Cari obat tetes telinga? 4 Bahan alami ini bisa jadi jawabannya

Selasa, 27 April 2021 | 12:24 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cari obat tetes telinga? 4 Bahan alami ini bisa jadi jawabannya

ILUSTRASI. Bawang merah bisa Anda gunakan sebagai obat tetes telinga.

KONTAN.CO.ID - Sama seperti bagian tubuh yang lain, infeksi bisa menyerang telinga. Biasanya, muncul rasa sakit dan Anda menjadi kesulitan untuk mendengar. Untuk mengatasi hal itu, Anda perlu menggunakan obat tetes telinga.

Jika infeksi terus dibiarkan, bukan tidak mungkin Anda mengalami masalah kesehatan lain. Misalnya, sulit tidur, mual, muntah, kehilangan nafsu makan, hingga keluarnya cairan dari telinga.

Selain menggunakan obat yang dijual di pasaran, Anda bisa memanfaatkan bahan alami.

Namun, pastikan untuk segera berkonsultasi dengan dokter jika sakit telinga tak kunjung hilang. Bisa jadi infeksi telinga yang Anda alami membutuhkan perawatan yang lebih intensif dari dokter.

Beberapa bahan alami berikut hanya digunakan sebagai obat sementara:

Bawang merah

Mengutip dari Home Remedies for Life, bawang merah mengandung antiinflamasi dan antibakteri yang efektif mengobati infeksi. Cara membuat obat tetes telinga dari bahan alami ini cukup mudah.

Pertama-tama, panggang bawang merah selama 15 menit. Setelah itu, diamkan beberapa saat sampai dingin lalu peras supaya Anda mendapat ekstrak bawang merah.

Gunakan alat tetes untuk memasukkan ekstrak bahan alami itu ke telinga. Ulangi beberapa kali sampai infeksi sembuh.

Baca Juga: Semua orang mengalami, ini 4 penyebab telinga gatal

Daun mangga

Tahukah Anda bahwa daun mangga bisa digunakan untuk mengobati infeksi telinga? Kemampuan itu berasal dari antibiotik yang terkandung dalam daun mangga.

Caranya, tumbuk tiga hingga empat helai daun mangga untuk mendapat ekstraknya. Setelah itu, panaskan ekstrak daun mangga sebentar lalu teteskan pada telinga.

Supaya infeksi bisa sembuh dengan lebih cepat, lakukan cara tersebut sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari.

Cuka

Home Remedies for Life merekomendasikan cuka sebagai obat tetes telinga yang bisa Anda coba. Zat asam yang terkandung dalam cuka akan menghambat pertumbuhan dan perkembangbiakan mikroorganisme penyebab infeksi.

Anda hanya perlu memasukkan tiga hingga empat tetes cuka ke telinga. Setelah itu, tutup lubang telinga dengan kapas supaya cuka bisa masuk secara optimal.

Selain cuka putih, Anda bisa menggunakan cuka apel sebagai alternatif. Lakukan cara tersebut tiga kali dalam sehari.

Baca Juga: Dari bahan alami, ini 5 rekomendasi obat sakit telinga yang mudah dicoba

Minyak zaitun

Salah satu manfaat minyak zaitun adalah digunakan sebagai obat tetes telinga.

Minyak zaitun juga bisa digunakan untuk menyembuhkan infeksi telinga. Anda hanya perlu memasukkan beberapa tetes minyak zaitun hangat pada lubang telinga untuk melunakkan kotoran telinga yang keras. Setelah itu, bersihkan kotoran telinga dengan kapas.

Selanjutnya: Cara membersihkan telinga bayi, bisa pakai lap basah

Editor: Belladina Biananda
Terbaru