kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.324.000 1,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Meredakan Nyeri Ulu Hati Karena Asam Lambung, Cek Makanan Pengganti Nasi


Jumat, 21 Juli 2023 / 06:33 WIB
Cara Meredakan Nyeri Ulu Hati Karena Asam Lambung, Cek Makanan Pengganti Nasi
ILUSTRASI. Cara Meredakan Nyeri Ulu Hati Karena Asam Lambung, Cek Makanan Pengganti Nasi


Sumber: Grid,Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

Cara Meredakan Nyeri Ulu Hati Karena Asam Lambung. Simak cara meredakan nyeri ulu hati karena asam lambung. Pahami pula makanan pengganti nasi untuk penderita asam lambung.

Cara meredakan nyeri ulu hati karena asam lambung penting diketahui oleh penderitanya. Pasalnya, asam lambung sering kambuh karena sejumlah penyebab.

Asam lambung yang kambuh naik menimbulkan rasa tidak nyaman di perut. Bahkan, asam lambung bisa menimbulkan rasa nyeri di bagian dada atau ulu hati.

Lalu bagaimana cara meredakan nyeri ulu hati karena asam lambung?

Dilansir dari Grid.id, laman NHS menyatakan nyeri dada atau ulu hati akibat asam lambung disebut juga heartburn. Selain terasa sensasi panas di tengah dada, heartburn juga menyebabkan mulut terasa asam akibat asam lambung yang naik ke kerongkongan.

Kondisi ini juga membuat seseorang terus-menerus batuk, suara serak, napas bau, dan perut yang terasa penuh.

Baca Juga: 11 Makanan & Minuman yang Bikin Kadang Asam Lambung Melonjak, Apa Saja?

Houston Methodist menyatakan ada beberapa cara meredakan nyeri ulu hati karena asam lambung naik. Berikut cara meredakan nyeri ulu hati karena asam lambung:

1. Makan pisang

Cara meredakan nyeri ulu hati karena asam lambung yang pertama adalah makan pisang. Kandungan potasium yang tinggi dalam pisang, dapat membantu menghilangkan sensai panas di dada saat asam lambung naik. Namun, pastikan buah pisang yang dimakan sudah matang.

Pasalnya, pisang yang masih belum sepenuhnya matang biasanya mengandung pati dan ini malah bisa memicu refluks asam bagi sebagian orang.

2. Kunyah permen karet

Cara meredakan nyeri ulu hati karena asam lambung yang kedua adalah mengunyah permen karet.  Mengunyah permen karet tanpa gula, dapat membuat produksi air liur menjadi lebih banyak. Ini dapat membantu mengurangi heartburn, karena air liur mengurangi pergerakan dan risiko isi perut naik ke kerongkongan.

Selain itu, air liur yang dalam jumlah banyak setelah mengunyah permen karet, juga mampu menetralkan asam lambung.

3. Atur posisi tidur

Cara meredakan nyeri ulu hati karena asam lambung yang ketiga adalah mengubah posisi tidur. Jika asam lambung naik dan menimbulkan ketidaknyamanan, maka segera atur posisi tidur untuk menghilangkan rasa panas di dada.

Buat kepala dan dada lebih tinggi dari kaki saat sedang tidur, untuk mencegah dan meredakan asam lambung yang naik. Bisa juga dengan menggunakan baji busa yang ditempatkan di bawah kasur, untuk membuatnya lebih tinggi.

Lebih baik tidak menumpuk bantal, karena ini bisa memperburuk situasi. Selain posisi kepala yang lebih tinggi, meredakan sensasi panas di dada karena heartburn juga bisa dilakukan dengan tidur miring ke kiri.

4. Minum air jahe

Cara meredakan nyeri ulu hati karena asam lambung yang keempat adalah minum air jahe. Jahe diketahui mampu mengurangi masalah pada saluran pencernaan, karena mengandung senyawa yang bernama fenol. Lantaran hal tersebut, jahe dapat mencegah asam lambung naik ke kerongkongan.

Untuk mengatasi sensasi dada yang terbakar, kombinasikan segelas air dengan jahe. Jika tidak ada, bisa juga dengan mengunyah permen jahe.

5. Pakai baju yang longgar

Cara meredakan nyeri ulu hati karena asam lambung yang kelima adalah memakai baju longgar. Menggunakan baju yang terlalu ketat, seperti celana, kaus, ataupun pakaian yang lain, dapat membuat perut tertekan dan memperburuk gejala heartburn.

Jika tahu asam lambung rentan naik, cobalah gunakan pakaian yang nyaman dan agak longgar, selama dan setelah makan.

6. Minum teh peppermint

Cara meredakan nyeri ulu hati karena asam lambung yang keenam adalah minum teh peppermint. Peppermint dapat menenangkan ketidaknyamanan akibat masalah perut. Jadi jika dada terasa panas gara-gara heartburn, disarankan untuk meminum teh peppermint untuk membantu mengurangi gejalanya.

Makanan pengganti nasi untuk penderita asam lambung

Jika asam lambung kambuh, nafsu makan berkurang. Di sisi lain, penderita asam lambung harus tetap makan untuk mengurangi asam lambung.

Diberitakan Kontan.co.id, ada sejumlah makanan pengganti nasi untuk penderita asam lambung. Makanan pengganti nasi ini dapat membantu mengatasi gejala asam lambung.

Berikut daftar makanan pengganti nasi untuk penderit asam lambung:

Melon

Makanan penurun asam lambung yang pertama adalah melon.

Supaya asam lambung mereda, Anda perlu mengonsumsi makanan yang mampu menetralkan keasaman dalam lambung. Salah satu jenis buah yang memiliki manfaat itu adalah lemon. Melansir AARP (aarp.org), melon mengandung banyak magnesium yang baik untuk kesehatan lambung.

Yogurt

Selanjutnya, yogurt juga termasuk dalam makanan penurun asam lambung. Kandungan nutrisi dalam yogurt mampu menenangkan lambung sehingga efek asam lambung naik dapat mereda.

Tidak berhenti sampai di situ, yogurt juga dipenuhi dengan probiotik yang mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Sistem imun tubuh pun dapat meningkat karena nutrisi itu. Supaya efeknya bisa semakin Anda rasakan, tak ada salahnya mencampur yogurt dengan bahan alami lain, misalnya jahe.

Oatmeal

Makanan penurun asam lambung berikutnya adalah oatmeal. Sama dengan pisang, oatmeal memiliki banyak serat. Anda bisa mengonsumsi oatmeal dengan susu almond rendah lemak. Selain itu, mengombinasikan oatmeal dengan bahan makanan lain yang telah disebutkan juga bisa jadi pilihan.

Beberapa makanan di atas perlu Anda konsumsi secara rutin supaya asam lambung naik tak terus Anda alami. Namun, jangan lupa untuk tetap berkonsultasi ke dokter, ya. Terlebih bagi Anda yang mengalami gejala asam lambung parah.

Itulah cara meredakan nyeri ulu hati karena asam lambung dan makanan pengganti nasi yang baik dikonsumsi penderita asam lambung. Jika sakit berlanjut, segera hubungi dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×