlah karbo yang sedikit. Anda hanya mendapat 8.5 g karbo dari mengonsumsi 100 g alpukat. Bahkan, jumlah karbo tersebut terdiri dari serat yang mampu menekan rasa lapar.

Selanjutnya: Tips diet ala Rina Gunawan: Minum air putih 6 liter sehari

Editor: Belladina Biananda
Terbaru