kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cari pemutih gigi? Bahan alami ini bisa Anda jadikan pilihan


Sabtu, 20 Februari 2021 / 09:00 WIB
Cari pemutih gigi? Bahan alami ini bisa Anda jadikan pilihan


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Berbagai macam faktor dapat menyebabkan gigi menguning atau berubah warna. Maka dari itu, Anda membutuhkan pemutih gigi. Ada banyak pilihan yang bisa Anda jadikan opsi, salah satunya adalah bahan-bahan alami.

Beberapa jenis makanan, seperti kopi, dapat meninggalkan noda di gigi Anda. Noda itulah yang membuat gigi terlihat menguning. Selain itu, jenis makanan yang lain, misalnya makanan asam, dapat mengikis enamel gigi sehingga gigi mengalami perubahan warna.

Maka dari itu, menjaga kebersihan gigi dan mulut penting untuk Anda lakukan. Usahakan untuk menyikat gigi minimal dua kali sehari. Menggunakan benang gigi juga penting untuk dilakukan secara rutin. Selain menjaga kebersihan, ada hal lain yang bisa Anda lakukan untuk mencerahkan warna gigi Anda.

Baking Soda

Mengutip dari Medical News Today (medicalnewstoday.com), baking soda bisa digunakan sebagai pemutih gigi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bahan tersebut cukup aman digunakan untuk menghilangkan noda di gigi. Jadi, Anda tidak perlu merasa khawatir.

Selain membersihkan noda yang membuat gigi nampak kuning, baking soda mampu membunuh bakteri dalam mulut. Dengan begitu, karang gigi, pembusukan gigi, atau penyakit gigi dan mulut lainnya bisa Anda cegah.

Baca Juga: Bahan alami untuk memutihkan kulit tubuh

Buah

Buah-buahan juga efektif mencerahkan warna gigi, lo. Salah satunya adalah pepaya. Jenis buah itu mengandung papain dan bromelain yang bisa memutihkan gigi Anda. Meski demikian, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk benar-benar membuktikan efek tersebut.

Hidrogen Peroksida

Selain bahan-bahan di atas, Medical News Today mengatakan bahwa hidrogen peroksida dapat dimanfaatkan sebagai pemutih gigi. Karena dapat meningkatkan sensitivitas gigi, hidrogen peroksida tidak cocok digunakan bagi Anda yang memiliki gigi sensitif.

Caranya, sikat gigi dengan campuran hidrogen peroksida dan baking soda selama satu hingga dua menit. Lakukan cara tersebut sebanyak dua kali dalam sehari. Namun, jangan menggunakan hidrogen peroksida dalam jangka waktu lama karena bisa menimbulkan efek samping.

Baca Juga: 3 Cara memutihkan gigi dengan bahan alami

Oil Pulling

Minyak kelapa dapat digunakan sebagai oil pulling untuk pemutih gigi.

Tidak hanya mencerahkan warna gigi, oil pulling berguna untuk membersihkan sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi. Beberapa jenis minyak yang bisa dipakai sebagai oil pulling adalah minyak kelapa, minyak wijen, atau minyak bunga matahari.

Anda hanya perlu berkumur dengan jenis minyak tersebut selama satu menit setelah menyikat gigi. Meski demikian, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter gigi terlebih dahulu sebelum melakukannya untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Selanjutnya: 4 Cara memutihkan gigi alami, bisa pakai bahan yang mudah didapat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×