Cara Menurunkan Berat Badan Secara Cepat

Sabtu, 25 Juni 2022 | 10:25 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Cara Menurunkan Berat Badan Secara Cepat


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Banyak cara menurunkan berat badan. Sehingga, jangan putus asa untuk menurunkan berat badan berlebih. 

Tentunya mengurangi lemak di tubuh tak bisa dilakukan dengan instan. Butuh kedisplinan dan komitmen, baik dalam aktivitas maupun pola makan. Kendati demikian, menurunkan berat badan hanya dalam beberapa hari bukanlah hal yang mustahil.

Penurunan berat badan yang stabil sebanyak setengah hingga 1 kilogram per minggu direkomendasikan untuk pengelolaan berat badan dalam jangka panjang yang cukup efektif. 

Cara menurunkan berat badan dengan cepat bisa dilakukan secara alami tanpa diet yang menyiksa tubuh.

Baca Juga: Bantu Akhiri Pandemi, Ini 4 Hal yang Harus Kita Lakukan

Cara menurunkan berat badan dalam seminggu

Cara menurunkan berat badan

Simak cara menurunkan berat badan dalam seminggu seperti dilansir dari Healthline:

1. Kurangi karbohidrat olahan

Salah satu cara menurunkan berat badan secara alami adalah menerapkan diet karbohidrat. Kurangi asupan makanan yang mengandung banyak pati gula atau karbohidrat.

Karbohidrat sendiri berperan penting untuk sumber energi tubuh saat beraktivitas. Anda bisa mengganti sumber karbohidrat olahan seperti nasi dengan sumber karbohidrat rendah seperti biji-bijian.

Ketika melakukan diet itu, maka tingkat rasa lapar akan turun sehingga Anda biasanya makan lebih sedikit kalori.

Baca Juga: 6 Minuman yang Bikin Asam Urat Tinggi Rontok

Dengan asupan karbohidrat yang rendah, maka tubuh akan membakar lebih sedikit karbohidrat dalam makanan yang masuk. Lalu sebaliknya, tubuh lebih banyak membakar lemak yang selama ini disimpan sebagai sumber energi.

Biji-bijian juga memiliki serat lebih tinggi sehingga dicerna lebih lambat. Ini membuat makanan biji-bijian lebih mengenyangkan.

Diet rendah kalori juga dapat menurunkan berat badan dan lebih mudah dipertahankan untuk jangka waktu yang lebih lama.

Beberapa contoh biji-bijian rendah kalori seperti biji quinoa, biji chia, biji sesame, dan flax.

Baca Juga: Vaksinasi gotong royong disarankan bisa sebagai pengurang pajak perusahaan

2. Perbanyak protein dan sayuran hijau

Protein sering digunakan sebagai cara menurunkan berat badan yang efektif. Protein sangat disarankan untuk membantu menjaga kesehatan dan masa otot Anda sembari menurunkan berat badan.

Bukti menunjukkan bahwa makanan yang mengandung protein yang cukup dapat meningkatkan faktor risiko kardiometabolik serta menurunkan berat badan.

Secara spesifik, kebutuhan protein untuk pria dewasa adalah rata-rata 56-91 gram per hari, sementara wanita membutuhkan protein lebih sedikit yakni rata-rata 46-75 gram per hari.

Baca Juga: 5 Snack yang Membantu Menurunkan Kolesterol Tinggi

Beberapa sumber protein yang sehat antara lain ayam, daging sapi, domba, ikan dan makanan laut, kuning telur, kacang-kacangan, hingga tahu tempe.

Sayuran hijau juga sangat direkomendasikan untuk langkah cara menurunkan berat badan dengan cepat. Sayuran hijau bisa dimakan dalam jumlah banyak tanpa perlu khawatir meningkatkan berat badan Anda.

Beberapa sayuran yang digunakan sebagai cara menurunkan berat badan secara alami yakni brokoli, kol, bayam, tomat, kubis, selada, dan timun.

Baca Juga: 7 Cara terbaik mengecilkan perut buncit, mudah dicoba

3. Perbanyak aktivitas fisik

Cara menurunkan berat badan dalam seminggu ketiga bisa dilakukan dengan memperbanyak aktivitas fisik. Olahraga diperlukan untuk menurunkan berat badan dengan cepat.

Gerakan fisik tak harus dengan sering-sering berolahraga. Anda bisa melakukan di rumah dengan membawa beberapa barang sambil membereskan rumah. Dengan mengangkat beban, Anda akan membakar banyak kalori dan mencegah metabolisme Anda melambat.

Cobalah pergi ke gym setidaknya sepekan sekali. Selain itu, lakukan beberapa gerakan cardio seperti jalan kaki, jogging, bersepeda. Gerakan-gerakan itu secara umum jadi cara menurunkan berat badan dengan cepat.

Selanjutnya: Mudah dicoba, ini 5 cara efektif membersihkan pembuluh darah

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru