Kecantikan & Kebugaran

Cari pelembab wajah alami? Coba bahan-bahan ini, yuk

Rabu, 24 Februari 2021 | 13:13 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cari pelembab wajah alami? Coba bahan-bahan ini, yuk

ILUSTRASI. Minyak zaitun termasuk dalam salah satu pelembab wajah.

KONTAN.CO.ID - Pelembab wajah adalah salah satu perawatan kulit yang perlu Anda gunakan secara rutin. Apalagi, bagi Anda yang memiliki tipe kulit kering. Dengan begitu, kulit kusam bisa terlihat lebih cerah dan lebih sehat.

Ada banyak pilihan pelembab yang dijual di pasaran. Sayangnya, produk pelembab itu terbuat dari bahan kimia yang dapat mengganggu kondisi kulit Anda. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, cobalah untuk memanfaatkan bahan-bahan alami.

Tidak hanya mampu melembabkan, bahan alami pun mengandung banyak nutrisi penting yang bisa menjaga kesehatan kulit Anda. Maka dari itu, cobalah untuk memakainya secara rutin agar kulit wajah terhindar dari masalah.

Minyak zaitun

The Healthy menyebutkan, minyak alami cukup efektif melembabkan kulit karena fungsinya mirip dengan minyak yang dikeluarkan kulit. Salah satu contoh minyak yang dimaksud adalah minyak zaitun.

Minyak zaitun mengandung polifenol dan vitamin E yang mampu melembabkan kulit secara maksimal. Anda bisa mengaplikasikan minyak zaitun secara langsung pada kulit wajah dan bagian kulit yang lain.

Jika terasa sangat lengket, Anda bisa mencampur minyak zaitun dengan sedikit air terlebih dahulu.

Baca Juga: 4 Pilihan moisturizer untuk remaja dari bahan alami

Minyak kelapa

Selain minyak zaitun, minyak kelapa juga bisa Anda manfaatkan sebagai pelembab wajah. Selain melembabkan, minyak kelapa mengandung antiinflamasi sehingga cocok digunakan untuk meredakan reaksi alergi atau eksim.

Anda bisa memakai minyak kelapa sebelum tidur di malam hari atau waktu lain ketika kulit terasa kering. Apalagi, jika Anda baru saja mandi atau mencuci muka di mana kondisi kulit Anda membutuhkan pelembab.

Alpukat

Alpukat bisa dimanfaatkan sebagai pelembab wajah.

The Healthy merekomendasikan alpukat sebagai bahan yang mampu melembabkan kulit Anda. Jenis buah itu mengandung banyak antioksidan dan omega-3 sehingga peradangan kulit dan kulit yang mengendur sebagai tanda penuaan bisa teratasi dengan baik.

Baca Juga: 6 Bahan ini bisa diolah sebagai masker alami untuk wajah

Lidah buaya

Lidah buaya merupakan bahan alami yang cukup umum digunakan sebagai pelembab wajah. Soalnya, lidah buaya mengandung vitamin dan mineral yang dapat menjaga kelembaban kulit dengan baik.

Oatmeal

Oatmeal bermanfaat untuk melembabkan kulit dan mengatasi iritasi. Tidak berhenti sampai di situ, saponin yang terkandung dalam oatmeal bisa membersihkan kotoran dan minyak berlebih penyebab masalah kulit secara maksimal.

Selanjutnya: 7 Bahan alami ini cocok dijadikan masker wajah alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru