Cari moisturizer untuk kulit kering? Coba 5 bahan ini

Rabu, 13 Oktober 2021 | 14:42 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cari moisturizer untuk kulit kering? Coba 5 bahan ini

ILUSTRASI. Ada banyak bahan alami yang bisa digunakan sebagai moisturizer untuk kulit kering.

KONTAN.CO.ID - Bagi pemilik tipe kulit kering, moisturizer atau pelembab adalah hal penting yang perlu digunakan secara teratur. Selain memakai pelembab di pasaran, ada banyak bahan alami yang dapat Anda gunakan sebagai moisturizer untuk kulit kering.

Selain melembabkan, kandungan dalam bahan-bahan alami juga mampu mengatasi masalah kulit yang lain, seperti bekas jerawat dan komedo. Namun, tentunya Anda perlu melakukan uji coba dulu, ya.

Hentikan pemakaian apabila muncul reaksi alergi. Jika tak ada reaksi alergi yang muncul, Anda bisa melanjutkan penggunaan bahan-bahan alami di bawah ini. Untuk mendapat hasil yang maksimal, usahakan untuk melakukannya secara rutin.

Alpukat

Alpukat jadi bahan alami pertama yang bisa Anda gunakan sebagai pelembab kulit kering. Melansir Treehugger, Anda bisa mengaplikasikan alpukat yang sudah dihaluskan pada kulit selama 10-15 menit. Setelah itu, bersihkan dengan air hangat.

Baca Juga: Cara menghilangkan flek hitam di kulit wajah secara mudah, tanpa ke klinik kecantikan

Minyak kelapa

Moisturizer untuk kulit kering bisa dari minyak kelapa.

Minyak kelapa jadi moisturizer untuk kulit kering selanjutnya yang bisa Anda coba. Tidak hanya melembabkan, minyak kelapa juga efektif membersihkan pori-pori kulit. Dengan begitu, masalah kulit, seperti komedo atau jerawat, dapat Anda hindari.

Minyak zaitun

Berikutnya, minyak zaitun juga bisa Anda manfaatkan sebagai moisturizer untuk kulit kering. Kandungan dalam minyak zaitun mampu mengunci kelembaban kulit. Dengan pemakaian teratur, minyak zaitun bisa jadi pelembab kulit kering yang memberikan hasil efektif.

Lidah buaya

Lidah buaya berguna sebagai moisturizer untuk kulit kering.

Treehugger merekomendasikan lidah buaya untuk melembabkan kulit Anda. Selain memiliki banyak antioksidan, lidah buaya juga dipenuhi dengan vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan nutrisi-nutrisi yang lain.

Memakai lidah buaya secara teratur juga bisa meningkatkan produksi kolagen di kulit, lo. Artinya, elastisitas kulit menjadi terjaga sehingga kemunculan tanda-tanda penuaan, seperti kerutan, bisa dicegah.

Baca Juga: Catat! Ini sederet makanan yang baik dan buruk dikonsumsi oleh penderita kolesterol

Madu

Jika Anda mencari cara melembabkan kulit kering, maka madu perlu Anda jadikan opsi. Antibakteri dan kandungan lain dalam madu mampu melembabkan kulit secara maksimal.

Selain digunakan secara langsung, Anda juga bisa mengombinasikan madu dengan bahan lain, seperti minyak kelapa atau lemon.

Itulah beberapa pilihan bahan alami yang bisa Anda coba untuk melembabkan kulit. Apabila memakai bahan-bahan tersebut tak memberikan hasil apa pun, jangan ragu untuk meminta saran dokter, ya.

Selanjutnya: Inilah 3 Manfaat Face Mist untuk Wajah Terhindar dari Kulit Kusam

Editor: Belladina Biananda
Terbaru