4 Cara menghilangkan flek hitam memakai bahan alami

Sabtu, 24 Juli 2021 | 10:00 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara menghilangkan flek hitam memakai bahan alami

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak faktor penyebab flek hitam di kulit. Misalnya, paparan sinar matahari atau bekas jerawat. Jika Anda mengalami masalah itu, ada beberapa cara menghilangkan flek hitam yang dapat Anda praktikkan.

Anda bisa menemukan produk penghilang flek hitam dengan mudah di pasaran. Beberapa klinik kecantikan juga menyediakan jasa untuk menghilangkan masalah kulit itu. Namun, tada salahnya untuk mencoba beberapa bahan alami di sekitar Anda.

Meski mudah dicoba, tapi pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter, ya. Dengan begitu, risiko efek samping bisa Anda hindari. Meminta saran dokter juga berguna untuk memaksimalkan efek bahan yang Anda gunakan.

Kunyit

Melansir Byride (byrdie.com), kandungan dalam kunyit efektif mencegah produksi melanin. Dengan begitu, hiperpigmentasi dapat berkurang. Anda hanya perlu menggunakan masker yang terbuat dari kunyit dan madu dengan perbandingan 1:1.

Baca Juga: 6 Tahap untuk hilangkan flek hitam di pipi secara mudah, ikuti caranya

Yogurt

Tahukah Anda bahwa yogurt dapat dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan flek hitam? Asam laktat yang terkandung dalam produk olahan susu itu mampu memecah sel kulit mati sehingga flek hitam dapat tersamarkan.

Anda bisa menggunakan yogurt pada kulit secara langsung. Namun, jika Anda ingin memaksimalkan efeknya, Anda bisa mencampur yogurt dengan madu. Antibakteri yang terdapat dalam madu bisa mengatasi berbagai macam masalah kulit yang lain.

Pepaya

Bahan alami selanjutnya yang direkomendasikan Byrdie adalah pepaya. Zat asam yang terkandung dalam jenis buah itu mampu membersihkan permukaan kulit terluar. Dengan begitu, sel kulit yang lebih sehat dapat terlihat.

Anda perlu menumbuk pepaya matang terlebih dahulu. Setelah terksturnya lebih halus, aplikasikan pada kulit wajah lalu diamkan dulu selama beberapa saat. Saat membersihkan sisa masker, gosok secara perlahan dengan gerakan memutar agar sel kulit mati benar-benar terangkat.

Baca Juga: Tak perlu obat mahal, ini cara menghilangkan flek hitam di kulit wajah

Lidah Buaya

Salah satu cara menghilangkan flek hitam bisa Anda lakukan dengan memakai lidah buaya.

Jika Anda mencari cara menghilangkan flek hitam, maka lidah buaya bisa Anda jadikan salah satu pilihan. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, flek hitam bisa terbentuk karena luka. Nah, kandungan dalam lidah buaya mampu melembabkan kulit sehingga flek hitam dapat tersamarkan.

Anda bisa mendapat gel lidah buaya dari tanamannya secara langsung. Selain itu, membeli gel lidah buaya di pasaran juga bisa Anda coba. Namun, pastikan untuk memilih produk gel lidah buaya yang benar-benar asli, ya.

Selanjutnya: Mengganggu penampilan, ini cara menghilangkan jerawat di punggung

Editor: Belladina Biananda
Terbaru