Tips Sehat

Cara Mengurangi Sakit Perut Saat Haid Tanpa Obat, Wanita Wajib Tahu

Rabu, 21 September 2022 | 08:42 WIB Sumber: Kompas.com
Cara Mengurangi Sakit Perut Saat Haid Tanpa Obat, Wanita Wajib Tahu

ILUSTRASI. Cara Mengurangi Sakit Perut Saat Haid Tanpa Obat, Wanita Wajib Tahu


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak cara mengurangi sakit perut saat haid tanpa obat. Sejumlah bahan herbal dan alami bisa dimanfaatkan untuk mengurangi sakit perut saat haid.

Sakit perut saat haid adalah kondisi wajar yang sering terjadi pada wanita saat datang bulang. Oleh karena itu, penting bagi wanita mengetahui cara mengurangi sakit perut saat haid.

Cara mengurangi sakit perut saat haid bisa membantu meredakan rasa nyeri. Dengan demikian, aktivitas tidak terganggu saat haid tiba.

Berikut cara mengurangi sakit perut saat haid secara alami tanpa obat:

1. Jahe

Cara mengurangi sakit perut saat haid secara alami tanpa obat yang pertama adalah konsumsi jahe. Dikutip dari Healthline, banyak orang telah mengonsumsi jahe sebagai obat untuk segala hal sejak zaman kuno.

Sebuah studi menemukan, jahe bisa menjadi pengobatan yang sangat efektif untuk beberpa jenis sakit perut. Dengan kandungan anti-inflamasi alami, jahe tersedia dalam berbagai bentuk, yang semuanya dapat membantu. Anda bisa mengunyahnya secara langsung atau mengonsumsinya dalam bentuk suplemen. Banyak orang juga lebih suka jahe dalam bentuk minuman.

Baca Juga: Ciri-Ciri Penyakit Ginjal & Obat Herbal Ginjal yang mudah didapat Tanpa Ke Apotek

2. Teh chamomile

Cara mengurangi sakit perut saat haid secara alami tanpa obat yang kedua adalah minum teh chamomile. Secangkir teh chamomile yang enak dapat membantu meringankan sakit perut dengan bertindak sebagai anti-inflamasi. Sifat anti-inflamasi ini membantu otot perut rileks, sehingga dapat mengurangi rasa sakit akibat kram dan kejang.

3. Peppermint

Cara mengurangi sakit perut saat haid secara alami tanpa obat yang ketiga adalah konsumsi peppermint. Peppermint sering disebut-sebut sebagai obat yang membantu untuk mengatasi mual dan sakit perut karena mentol dalam daunnya adalah analgesik alami, atau pereda nyeri.

Untuk mengonsumsinya, Anda bisa menyeduh secangkir teh peppermint, mengisap permen peppermint, atau mengunyah daunnya.

4. Cuka sari apel

Cara mengurangi sakit perut saat haid secara alami tanpa obat yang keempat adalah konsumsi cuka sari apel. Asam dalam cuka sari apel dapat membantu mengurangi pencernaan pati, memungkinkan pati masuk ke usus dan menjaga bakteri di usus tetap sehat.

Beberapa orang mengambil sesendok setiap hari sebagai tindakan pencegahan. Jika rasa asam terlalu kuat, Anda bisa mencampurkan satu sendok makan dengan secangkir air dan satu sendok teh madu.

5. Bantalan panas

Cara mengurangi sakit perut saat haid secara alami tanpa obat yang kelima adalah menempel bantalan panas di perut. Anda bisa menggunakan bantalam atau botol air panas untuk menenangkan rasa sakit di perut Anda.

Kehangatan di perut akan mengalihkan perhatian Anda dari kram atau rasa sakit, sementara panasnya dapat membantu mengendurkan otot dan mengurangi rasa mual. Namun, jangan biarkan terlalu lama, karena Anda dapat merusak kulit Anda dari penggunaan yang berlebihan.

6. Air putih

Cara mengurangi sakit perut saat haid secara alami tanpa obat yang keenam adalah minum air putih. Dikutip dari Medical News Today, tubuh membutuhkan air untuk mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan atau minuman secara efisien.

Karena itu, dehidrasi membuat pencernaan lebih sulit dan kurang efektif, sehingga meningkatkan kemungkinan sakit perut. Bagi Anda yang memiliki masalah pencernaan, sangat penting untuk tetap terhidrasi. Muntah dan diare dapat dengan cepat menyebabkan dehidrasi. Jadi, seseorang dengan gejala ini harus tetap minum air putih.

7. Hindari berbaring

Cara mengurangi sakit perut saat haid secara alami tanpa obat yang ketujuh adalah jangan berbaring. Menghindari berbaring dapat mencegah gangguan pencernaan menjadi mulas.

Saat tubuh berada dalam posisi horizontal, asam di perut lebih cenderung bergerak mundur dan bergerak ke atas, yang dapat menyebabkan mulas. Orang dengan sakit perut harus menghindari berbaring atau tidur setidaknya selama beberapa jam sampai berlalu.

Itulah berbagai cara mengurangi sakit perut saat haid secara alami tanpa obat. Jika sakit berlanjut, segera hubungi dokter.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Mengatasi Sakit Perut",


Penulis : Ahmad Naufal Dzulfaroh
Editor : Rizal Setyo Nugroho

Selanjutnya: Bursa Asia Melemah, Mengekor Pelemahan Wall Street

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru