kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,31   14,00   1.54%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cari obat penghilangkan bekas luka? Pakai 5 bahan ini


Kamis, 30 September 2021 / 16:23 WIB
Cari obat penghilangkan bekas luka? Pakai 5 bahan ini


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bekas luka bisa membuat Anda tidak percaya diri. Apalagi jika kemunculannya di bagian tubuh yang mudah terlihat. Untuk mengatasinya, ada banyak bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat penghilang bekas luka.

Sprsi.com menyebutkan ada beberapa jenis bekas luka yang bisa Anda alami. Mulai dari bekas luka biasa, bekas jerawat, keloid, stretch marks, dan lain sebagainya. Jika bekas luka yang Anda miliki cukup parah, Anda memerlukan perawatan dari dokter.

Namun, jika bekas luka tak terlalu kentara, Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami. Lakukan uji coba bahan alami ini terlebih dahulu untuk menghindari iritasi. Bila kulit tak alergi, Anda bisa melanjutkan pemakaiannya secara rutin.

Madu

Madu merupakan salah satu bahan alami yang cukup sering digunakan untuk menghilangkan bekas luka. Anda hanya perlu mengoleskannya pada bekas luka lalu tutup dengan perban. Diamkan semalaman lalu bersihkan sisa madu di pagi hari.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan flek hitam memakai bahan alami

Lidah Buaya

Madu bermanfaat sebagai obat penghilang bekas luka.

Bahan alami berikutnya yang bisa jadi obat penghilang bekas luka adalah lidah buaya. Gosokkan gel lidah buaya pada bekas luka dengan gerakan memutar. Setelah 30 menit, bilas dengan air. Untuk mendapatkan hasil maksimal, usahakan untuk melakukannya dua kali dalam sehari.

Lemon atau Jeruk Nipis

Lemon atau jeruk nipis memiliki efek yang sama untuk menyamarkan bekas luka. Zat asam yang terkandung dalam bahan alami itu mampu mengurangi kemerahan di kulit dan membersihkan sel kulit mati. Anda hanya perlu mengoleskan air lemon atau jeruk nipis di bekas luka selama beberapa menit.

Cuka Apel

Selain lemon dan jeruk nipis, cuka apel juga cocok dijadikan obat penghilang bekas luka, lo. Namun, Anda perlu mencampurnya dengan air terlebih dahulu. Celupkan kapas dalam air tersebut kemudian tempelkan di bekas luka. Setelah beberapa menit, bilas dengan air lalu pakai pelembab yang biasa Anda pakai.

Baca Juga: Mau tahu cara menghilangkan stretch mark? Pakai 4 bahan ini

Minyak Kelapa

Minyak kelapa bisa jadi obat penghilang bekas luka.

Bahan alami lain yang direkomendasikan Sprsi.com untuk menghilangkan bekas luka adalah minyak kelapa. Anda perlu menghangatkan minyak kelapa sebentar sampai sedikit mencair. Oleskan pada bekas luka selama 10 menit sebelum Anda membilasnya dengan air.

Anda perlu memakai bahan-bahan yang telah disebutkan secara teratur. Apabila bekas luka tak kunjung hilang, jangan ragu untuk mengonsultasikannya ke dokter, ya. Dengan begitu, bekas luka bisa hilang dengan maksimal.

Selanjutnya: Tanaman Herbal Ini Bisa Membuat Kulit Awet Muda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×