kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cari obat kanker payudara? Coba 4 nutrisi ini, yuk


Senin, 27 September 2021 / 13:32 WIB
Cari obat kanker payudara? Coba 4 nutrisi ini, yuk
ILUSTRASI. Beberapa jenis makanan, seperti buah dan sayur, bisa jadi obat kanker payudara.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Ada banyak obat kanker payudara yang bisa Anda coba. Salah satunya adalah mengonsumsi nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Mengonsumsi makanan bergizi saat menderita kanker payudara berguna untuk menjaga asupan nutrisi. Dengan begitu, tubuh menjadi lebih kuat untuk melawan penyakit.

Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak jenis makanan yang bisa Anda pilih. Namun, tentu saja Anda perlu membicarakan beberapa bahan makanan dan minuman berikut ini dengan dokter, ya.

Selain mengonsumsi beberapa jenis makanan, Anda juga perlu menjaga asupan air putih. Cleveland Clinic merekomendasikan Anda untuk minum miminaml 2 L air putih per hari.

Makanan kaya protein

Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak protein baik untuk kondisi tubuh selama sakit. Anda bisa menemukan banyak pilihan makanan yang kaya protein. Misalnya, daging, ikan seafood, telur, dan kacang-kacangan.

Kacang kedelai merupakan salah satu jenis kacang yang mampu memenuhi kebutuhan protein tubuh. Tak hanya itu, kacang kedelai juga mengandung antikanker.

Tapi, pastikan untuk tidak mengonsumsinya terlalu banyak. Anda bisa makan satu hingga dua porsi kacang kedelai per hari.

Baca Juga: Waspada! Ini yang jadi penyebab kanker usus besar, hindari sejak sekarang

Buah dan sayur

Cleveland Clinic menyebutkan, sebaiknya konsumsi lima porsi buah dan sayur per hari sebagai obat kanker payudara.

Bukan tanpa alasan, mayoritas buah dan sayur mengandung antioksidan dan nutrisi lain yang penting untuk menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker.

Makanan berkalori

Mengonsumsi makanan berkalori memang bisa menambah berat badan Anda. Tapi ternyata, nutrisi itu bisa jadi salah satu obat kanker payudara, lo.

Supaya asupan kalori terjaga, usahakan untuk makan dalam porsi kecil sebanyak lima hingga enam kali per hari.

Baca Juga: Efektif menurunkan berat badan, ini manfaat terong untuk kesehatan

Makanan yang mengandung banyak serat

Makanan yang mengandung banyak serat bisa jadi obat kanker payudara.

Untuk mencegah kondisi kanker payudara yang lebih parah, cobalah untuk memperbanyak asupan serat sehari-hari. Biasanya, biji-bijian utuh merupakan jenis makanan yang mengandung banyak serat.

Tak hanya itu, masih banyak nutrisi lain yang terkandung di dalamnya. Mulai dari karbohidrat kompleks, vitamin, mineral, hingga senyawa lain yang baik untuk kesehatan tubuh.

Menurut sebuah penelitian, serat juga dapat menyeimbangkan hormon yang mana baik untuk kesehatan tubuh selama menderita kanker payudara.

Selanjutnya: Mengobati batuk sampai diabetes, ini manfaat daun sirih merah untuk kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×