Catat! 4 Penyebab pembengkakan jantung ini bisa Anda alami

Selasa, 06 April 2021 | 15:30 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Catat! 4 Penyebab pembengkakan jantung ini bisa Anda alami

ILUSTRASI. Ada beberapa penyebab pembengkakan jantung yang perlu Anda waspadai.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kardiomegali adalah adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan pembengkakan jantung. Sebenarnya, hal itu adalah tanda dari penyakit atau kondisi tertentu yang sedang Anda alami. Karena itu, Anda tidak boleh mengabaikan ukuran jantung yang membesar.

Setiap orang memang memiliki ukuran jantung yang berbeda-beda. Biasanya, ukuran jantung ditentukan oleh jenis kelamin, tinggi badan, berat badan, dan kegiatan yang biasa Anda jalankan. Mengutip dari Keck Medicine of USC (keckmedicine.com), jantung membengkak karena berisi terlalu banyak cairan.

Salah satu gejala jantung bengkak yang sering terjadi adalah sesak napas. Selain itu, Anda juga bisa mengalami pusing, kelelahan, dan pembengkakan pada bagian tubuh yang lain. Supaya Anda bisa lebih waspada, ada baiknya untuk memerhatikan beberapa penyebab pembengkakan jantung ini.

Kardiomiopati

Kardiomiopati adalah kondisi di mana dinding jantung mengalami penebalan. Supaya risiko penyakit ini menurun, Anda perlu menurunkan risiko tekanan darah tinggi atau risiko penyakit arteri koroner. Misalnya dengan mengonsumsi makanan bergizi dan menerapkan pola hidup sehat.

Baca Juga: 5 Ciri-ciri penyakit jantung ini tidak boleh Anda abaikan

Katup Jantung

Kantung jantung yang bermasalah bisa jadi salah satu penyebab jantung bengkak. Saat katup jantung tak dapat berfungsi secara normal, ada kemungkinan penumpukan darah dalam jantung. Hal itulah yang membuat ukuran organ pemompa darah Anda bertambah.

Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi bisa jadi salah satu penyebab pembengkakan jantung.

Keck Medicine of USC mengatakan bahwa tekanan darah tinggi jadi faktor penyebab pembengkakan jantung yang tidak boleh Anda abaikan. Tekanan darah tinggi atau hipertensi membuat jantung mengeluarkan usaha yang lebih ekstra agar bisa menyalurkan darah secara optimal.

Hal itulah yang membuat jantung Anda mengalami pembengkakan. Jika terus dibiarkan, tekanan darah tinggi dapat mengakibatkan jantung kiri menebal dan kaku sehingga mengganggu aliran darah Anda yang normal.

Baca Juga: 5 Penyebab payudara nyeri sebelah kiri, tak hanya sakit jantung

Penyakit Jantung

Penyakit jantung apa pun dapat mengakibatkan oksigen dalam jantung berkurang atau bahkan hilang. Hal itu membuat jantung tidak dapat berfungsi sehingga darah dalam organ tersebut tidak bisa keluar. Kondisi itulah yang mengakibatkan pembengkakan jantung.

Sebaiknya, jangan menunda waktu konsultasi jika Anda mengalami gejala-gejala yang sudah disebutkan. Dengan memeriksakan diri ke dokter, Anda bisa mendapat perawatan yang cepat dan tepat sesuai dengan kondisi yang sedang Anda alami.

Selanjutnya: Terkadang mirip masuk angin, ini tanda-tanda penyakit jantung yang harus diwaspadai

Editor: Belladina Biananda
Terbaru