kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cari Cara Menyembuhkan Batuk? Pakai 6 Bahan Alami Ini


Senin, 04 Oktober 2021 / 13:45 WIB
Cari Cara Menyembuhkan Batuk? Pakai 6 Bahan Alami Ini


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Batuk memang merupakan hal yang biasa terjadi. Namun, bukan berarti Anda bisa membiarkannya, ya. Cara menyembuhkan batuk tetap perlu Anda lakukan supaya kondisi tubuh tak semakin buruk.

Tak perlu khawatir, ada banyak cara yang bisa Anda coba. Contoh, Anda perlu mengatur makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Hindari beberapa jenis makanan yang justru memperparah batuk, misalnya, produk olahan susu.

Produk olahan susu, seperti keju atau es krim dapat memperparah penyumbatan yang mana membuat batuk sulit sembuh. Selain mewaspadai produk olahan susu, sebaiknya hindari pula minuman beralkohol, kafein, gorengan, dan gula.

Alih-alih mengonsumsi jenis makanan tersebut, akan lebih baik bagi Anda untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh dengan bahan-bahan alami berikut:

Pisang

Mengutip dari Pristyn Care, kebutuhan gizi saat batuk dan sakit bisa Anda cukupi dengan mengonsumsi pisang. Jenis buah itu juga mengandung jenis serat yang baik untuk sistem pencernaan tubuh Anda.

Baca Juga: Tak hanya sesak napas, masih banyak gejala asma lainnya

Air kelapa

Air kelapa juga bisa Anda gunakan sebagai cara menyembuhkan batuk, lo. Elektrolit dan kandungan lain yang terdapat dalam air kelapa mampu melawan kuman penyebab bakteri sehingga batuk bisa sembuh dengan lebih cepat.

Jahe

Jahe dapat dipakai sebagai cara menyembuhkan batuk.

Bukan lagi jadi rahasia bila jahe digunakan untuk mengobati batuk. Apalagi, jika Anda mengalami gejala lain, seperti mual.

Antioksidan, antimikroba, antikanker, dan nutrisi-nutrisi lain efektif menjaga kesehatan tubuh. Anda hanya perlu minum air rebusan jahe secara teratur.

Madu

Cara menyembuhkan batuk berikutnya yang layak Anda coba adalah dengan mengonsumsi madu. Cobalah untuk mencampurnya dengan air hangat, teh herbal, atau susu hangat.

Antimikroba dan antibakteri dalam madu bisa menyembuhkan batuk yang sedang Anda alami.

Baca Juga: 4 Makanan untuk penderita asam lambung yang mudah didapat

Bawang putih

Cara menyembuhkan batuk bisa memakai bawang putih.

Pristyn Care menyarankan bawang putih sebagai obat batuk alami. Caranya, campurkan bawang putih dalam sup ayam atau makanan bergizi yang lain. batuk bisa sembuh karena kandungan antibakteri, antivirus, dan antijamur.

Buah sitrus

Obat batuk herbal berikutnya adalah buah-buah sitrus, seperti jeruk nipis, lemon, dan lain sebagainya. Jenis buah itu memiliki banyak vitamin C yang efektif meningkatkan sistem imun tubuh. Dengan begitu, batuk bisa sembuh dengan lebih cepat.

Selanjutnya: 5 Obat herbal asam urat terbaik ini mudah Anda temukan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×