kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Ngilangin Lemak Perut Secara Alami Untuk Usia 40 Tahun Ke Atas


Rabu, 14 September 2022 / 04:55 WIB
Cara Ngilangin Lemak Perut Secara Alami Untuk Usia 40 Tahun Ke Atas


Reporter: Adi Wikanto, Helvana Yulian | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Cara ngilangin atau menghilangkan lemak perut banyak dicari netizen. Jika selama ini Anda belum menghilangkan lemak di perut, cara ngilangin lemak untuk usia 40 tahun ke atas ini bisa dicoba.

Cara ngilangin atau menghilangkan lemak perut penting dilakukan untuk mengatasi perut buncit. Ini penting untuk meningkatkan kepercayaan diri.

Selain itu, cara ngilangin atau menghilangkan lemak perut untuk usia 40 tahun ke atas juga bermanfaat bagi kesehatan. Penumpukan lemak perut usia 40 tahun ke atas bisa menyebabkan berbagai masalahan kesehatan seperti obersitas, kolesterol, jantung dll.

Dilansir dari Kompas.com,  cara ngilangin atau menghilangkan lemak perut usia 40 tahun ke atas lebih sulit dibandingkan usia mudah. Namun bukan hal yang mustahil selama kita mengadopsi gaya hidup sehat.

Megan Mescher-Cox, DO, ahli pengobatan penyakit dalam, gaya hidup, dan obesitas, menjelaskan, membakar lemak perut lebih sulit dilakukan seiring bertambahnya usia karena berbagai faktor. "Secara fisiologis, tingkat metabolisme basal kita menurun, tetapi juga karena kebiasaan sehari-hari kita berbeda seiring bertambahnya usia," kata dia.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Lemak Di Perut dan Mengecilkan Perut Buncit

Sebagai perbandingan, rata-rata anak bermain dan bergerak dalam waktu lama setiap hari. Sedangkan kebanyakan orang dewasa menghabiskan waktu dengan kebiasaan menetap atau tidak banyak bergerak. "Massa tulang kita juga menurun, terutama pada usia di atas 30-40 tahun dan penurunan massa tulang ini merupakan kontributor utama untuk tingkat metabolisme kita," imbuh Mescher-Cox.

Cara ngilangin atau menghilangkan lemak perut dengan mudah di usia 40 tahun ke atas, Mescher-Cox menyarankan kita untuk menerapkan gaya hidup sehat sebagai berikut:

1. Rutin mengonsumsi sayuran dan buah-buahan

Cara pertama menghilangkan lemak perut usia 40 tahun ke atas adalah konsumsi sayuran dan buah-buahan. Asupan sayuran dan buah-buahan dikaitkan dengan angka berat badan yang lebih rendah dan penurunan risiko penyakit kronis, seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi.

Risiko demensia dan beberapa jenis kanker juga berkurang dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Sebab, kedua makanan ini mengandung antioksidan tinggi yang melawan stres oksidatif dan menimbulkan tanda-tanda penuaan.

2. Menjaga kualitas tidur

Cara kedua menghilangkan lemak perut usia 40 tahun ke atas adalah menjaga kualitas tidur. Kualitas tidur sangat penting untuk mengendalikan berat badan dan hormon di dalam tubuh.

Ketika tidur, tubuh akan memulihkan diri setelah melakukan aktivitas seharian. Cobalah memenuhi kebutuhan tidur sebanyak delapan jam per malam. Kita tidak dapat mengganti waktu tidur yang hilang sehingga pastikan kita memiliki jadwal tidur secara teratur.

3. Berolahraga rutin

Cara ketiga menghilangkan lemak perut usia 40 tahun ke atas adalah rutin olahraga. Lakukan olahraga setidaknya 30 menit per hari dalam lima hari seminggu. Satu jam lima kali dalam seminggu jauh lebih baik.

Jika kita sudah berolahraga rutin, tetapi masih sulit menyingkirkan lemak perut yang membandel, tingkatkan intensitas latihan untuk membantu mempercepat pembakaran lemak perut.

4. Tidak berdiam dalam waktu lama

Cara keempat menghilangkan lemak perut usia 40 tahun ke atas adalah jangan berdiam terlalu lama. Duduk sepanjang hari merupakan salah satu faktor utama yang memperpendek usia.

Usahakan untuk bangun setidaknya lima menit per jam, atau berolahraga menggunakan sepeda statis di dalam rumah untuk menjaga aliran darah.

5. Melakukan perubahan gaya hidup secara menyeluruh

Cara kelima menghilangkan lemak perut usia 40 tahun ke atas adalah mengubah gaya hidup secara menyeluruh. Gaya hidup sehat termasuk diet yang sarat akan buah-buahan dan sayuran serta membatasi makanan olahan, olahraga rutin, tidur teratur, dan tidak terlalu sering stres. Kita harus menerapkan gaya hidup sehat secara menyeluruh, bukan hanya berdiet sehat atau berolahraga.

Cara umum menghilangkan lemak perut

Dirangkum dari pemberitaan Momsmoney.id, Health Focus menyebutkan sejumlah cara menghilangkan lemak perut secara alami yang bisa Anda lakukan, antara lain: 

1. Batasi konsumsi karbohidrat

Cara membakar lemak perut secara alami yang pertama dengan membatasi konsumsi karbohidrat. Memperhatikan pola makan juga merupakan cara membakar lemak perut secara alami.

Makan lebih sedikit karbohidrat efektif dalam menghilangkan lemak perut. Mengurangi karbohidrat akan mengurangi nafsu makan, sehingga berat badan pun bisa menurun. 

2. Perbanyak asupan protein

Cara membakar lemak perut secara alami yang kedua adalah memperbanyak asupan protein. Protein juga merupakan nutrisi yang penting untuk  menurunkan berat badan.

Meningkatkan asupan protein efektif dalam mengurangi lemak perut. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak protein, memiliki lebih sedikit lemak perut.

3. Usahakan untuk aktif bergerak

Cara membakar lemak perut secara alami yang ketiga adalah mengusahakan untuk selalu aktif bergerak. Olahraga merupakan cara membakar lemak perut yang alami dan efektif.

Aktif bergerak dengan olahraga yang bisa Anda lakukan untuk membakar lemak perut, antara lain crunches, latihan angkat kaki, bersepeda dan aerobik. 

Baca Juga: Kenali Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan Tubuh, Cari Tahu Yuk!

4. Lacak asupan makanan 

Cara membakar lemak perut secara alami yang keempat adalah melacak asupan makan yan Anda konsumsi. 

Anda mungkin menyadari bahwa Anda sedang mengonsumsi makanan berprotein tinggi atau rendah karbohidrat, tapi tanpa melacaknya, mudah bagi Anda untuk makan secara berlebihan atau kekurangan.

5. Makan makanan kaya serat

Cara membakar lemak perut secara alami yang kelima adalah makan makanan kaya serat 

Cara terbaik untuk mengonsumsi lebih banyak serat adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan nabati, seperti sayuran dan buah. Kacang-kacangan juga merupakan sumber serat yang baik, serta beberapa sereal, seperti gandum utuh.

Itulah beberapa cara ngilangin atau menghilangkan lemak perut secara alami yang bisa Anda lakukan. Bila Anda mengalami masalah kesehatan tertentu, jangan dibiarkan saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×