kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.440.000   -4.000   -0,28%
  • USD/IDR 15.339   1,00   0,01%
  • IDX 7.825   -6,90   -0,09%
  • KOMPAS100 1.195   2,21   0,19%
  • LQ45 969   2,09   0,22%
  • ISSI 228   0,07   0,03%
  • IDX30 494   0,56   0,11%
  • IDXHIDIV20 596   2,43   0,41%
  • IDX80 136   0,24   0,18%
  • IDXV30 140   0,50   0,36%
  • IDXQ30 166   0,80   0,49%

Catat 5 Olahraga yang Bermanfaat untuk Ibu Hamil hingga Masa Persalinan


Sabtu, 14 September 2024 / 13:00 WIB
Catat 5 Olahraga yang Bermanfaat untuk Ibu Hamil hingga Masa Persalinan
ILUSTRASI. Olahraga untuk Ibu Hamil


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Catat pilihan olahraga untuk ibu hamil yang menyehatkan. Pentingnya memilih olahraga yang sesuai selama masa kehamilan tidak bisa dilebih-lebihkan.

Ibu hamil seringkali dihadapkan pada kebutuhan untuk menjaga kesehatan mereka sendiri, sambil memastikan perkembangan yang sehat bagi bayi yang dikandung.

Oleh karena itu, pemilihan jenis olahraga yang tepat dan sesuai dengan kondisi kesehatan ibu hamil menjadi suatu aspek penting dalam merencanakan rutinitas kebugaran selama periode ini.

Pastikan Anda memilih olahraga yang bermanfaat dan aman tidak hanya dapat meningkatkan kesehatan fisik ibu hamil, tetapi juga dapat membantu mengelola stres dan mempersiapkan tubuh untuk proses persalinan yang akan datang.

Dengan memahami pentingnya memilih olahraga yang sesuai, para ibu hamil dapat memastikan bahwa aktivitas fisik mereka memberikan manfaat optimal tanpa menimbulkan risiko yang tidak perlu.

Baca Juga: 5 Makanan Penurun Asam Lambung yang Naik, Penderita Maag Bisa Coba Konsumsi

Manfaat olahraga untuk ibu hamil

Ibu Hamil

Untuk ibu hamil yang sehat, berolahraga secara teratur dapat memberikan beberapa manfaat:

  • Menjaga kesehatan mental dan fisik. Aktivitas fisik dapat membantu Anda merasa baik dan memberikan energi tambahan. Ini juga membuat jantung, paru-paru, dan pembuluh darah kuat serta membantu Anda tetap bugar.
  • Membantu Anda mendapatkan jumlah berat badan yang tepat selama kehamilan.
  • Meredakan beberapa ketidaknyamanan umum selama kehamilan, seperti sembelit, nyeri punggung, dan pembengkakan di kaki, pergelangan kaki, dan kaki.
  • Membantu mengelola stres dan tidur lebih baik. Stres adalah kekhawatiran, tekanan, atau tekanan yang Anda rasakan sebagai respons terhadap hal-hal yang terjadi dalam hidup Anda.
  • Menurunkan risiko komplikasi kehamilan, seperti diabetes gestasional dan preeklamsia. Diabetes gestasional adalah jenis diabetes yang dapat terjadi selama kehamilan ketika tubuh Anda memiliki terlalu banyak gula (yang disebut glukosa) dalam darah.

Nah, ternyata ada banyak manfaat olahraga bagi Ibu Hamil yang bisa menjadi pertimbangan untuk diterapkan.

Baca Juga: Apa Cara Terbaik untuk Melindungi Anak-Anak dari Penularan Cacar Monyet?

Olahraga yang bermanfaat untuk ibu hamil

Cek beberapa informasi terkait olahraga yang aman untuk ibu hamil yang dilansir dari laman March of Dimes.

1. Jalan Kaki

Jalan kaki merupakan pilihan olahraga yang baik bagi ibu hamil karena tidak memberikan tekanan berlebihan pada sendi dan otot. Bagi yang baru mulai berolahraga, ini adalah aktivitas yang ideal.

2. Berenang dan Olahraga Air

Air membantu menopang berat badan bayi yang berkembang, dan bergerak di dalam air membuat detak jantung tetap terjaga. Aktivitas ini juga nyaman bagi sendi dan otot. Jika mengalami sakit punggung bawah saat melakukan aktivitas lain, berenang bisa menjadi solusi.

3. Pakai Sepeda Statis

Pakai sepeda statis lebih aman daripada bersepeda biasa selama kehamilan, karena risiko terjatuh lebih kecil, bahkan saat perut mulai membesar.

4. Kelas Yoga dan Pilates

Pastikan instruktur yoga atau Pilates mengetahui bahwa Anda sedang hamil. Instruktur akan membantu menyesuaikan atau menghindari gerakan yang kurang aman untuk ibu hamil, seperti berbaring tengkurap atau telentang setelah trimester pertama. Beberapa gym menyediakan kelas yoga dan Pilates khusus untuk ibu hamil.

ibu hamil obesitas

5. Aerobik Berdampak Rendah

Aerobik berdampak rendah, seperti berjalan, menggunakan sepeda statis, atau mesin elips, adalah pilihan yang aman karena selalu menjaga satu kaki di tanah. Aerobik ini tidak memberikan tekanan yang sama seperti aerobik berdampak tinggi, seperti berlari atau lompat tali. Beri tahu instruktur Anda bahwa Anda hamil agar latihan bisa disesuaikan.

6. Latihan Kekuatan

Latihan kekuatan membantu membangun otot dan menguatkan tulang. Olahraga ini aman selama beban yang diangkat tidak terlalu berat. Konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan mengenai berat beban yang aman. Hindari menahan napas selama latihan, karena Anda dan bayi memerlukan aliran oksigen yang konstan.

Berdiri tanpa bergerak setelah trimester pertama dapat membatasi aliran darah, jadi hindari gerakan jenis ini dalam yoga (seperti pohon, atau tangan terentang ke jempol kaki) dan tai chi.

Demikian penjelasan terkait pilihan olahraga yang aman untuk ibu hamil hingga baik untuk proses persalinan.

Selanjutnya: Akusisi 55% Saham Kurniamitra (KMDS), Dima Group Bakal jadi Pengendali

Menarik Dibaca: Kehabisan Stok Daun Jeruk? Coba 7 Bahan Alternatif Penggantinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×