Catat 5 Manfaat Buah Matoa Untuk Kesehatan, Jangan Lewatkan!

Sabtu, 03 Desember 2022 | 09:30 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Catat 5 Manfaat Buah Matoa Untuk Kesehatan, Jangan Lewatkan!


KONTAN.CO.ID - Ada beberapa manfaat buah matoa untuk kesehatan yang penting untuk diketahui. Pasalnya, meski tidak sepopuler jenis buah lainnya, buah matoa mempunyai banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Sebelum mengetahui lebih jauh terkait manfaat buah matoa, perlu Anda ketahui bahwa buah matoa adalah salah satu buah yang berasal asli dari Papua. Hal tersebut tentunya bisa menjadi kebanggaan Indonesia karena beragamnya sumber daya alam, salah satunya buah matoa.

Banyaknya manfaat dari buah matoa tak lepas dari melimpahnya kandungan nutrisi yang terkandung dalam buah tersebut. Sehingga tak heran jika mengkonsumsi buah matoa dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Terong Untuk Kesehatan, Apa Saja?

Selain mempunyai banyak manfaat, buah matoa juga termasuk golongan buah leci dan kelengkeng. Dari segi bentuk pun buah matoa hampir mirip dengan buah kelengkeng. 

Tak hanya itu, buah matoa juga memiliki rasa yang unik seperti perpaduan kelengkeng dan durian. Buah matoa juga mempunyai aroma yang harum dan menggugah selera.

Penasaran apa saja manfaat dari buah matoa?

Melansir dari Steemit, berikut beberapa manfaat buah matoa untuk kesehatan, di antaranya:

1. Membantu Menghilangkan Stres

Salah satu manfaat buah matoa adalah bisa digunakan sebagai obat penenang alami yang dapat membantu menghilangkan stres. Hal tersebut dikarenakan buah matoa mengandung vitamin E yang dapat meredakan sedikit rasa stres.

Baca Juga: Catat 5 Manfaat Bayam Merah Untuk Kesehatan, Jangan Lewatkan!

2. Mengurangi Risiko Kanker

Buah matoa juga mengandung banyak antioksidan yang mampu mencegah tumbuhnya sel-sel kanker. Selain itu, buah matoa juga kaya akan vitamin C yang efektif menjaga sistem kekebalan tubuh sehingga dapat mengurangi risiko kanker.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat buah matoa selanjutnya yaitu dipercaya mampu menjaga kesehatan kulit. Kandungan vitamin E dalam buah matoa berperan penting untuk melembapkan kulit dan menjaga elastisitas kulit. 

Selain itu, buah matoa mengandung senyawa yang bernama fitokimia yang mampu meningkatkan regenarasi sel kulit. Hal tersebut baik untuk mencegaah Anda dari tanda-tanda penuaan.

Baca Juga: Meski Pahit, Kenali 10 Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

4. Menangkal Radikal Bebas

Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa buah matoa mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Di antaranya vitamin C dan vitamin E yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang membahayakan kesehatan dan merusak sel-sel tubuh.

Selain itu, vitamin C yang terkandung dalam buah matoa bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan berbagai penyakit.

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Buah Manggis Untuk Keseharan, Yuk Simak!

5. Meningkatkan Kesuburan

Manfaat buah matoa yang tak boleh terlewatkan yaitu dapat meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Vitamin E dan antioksidsn dalam buah matoa berperan penting juga untuk meningkatkan kesuburan.

Khususnya bagi seorang wanita, buah matoa mampu melindungi sel telur dan meningkatkan kesuburan hingga 30 persen. Selain itu, buah matoa juga mampu mencegah pecahnya selaput ketuban selama proses kehamilan. 

Sedangkan untuk pria, buah matoa bermanfaat untuk meningkatkan kualitas sperma dan performa pria saat berhubunga seksual.

Itulah beberapa manfaat buah matoa untuk kesehatan. Meski manfaat buah matoa terbilang banyak, sebaiknya Anda juga jangan mengkonsumsinya secara berlebihan supaya tidak menimbulkan efek samping.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru