kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,82   11,02   1.24%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat 10 Makanan yang Menjadi Pantangan Penderita Hidung Tersumbat


Senin, 13 Mei 2024 / 15:23 WIB
Catat 10 Makanan yang Menjadi Pantangan Penderita Hidung Tersumbat
ILUSTRASI. Catat 10 Makanan yang Menjadi Pantangan Penderita Hidung Tersumbat


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pahami makanan yang sebaiknya dihindari saat mengalami hidung tersumbat. Kondisi pernapasan yang tidak nyaman bisa mengganggu aktivitas, salah satunya adalah ketika hidung terasa penuh.

Hidung tersumbat yang terjadi tanpa adanya gejala pilek atau aliran lendir berlebihan sering disebut sebagai "hidung tersumbat non-alergi" atau "hidung tersumbat idiopatik."

Kondisi ini terjadi ketika hidung terasa penuh atau sesak tanpa adanya alergi atau infeksi yang jelas. Ada beberapa penyebab yang dapat menyebabkan hidung tersumbat, mulai dari faktor psikologis hingga kondisi bawaan seperti polip hidung.

Untuk memahaminya lebih baik, mari kita lihat apa saja penyebab hidung tersumbat berikut ini.

Baca Juga: 7 Gejala Penyakit ISPA dan Cara Mencegah Penyakit Penapasan Tersebut

Penyakit terkait Hidung Tersumbat

Korek hidung

Beberapa faktor atau penyebab yang mungkin terkait dengan hidung tersumbat non-alergi meliputi:

  • Vasomotor Rhinitis: Ini adalah istilah lain yang sering digunakan untuk menggambarkan hidung tersumbat non-alergi yang disebabkan oleh perubahan dalam pembuluh darah di dalam hidung. Faktor seperti makanan tertentu, alkohol, dan perubahan suhu dapat memicu kondisi ini.
  • Stress dan Kecemasan: Kondisi emosional seperti stres dan kecemasan dapat mempengaruhi sistem saraf dan menyebabkan hidung tersumbat sebagai reaksi terhadap perubahan hormon dan pola pernapasan.
  • Rhinovasomotor Rhinitis: Jenis rhinitis non-alergi ini dapat menyebabkan hidung tersumbat sebagai reaksi terhadap perubahan suhu, udara kering, asap rokok, polusi udara, atau bau-bauan tertentu. Hal ini disebabkan oleh gangguan sistem saraf otonom.
  • Reaktivitas Hidung: Beberapa orang mungkin memiliki hidung yang lebih reaktif terhadap iritasi tertentu, seperti parfum, debu, atau bau-bauan lainnya, yang dapat menyebabkan hidung tersumbat.
  • Sindrom Obstruksi Nasal: Ini adalah kondisi di mana ada hambatan fisik di dalam hidung yang menyebabkan penyumbatan, seperti polip hidung atau deviasi septum hidung.
  • Paparan Allergen Tersembunyi: Meskipun Anda mungkin tidak mengalami gejala alergi yang klasik seperti pilek, tetapi mungkin masih terpapar alergen yang dapat menyebabkan hidung tersumbat tanpa Anda sadari.

Kondisi lain yang kerap dikaitkan dengan penyakit sinusitis. Perlu diingat bahwa hidung tersumbat bisa menjadi gejala sinusitis jika disertai dengan gejala-gejala lain seperti nyeri sinus, sakit kepala, dan lendir berwarna.

Namun, hidung tersumbat itu sendiri tidak selalu merupakan tanda sinusitis, karena bisa disebabkan oleh berbagai kondisi lain. Nah, Anda dapat memilah makanan pantangan ini untuk mengurangi gejala dari hidung tersumbat.

Untuk itu, catat beberapa informasi terkait makanan yang dihindari saat hidung tersumbat, dirangkum dari laman Pristyncare.

Baca Juga: 5 Bahan Alami yang Terbukti Bisa Menghilangkan Blackhead

Makanan yang dihindari saat hidung tersumbat

Berikut daftar makanan yang sebaiknya Anda hindari saat mengalami hidung tersumbat.

1.  Makanan Tinggi Lemak

Hindari makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti pizza, keju, produk daging, hidangan pasta, dan produk susu berlemak. Makanan berbasis biji-bijian juga dapat menimbulkan peradangan pada jaringan lemak.

2. Makanan Mengandung Monosodium Glutamat (MSG)

Anda perlu menghindari makanan yang mengandung MSG, seperti sup kalengan, saus salad, makanan Asia, kecap, dan daging olahan saat mengalami hidung tersumbat. MSG dapat memicu reaksi yang memperparah kondisi hidung tersumbat.

3. Asam Lemak Omega-6

Pilihlah asam lemak Omega-3 dan hindari asam lemak Omega-6 yang terdapat dalam minyak jagung, safflower, bunga matahari, biji anggur, kedelai, kacang tanah, dan sayuran.

4. Gluten dan Kasein

Kurangi konsumsi makanan yang mengandung gluten dan kasein, seperti gandum, gandum hitam, barley, dan produk susu.

5. Karbohidrat Olahan

Hindari karbohidrat olahan seperti kentang instan, produk tepung putih, dan sereal, yang dapat memicu peradangan.

Ilustrasi mie instan

6. Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol dapat memperparah hidung tersumbat dengan memicu peradangan dan dehidrasi. Hindari konsumsi minuman beralkohol saat mengalami hidung tersumbat.

7. Produk Susu

Produk susu dapat membuat lendir di sinus menjadi lebih kental. Batasi konsumsi susu murni untuk mencegah lendir menjadi lebih tebal.

8. Makanan Manis yang Diolah

Pertama-tama, hindari makanan ringan yang mengandung gula olahan seperti kue kering, coklat batangan, minuman bersoda, dan jus buah yang mengandung fruktosa atau sukrosa. Jenis makanan ini dapat memicu reaksi alergi yang mengganggu sistem saraf, termasuk sistem pernapasan.

9. Tomat

Kandungan asam tinggi dalam tomat dapat meningkatkan kadar histamin dalam tubuh dan menyebabkan reaksi alergi yang memicu peradangan pada sinus. Hindari konsumsi tomat dalam makanan.

10. Daging Merah

Daging merah mengandung protein tinggi yang dapat menyebabkan penumpukan lendir di dalam tubuh dan memperburuk hidung tersumbat.

Apabila Anda mengalami hidung tersumbat yang berkepanjangan atau mengganggu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan) untuk mendapatkan evaluasi dan diagnosis yang tepat. 

Demikian informasi terkait daftar makanan yang dihindari saat hidung tersumbat atau pantangan bagi penderitanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×