Cara mengurangi nafsu makan dan ngemil, cocok untuk yang sedang diet

Selasa, 11 Agustus 2020 | 10:38 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Cara mengurangi nafsu makan dan ngemil, cocok untuk yang sedang diet

ILUSTRASI. Makanan berserat bisa jadi cara mengurangi nafsu makan dan ngemil. KONTAN/Muradi/2017/11/02

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak cara mengurangi nafsu makan dan ngemil yang bisa Anda lakukan. Anda bisa menggunakan suplemen, mengonsumsi makanan bergizi, atau dengan metode lainnya. Banyak orang yang mengonsumsi suplemen untuk mengurangi nafsu makan dan ngemil.

Namun, efektivitas suplemen belum teruji. Dari Medical News Today (medicalnewstoday.com), National Institute of Health menyebutkan bahwa suplemen bisa mendatangkan efek samping. Alih-alih menggunakan suplemen, cara mengurangi nafsu makan dan ngemil bisa Anda lakukan dengan cara-cara alami.

  • Konsumsi Protein dan Lemak Sehat

Medical News Today mengatakan bahwa protein dan lemak sehat lebih efektif sebagai cara mengurangi nafsu makan dan ngemil. Anda bisa mengganti karbohidrat dengan makanan lain yang terdiri dari protein dan lemak sehat.

Baca Juga: Anti gagal, inilah 5 cara menurunkan berat badan alami

Anda bisa mengonsumsi daging rendah lemak, kacang, produk kedelai sebagai sumber protein. Untuk lemak sehat, Anda bisa mengonsumsi alpukat, biji-bijian, atau olive oil.

  • Minum Air Sebelum Makan

Cara mengurangi nafsu makan dan ngemil efektif lainnya adalah dengan minum air sebelum makan. Anda akan merasa lebih kenyang dan tidak merasa terlalu lapar setelah melakukan hal itu.

Penelitian untuk melihat nafsu makan pada 50 wanita yang kelebihan berat badan membuktikan hal tersebut. Mengonsumsi 1.5 L air setiap hari selama 8 minggu membuat nafsu makan dan berat badan menurun. Tak hanya itu, lemak tubuh juga jauh berkurang.

  • Konsumsi Makanan Berserat

Medical News Today juga menyebutkan bahwa cara mengurangi nafsu makan dan ngemil bisa dengan mengonsumsi makanan berserat. Serat tidak hancur seperti makanan lainnya sehingga berada dalam tubuh lebih lama.

Baca Juga: Resep infused water untuk mengecilkan perut yang wajib Anda coba

Serat bisa memperlambat proses pencernaan makanan sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama. Makanan berserat juga dikaitkan dengan jumlah obesitas yang menurun. Anda bisa mengonsumsi almon atau jenis kacang lainnya, apel, alpukat, biji chia, dan sayur.

  • Konsumsi Jahe

Bubuk jahe bisa Anda pakai sebagai cara mengurangi nafsu makan dan ngemil. Hal itu disebabkan karena jahe bisa menstimulasi sistem pencernaan. Namun, Medical News Today mengatakan bahwa masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hal ini.

 

Editor: Belladina Biananda


Terbaru