Catat 5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan, Mapu Menurunkan Kolesterol Loh

Kamis, 08 Desember 2022 | 11:40 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Catat 5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan, Mapu Menurunkan Kolesterol Loh

ILUSTRASI. Manfaat bawang putih untuk kesehatan.


KONTAN.CO.ID - Manfaat bawang putih untuk kesehatan sudah tidak asing lagi di telinga kebanyakan orang. Pasalnya, mengkonsumsi bawang putih mampu memberikan banyak khasiat dan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Hal tersebut dikarenakan bawang putih mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Contohnya, seperti vitamin C, protein, asam amino, antioksidan dan berbagai nutrisi lainnya.

Dilansir dari Health Grades, mengkonsumsi bawang putih secara rutin dapat melancarkan aliran darah. Selain itu, bawang putih juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Tak berhenti sampai disitu bawang putih masih menyimpan banyak manfaat lainnya.

Baca Juga: Catat 5 Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan, Jangan Lewatkan!

Melansir dari Health Grader, berikut beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan lainnya:

1. Menurunkan Kolesterol

Selain dapat menurunkan tekanan darah dan melancarakan aliran darah, bawang putih juga efektif untuk menurunkan kolesterol jahat. Bahkan, mengkonsumsi bawang putih secara rutin mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Bawang putih mengandung banyak antijamur, antioksidan dan antibakteri yang mampu mengatasi berbagai masalah kulit. Artinya mengkonsumsi atau memanfaatkan bawang putih dapat menjaga kesehatan kulit.

Selain itu, ekstrak bawang putih juga dipercaya bermanfaat untuk mengobati jerawat loh.

Baca Juga: Prediksi Bali United vs Bhayangkara FC dan Jadwal BRI Liga 1

3. Baik Untuk Kesehatan tulang

Bawang putih juga mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan tulang. Pasalnya, mengkonsumsi bawang putih secara rutin mampu meningkatkan estrogen dalam tubuh. Hal tersebut berpengaruh untuk memperkuat kepadatan tulang sehingga terhindar dari penyakit tulang seperti osteoporosis atau ostepartritis.

4. Mencegah Pikun

Perlu Anda ketahui, bawang putih juga mempunyai manfaat yang luar biasa yaitu mampu mencegah pikun. Hal tersebut dikarenakan bawang putih mengandung banyak antioksidan yang membantu melawan radikal bebas. Sehingga risiko pikun atau penyakit alzheimer bisa menurun.

Baca Juga: Catat! 5 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan yang Penting Untuk Diketahui

5. Meredakan Flu

Manfaat bawang putih yang tak boleh dilewatkan yaitu dapat meredakan flu. Dilansir dari Health Grades, bawang putih mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Artinya, mengkonsumsi bawang putih dapat meredakan tingkat keparahan flu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru