Cara Menghilangkan Lemak Di Perut dan Mengecilkan Perut Buncit

Senin, 29 Agustus 2022 | 12:33 WIB Sumber: Kompas.com
Cara Menghilangkan Lemak Di Perut dan Mengecilkan Perut Buncit

ILUSTRASI. Cara Menghilangkan Lemak Di Perut dan Mengecilkan Perut Buncit


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak cara menghilangkan lemak dan mengecilkan perut buncit. Sejumlah bahan makanan bisa membantu menghilangkan lemak dan mengecilkan perut buncit. Selain itu ada juga cara lain agar lemak di perut lebih cepat hilang.

Pada dasarnya lemak bukanlah sesuatu yang berbahaya bagi tubuh, terutama lemak perut atau juga disebut lemak visceral. Lemak perut berfungsi melindungi organ penting di dalam perut.

Namun jika kadar lemak terlalu banyak, ini bisa menghambat fungsi organ dan membahayakan kesehatan. Bagaimana mengetahui jika kadar lemak perut atau lemak visceral dalam tubuh kita sudah berlebihan?

Perhatikan ukuran pinggang

Tanda yang relatif jelas dari penumpukan lemak visceral bisa dilihat dari ukuran pinggang. Apabila pinggang lebih besar dari setengah tinggi badan kita, artinya kita memiliki lemak visceral yang terlalu banyak.

Sebagai gambaran umum, pada individu dengan tinggi badan sekitar 166 sentimeter, ukuran lingkar pinggang dikatakan aman jika kurang dari 83 sentimeter. Ukuran lingkar pinggang lebih dari 89 sentimeter (pada pria) dan lebih dari 76,2 sentimeter (pada wanita) merupakan pertanda kelebihan lemak visceral.

Bagi yang memiliki terlalu banyak lemak visceral, cobalah lima langkah mudah ini untuk menghilangkan lemak di perut dan mengecilkan perut buncit.

Baca Juga: 4 Olahraga Mengecilkan Perut yang Mudah Untuk Dipraktikkan, Yuk Coba

1. Perbanyak konsumsi serat

Cara pertama menghilangkan lemak di perut dan mengecilkan perut buncit adalah perbanyak konsumsi serat. Serat larut menyerap air dan membentuk gel yang membantu memperlambat makanan saat melewati sistem pencernaan.

Asupan serat membantu tubuh merasa kenyang lebih lama, mengurangi jumlah kalori yang diserap dari makanan lain, serta membantu mengendalikan gula darah. Beberapa makanan kaya serat meliputi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan polong-polongan seperti kacang dan lentil.

Buah dengan embel-embel "beri" seperti stroberi, rasberi dan beri hitam juga merupakan sumber serat larut dan tidak larut yang kaya akan nutrisi, membantu mencegah penyakit kardiovaskular dan penyakit kronis lainnya.

2. Mengelola stres

Cara kedua menghilangkan lemak di perut dan mengecilkan perut buncit adalah mengelola stress. Stres akan memicu produksi kortisol --hormon stres-- secara berlebihan, yang meningkatkan lemak visceral.

Ketika tubuh memproduksi terlalu banyak kortisol, hormon itu memindahkan lemak ke bagian tengah tubuh dan mendorong lemak visceral jauh ke dalam tubuh. Kelola tingkat stres dengan aktivitas yang melibatkan pikiran dan tubuh, seperti yoga, meditasi, berjalan kaki di alam terbuka, atau sekadar mandi air panas.

3. Tingkatkan kualitas tidur

Cara ketiga menghilangkan lemak di perut dan mengecilkan perut buncit adalah meningkatkan kualitas tidur. Mendapatkan tidur malam yang berkualitas sangat penting untuk kekebalan tubuh, fungsi, otak, dan banyak lagi.

Berbagai studi menunjukkan, kurang tidur dapat meningkatkan produksi hormon kortisol dan lemak visceral. Dalam satu studi ditemukan, individu yang tidur lima jam atau kurang per malam memiliki lebih banyak lemak visceral dibandingkan individu yang tidur tujuh jam atau lebih.

Kurang tidur akan meningkatkan hormon ghrelin yang memengaruhi nafsu makan. Tubuh kita menginginkan makanan manis dan makan berlebihan, dua hal yang berkontribusi terhadap penambahan lemak visceral. Maka dari itu, usahakan menjaga durasi tidur antara 7-8 jam untuk mengelola lemak visceral dalam tubuh.

4. Kurangi asupan gula

Cara keempat menghilangkan lemak di perut dan mengecilkan perut buncit adalah mengurangi asupan gula. Gula terdapat dalam sebagian besar makanan dan minuman olahan, termasuk makanan tinggi lemak seperti permen dan es krim atau karbohidrat seperti roti.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan untuk membatasi asupan gula kurang dari 10 persen dari total asupan energi harian. Misalnya, jika kita mengonsumsi 2.000 kalori sehari, jumlah kalori yang berasal dari gula tidak melebihi 200 kalori.

Membatasi asupan gula tidak sulit. Cobalah beralih dari minuman manis dengan air putih. Satu studi membuktikan, minuman manis merupakan pemicu utama lemak visceral.

Jangan lupa membaca label pada kemasan makanan atau minuman dengan cermat untuk mengetahui pasti kandungan bahan dalam makanan atau minuman tersebut.

5. Latihan yang melibatkan kelompok otot besar

Cara kelima menghilangkan lemak di perut dan mengecilkan perut buncit adalah melakukan latihan yang melibatkan kelompok otot besar. Aktivitas fisik menjadi suatu kewajiban jika kita berusaha mengurangi lemak perut atau lemak visceral.

Lakukan latihan yang melibatkan kelompok otot besar seperti otot di tubuh bagian bawah untuk membakar lebih banyak kalori dan lemak, serta memengaruhi kerja hormon yang mengatur berat badan dan mengendalikan gula darah. Jenis latihan yang dapat diterapkan mencakup squat, deadlift, berlari, atau bersepeda.

Bahan alami untuk menghilangkan lemak di perut

Dilansir dari Kompas.com, para ahli nutrisi menjelaskan empat bahan alami ini untuk menghilangkan lemak visceral di perut.Berikut rincian cara menghilangkan lemak di perut dengan bahan alami:

1. Akar manis yang mengandung flavonoid

Cara pertama menghilangkan lemak di perut dengan bahan alami adalah konsumsi akar manis atau licorice. Akar manis atau licorice telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk berbagai kondisi, termasuk batuk, infeksi, dan masalah pencernaan.

Untuk itu, akar manis bisa menjadi salah satu pilihan teh herbal untuk batuk. "Dengan meningkatkan kapasitas oksidatif asam lemak skeletomuskular dan hati, licorice flavonoid dapat membantu menghilangkan lemak visceral," tutur dr Inna Lukyanovsky, praktisi pengobatan fungsional serta ahli usus dan hormon.

Lukyanovsky menekankan, licorice atau akar manis tidak aman dikonsumsi individu dengan tekanan darah tinggi. "Efek samping licorice dapat meliputi peningkatan tekanan darah, penurunan kadar kalium, sakit kepala, dan kelelahan," imbuhnya.

Demi mendapatkan manfaat terbaik, ia menyarankan untuk mengimbangi asupan licorice yang mengandung flavonoid dengan berolahraga. Seperti dilaporkan National Library of Medicine, studi menunjukkan licorice dengan flavonoid aman bila dikonsumsi dalam jumlah 1200 mg/hari.

2. Minyak ikan

Cara kedua menghilangkan lemak di perut dengan bahan alami adalah konsumsi minyak ikan. Minyak ikan dapat membantu menghilangkan lemak visceral, catat Lukyanovsky. "Minyak ikan menyebabkan pengurangan massa lemak secara menyeluruh dan termasuk suplemen yang aman digunakan untuk meningkatkan kadar kolesterol," ujar dia.

Namun, lanjut Lukyanovsky, ada potensi reaksi ketika suplemen minyak ikan dikonsumsi bersama dengan obat pengencer darah, yang berpotensi meningkatkan risiko pendarahan. "Kemungkinan efek sampingnya adalah mimisan, mencret dan heartburn. Mereka yang berisiko pendarahan harus dipantau saat mengonsumsi suplemen minyak ikan," terangnya.

Dilaporkan Mayo Clinic, asam lemak omega-3 bisa didapatkan dari ikan yang direbus atau dipanggang, bukan digoreng. Suplemen minyak ikan dinilai dapat membantu individu yang memiliki kadar trigliserida tinggi (pemicu penyakit jantung dan stroke) atau rheumatoid arthritis (peradangan pada sendi di tubuh, termasuk tangan dan kaki).

Meski aman dikonsumsi, asupan minyak ikan yang berlebihan berisiko menyebabkan pendarahan dan memengaruhi respons kekebalan tubuh, seperti dilaporkan Mayo Clinic. Belum diketahui apakah minyak ikan aman dikonsumsi individu yang alergi makanan laut atau tidak. Maka dari itu, cobalah berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan mengonsumsi suplemen minyak ikan.

3. Capsaicin

Cara ketiga menghilangkan lemak di perut dengan bahan alami adalah konsumsi capsaicin. "Data epidemiologis menunjukkan, konsumsi makanan yang mengandung capsaicin dikaitkan dengan prevalensi obesitas yang lebih rendah," papar Lukyanovsky.

Sama seperti licorice dan minyak ikan, senyawa capsaicin juga bisa menimbulkan efek samping. "Kemungkinan efek samping mencakup iritasi, terbakar, gatal, dan mati rasa. Pemberian suplemen ini perlu diperhatikan dengan baik agar tidak menyebabkan luka bakar," lanjut Lukyanovsky.

4. Jahe

Cara keempat menghilangkan lemak di perut dengan bahan alami adalah konsumsi jahe. Berdasarkan temuan studi, jahe termasuk salah satu rempah-rempah terbaik yang dapat menurunkan berat badan, kata pakar suplemen Daniel Powers, MS yang juga pendiri The Botanical Institute.

"Studi meta-analisis baru-baru ini menemukan asupan jahe dikaitkan dengan penurunan berat badan, rasio pinggang-pinggul, serta indeks resistensi insulin," tuturnya.

"Diperkirakan, jahe dapat membantu penurunan lemak berkat efek jahe yang menyeimbangkan gula darah."

"Studi awal menunjukkan, sepasang senyawa fenolik yang dianggap bertanggung jawab atas efek penyeimbangan gula darah ini adalah gingerol dan shogaol."

Seperti dilaporkan Rumah Sakit Mount Sinai, dalam dosis tinggi jahe dapat memicu efek samping seperti heartburn ringan, diare, iritasi pada mulut, dan sakit perut.

Itulah berbagai cara menghilangkan lemak di perut dengan bahan alami. Jangan lupa lakukan olahraga seperti plank dan sit up untuk membantu menghancurkan lemak di perut.

Sebagian artikel ini telah tayang di di Kompas.com dengan judul "5 Langkah Mudah untuk Hilangkan Lemak Perut",

Penulis : Gading Perkasa

Editor : Wisnubrata

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru