kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,86   -7,49   -0.80%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Menurunkan Berat Badan, Hindari Makanan Karbohidrat Ini


Jumat, 04 Maret 2022 / 14:13 WIB
Cara Menurunkan Berat Badan, Hindari Makanan Karbohidrat Ini
ILUSTRASI. Nasi putih. Cara Menurunkan Berat Badan, Hindari Makanan Karbohidrat Ini


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Cara menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan kombinasi olahraga dan diet. Saat diet untuk menurunkan berat badan, hindarilah makanan berikut.

Saat ingin menurunkan berat badan, salah satu cara populer adalah menghindari makanan yang mengandung karbohidrat. Karbohidrat hanya mengandung gula, pati, dan serat yang dicerna tubuh dengan cepat. Alhasil, kita jadi merasa mudah lapar.

Sebagian hasil pencernaan karbohudrat pun lebih banyak disimpan tubuh sebagai cadangan lemak, bukan energi. Hal inilah yang memicu penambahan berat badan.

Makanan karbohdirat yang harus dihindari untuk menurunkan berat badan

Akan tetapi, tidak semua makanan berkabohidrat buruk untuk kesehatan. Yang perlu kita hindari saat ingin menurunkan berat badan adalah makanan yang berasal dari karbohidrat olahan.

Berikut jenis-jenis makanan mengandung kabohidrat olahan yang harus kita hindari jika ingin menurunkan berat badan:

1. Roti putih dan produk tepung olahan

Makanan pertama yang harus dihindari untuk menurunkan berat badan adalah roti putih dan produk tepung olahan. Menurut ahli diet Anna Taylor, roti putih, kerupuk dan pasta adalah makanan bertepung yang tinggi kalori dan karbohidrat, tetapi rendah serat, protein dan nutrisi.

Selain itu, jenis makanan tersebut mengandung gula tinggi dan dicerna tubuh dengan cepat. Akibatnya, kadar glukosa bisa meningkat dan membuat kita mudah lapar. Sebagai alternatif, Anda bisa menggantinya dengan pasta dari gandum atau kacang yang kaya serat sehingga kita bisa merasa kenyang lebih lama.

Baca Juga: Inilah Pantangan dan 10 Minuman Terbaik untuk Penderita Diabetes Melitus

2. Sereal

Makanan kedua yang harus dihindari untuk menurunkan berat badan adalah sereal. Sereal memang praktis untuk sarapan di pagi hari. Hanya perlu menambahkan susu, maka kita bisa langsung memakannya.

Akan tetapi, sereal bisa membuat gula darah melonjak cepat. Tentunya, hal ini berbahaya bagi penderita diabetes. Gula darah yang melonjak cepat juga bisa turun dengan cepat juga. Akibatnya, kita jadi mudah lapar sehingga nafsu makan lebih tinggi. Alhasil, usaha untuk menurunkan berat badan pun gagal begitu saja.

3. Nasi putih

Makanan ketiga yang harus dihindari untuk menurunkan berat badan adalah nasi putih. Nasi putih cepat dicerna dan diserap, membuat gula darah naik lebih cepat. Akibatnya, rasa lapar semakin tinggi dan keinginan mengonsumsi makanan manis pun semakin besar.

Sebenarnya, kabohidrat yang ada di nasi putih hanyalah karbohidrat kosong yang rendah nilai nutrisinya. Mengonsumsi karbohidrat kosong hanya akan meningkatkan nafsu makan kita. Anda bisa menggandi nasi putih dengan nasi merah atau shirataki. Jenis nasi tersebut akan membuat Anda kenyang lebih lama sehingga nafsu makan terkontrol.

4. Kentang putih tanpa kulit

Makanan keempat yang harus dihindari untuk menurunkan berat badan adalah kentang putih tanpa kulit. Kentang putih tanpa kulit memiliki indeks glikemik tinggi yang bisa meningkatkan kadar gula dengan cepat.

Hal tersebut juga bisa membuat energi menurun dengan cepat. Alhasil, Anda menjadi lebih mudah lapar.

Sebagai alternatif, Anda bisa mengonsumsi kentang dengan kulitnya. Sebab, kukit kentang mengandung serat tinggi yang akan memperlambat pencernaan dan membuat kenyang lebih lama. Kulit kentang juga kaya akan potasium, fosfor, dan vitamin B dan C.

Itulah daftar makanan yang harus dihindari untuk menurunkan berat badan. Jangan lupa untuk rajin olahraga agar cara menurunkan berat badan lebih cepat membuahkan hasil

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ingin Berat Badan Turun, Hindari 4 Jenis Makanan Ini",


Penulis : Ariska Puspita Anggraini
Editor : Ariska Puspita Anggraini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×