Cari Pelembap Kulit? Gunakan 5 Bahan Alami Ini, Cocok untuk Jadi Moisturizer

Jumat, 04 Maret 2022 | 10:34 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Cari Pelembap Kulit? Gunakan 5 Bahan Alami Ini, Cocok untuk Jadi Moisturizer

ILUSTRASI. Ilustrasi pelembap kulit alami.


KONTAN.CO.ID - Kulit kering adalah salah masalah kulit yang kerap dialami sebagian orang. Pelembap kulit atau moisturizer merupakan solusi untuk masalah kulit kering karena dapat membuat kulit lebih lembap dan kenyal. 

Pada dasarnya setiap orang memiliki tekstur dan sensitivitas kulit yang berbeda-beda. Khususnya untuk mengatasi kulit kering, ada yang cocok menggunakan pelembap berbahan kimia begitupun sebaliknya. 

Ada alternatif untuk mengatasi hal tersebut yaitu memanfaatkan bahan-bahan alami untuk dijadikan pelembap kulit kering. 

Baca Juga: 5 Cara Mengeluarkan Dahak Membandel, Efektif Bikin Tenggorokan Lega

Melansir Hello Glow, ada beberapa bahan alami yang bisa dijadikan pelembap kulit kering. 

1. Minyak Zaitun 

Minyak zaitun mempunyai banyak khasiat, salah satunya dapat menjadi pelembap kulit kering. Minyak zaitun mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh maupun kulit. 

Pelembap kulit alami ini mengandung antioksidan, vitamin C, vitamin A dan kandungan lain yang baik untuk kesehatan kulit. 

2. Minyak Kelapa

Selain minyak zaitun, Anda juga bisa memanfaatkan minyak kelapa sebagai pelembap kulit. Kandungan antiinflamasi dalam minyak kelapa mampu melembapkan kulit kering menjadi lebih kenyal. 

Namun, Anda perlu mengetahui sensitivitas kulit terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Hal tersebut agar menghindari masalah kulit baru muncul. 

3. Madu 

Bahan alami yang cocok digunakan untuk pelembap kulit selanjutnya adalah madu. Madu bisa digunakan langsung seperti masker wajah pada umumnya, setelah itu cucilah dengan air hangat. 

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Mengkonsumsi Bawang Merah Bagi Kesehatan Tubuh

4. Ekstrak Kentang 

Pelembap kulit atau moisturizer alami selanjutnya bisa dengan menggunakan ekstrak kentang. Selain dapat melembapkan kulit kering, ekstrak kentang juga mampu membuat kulit menjadi lebih cerah loh. 

5. Ekstrak Lidah Buaya 

Lidah buaya dikenal baik untuk kesehatan kulit kepala. Ternyata ekstrak lidah buaya juga bagus untuk dijadikan pelembap kulit. 

Kandungan antioksidan dan antibakteri pada ekstrak lidah buaya mampu membuat kulit lembap dan menghilangkan garis-garis penuaan. Selain itu kandungan antibakteri ekstrak lidah buaya juga mampu mencegah munculnya jerawat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru