kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Minum Madu yang Tepat untuk Merontokkan Asam Lambung Tinggi, Tak Perlu Obat


Jumat, 28 Juli 2023 / 04:00 WIB
Cara Minum Madu yang Tepat untuk Merontokkan Asam Lambung Tinggi, Tak Perlu Obat


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

CARA MENGATASI ASAM LAMBUNG - Ada banyak manfaat madu bagi tubuh bila dikonsumsi secara rutin. Salah satu manfaat madu adalah meredakan penyakit asam lambung.  

Asam lambung jadi salah satu penyakit yang banyak diderita masyarakat. Meski tidak menular, asam lambung bisa menyerang siapa saja. 

Setiap orang yang menderita asam lambung pasti merasa tidak nyaman saat kadar asam lambung naik. Penderita akan merasa begah, mual, dada terasa terbakar (heartburn) ketika asam lambung kambuh. 

Untuk meredakan asam lambung, penderita bisa mengonsumsi obat yang diberikan dokter atau obat yang banyak dijual di apotek. 

Tahukah Anda, ada jalan lain untuk meredakan asam lambung yakni dengan mengonsumsi madu. Sejumlah penelitian dan pengalaman beberapa orang menyebut, madu bisa menenangkan tenggorokan sekaligus meredakan gejala penyakit asam lambung.

Manfaat madu untuk asam lambung 

Melansir Reflux MD, madu mengandung vitamin, mineral, enzim, dan asam amino. Dengan beragam kandungannya, madu digunakan sebagai obat tradisional untuk melawan bakteri, mengurangi peradangan, sampai sakit tenggorokan. 

Studi membuktikan, kandungan antibakteri dalam madu terbukti bisa mempercepat penyembuhan luka. Penelitian lain menunjukkan, madu juga bisa digunakan sebagai cara alami untuk mengatasi batuk. 

Baca Juga: Menurunkan Asam Lambung Tinggi, Ini Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

Sejumlah penelitian juga menyebutkan, madu bisa memberantas bakteri Helicobacter pylori, biang tukak lambung. Beberapa penelitian lain di atas mengungkap manfaat potensial madu buat asam lambung. 

Sejumlah orang juga menyebut madu bisa meredakan asam lambung seperti heartburn sampai tenggorokan tak nyaman. 

Namun, madu tidak bisa mengatasi penyebab mendasar penyakit asam lambung, yakni kerusakan sfingter esofagus bagian bawah. Selain itu, secara khusus belum ada studi formal yang membuktikan manfaat madu untuk asam lambung. 

Agar tuntas, cara mengatasi asam lambung secara komprehensif bisa dilakukan dengan menjaga berat badan ideal, melakoni gaya hidup sehat, dan konsumsi obat untuk asam lambung. 

Baca Juga: Pisang Efektif Menurunkan Asam Urat Tinggi?




TERBARU

[X]
×