kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Mengobati Asam Urat Di Usia Muda, Catat Standar Asam Urat Wanita & Pria


Rabu, 23 Agustus 2023 / 14:54 WIB
Cara Mengobati Asam Urat Di Usia Muda, Catat Standar Asam Urat Wanita & Pria
ILUSTRASI. Cara Mengobati Asam Urat Di Usia Muda, Catat Standar Asam Urat Wanita & Pria


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Cara Mengobati Asam Urat Di Usia Muda- Jakarta. Simak cara mengobati asam urat di usia muda. Cara ini bisa menjadi alternatif pengobatan jika kadar asam urat melebihi standar. Berapa standar normal asam urat pada wanita dan pria?

Asam urat adalah bahan kimia yang dibuat oleh tubuh ketika memecah zat purin. Zat ini biasanya diproduksi di dalam tubuh dan juga bisa didapatkan dalam beberapa jenis makanan maupun minuman. Contohnya hati, ikan teri, ikan makarel, kacang-kacangan dan bir.

Sebagian besar kandungan asam urat larut dalam darah dan mengalir ke ginjal dan dikeluarkan tubuh melalui urin.Namun adakalanya tubuh kita memproduksi asam urat berlebihan sehingga tubuh tidak bisa mengeluarkannya dengan optimal. Jadi, berapa batas asam urat normal untuk wanita?

Dikutip dari WebMD, asam urat diukur dengan satuan mg/dL, sebagai perbandingannya dengan kadar darah. Kadar normal asam urat wanita yakni di bawah angka 6 mg/dL. Sedangkan kadar normal asam urat pria yaitu 7 mg/dL.

Lebih dari angka tersebut, bisa dikatakan jika asam urat kita tergolong tinggi dan bisa memicu sejumlah masalah kesehatan.

Baca Juga: Bikin Asam Urat Naik, Ini Efek Samping Makan Tahu Berlebihan

Bagaimana Cara Mengobati Asam Urat Di Usia Muda?

Dilansir dari website resmi Ciputra Hospital, berikut beberapa cara mengobati asam urat di usia muda:

1. Mengkonsumsi obat-obatan asam urat

Cara mengobati asam urat di usia muda yang pertama adalah minum obat asam urat. Untuk pasien asam urat, dokter biasanya memberikan beberapa resep untuk mengurangi gejala asam urat yang Anda alami. Obat-obatan asam urat tersebut termasuk obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID) seperti aspirin dan ibuprofen, colchicine, dan kortikosteroid.

Ketiga obat ini memiliki fungsi yang hampir serupa untuk mengurangi rasa sakit, peradangan akibat penyakit asam urat, serta mengontrol gejala apabila asam urat Anda tiba-tiba kambuh. Sementara obat-obatan lain dapat menyesuaikan berdasarkan kondisi kesehatan dan kebutuhan Anda. Jika Anda sudah memperoleh obat, segera konsumsi obat sesuai anjuran dokter untuk proses pemulihan yang lebih efektif.

2. Menghindari makanan yang mengandung purin

Cara mengobati asam urat di usia muda yang kedua adalah menghindari makanan yang mengandung purin. Purin merupakan senyawa kimia yang menyebabkan asam urat jika jumlahnya berlebihan di dalam tubuh.

Asam urat dapat terbentuk ketika senyawa purin dipecah dalam sistem pencernaan. Makan terlalu banyak purin akan menyebabkan penumpukan asam urat dalam tubuh. Jika asam urat menumpuk dapat membentuk kristal urat yang menyebabkan rasa sakit, pembengkakan, dan peradangan pada sendi atau jaringan di sekitarnya.

Oleh karena itu, penting bagi Anda membatasi makanan yang mengandung purin dalam jumlah tinggi, seperti daging babi asap, daging sapi muda, hati, daging rusa, teri, sarden, kerang, ikan haring, dan kerang. Jadi, mengurangi dan membatasi makanan yang mengandung purin dapat membantu mengurangi gejala asam urat Anda.

3. Membatasi minum alkohol

Cara mengobati asam urat di usia muda yang ketiga adalah mengurangi atau berhenti minum alkohol. Alkohol mengandung senyawa organik yang disebut purin yang bila dikonsumsi secara berlebihan dapat memicu asam urat.

Senyawa purin yang masuk secara berlebihan dapat mengendap dan menumpuk di dalam tubuh. Ketika tubuh gagal mengolahnya, maka dapat menyebabkan asam urat. Para dokter dan ahli juga merekomendasikan untuk orang-orang yang sudah sakit atau berisiko terkena asam urat untuk mengurangi jumlah konsumsi hariannya. Hal ini berguna untuk mencegah munculnya asam urat secara tiba-tiba.

4. Menempelkan es atau air ingin

Cara mengobati asam urat di usia muda yang keempat adalah menempelkan es atau air dingin di persendian yang nyeri akibat asam urat. Sebelum menempelkan es, tutup bagian sendi dengan kain.

Cara ini dianggap cukup ampuh, untuk mengurangi rasa sakit dan mengurangi peradangan akibat asam urat. Cara pengobatannya dengan mengambil potongan ses yang sudah Anda bungkus dengan selembar kain atau handuk tipis. Kemudian, tempelkan es tersebut selama 20-30 menit di bagian yang Anda butuhkan. Anda dapat mencobanya beberapa kali, sampai rasa sakitnya mereda.

5. Minum cukup air putih

Cara mengobati asam urat di usia muda yang kelima adalah minum cukup air putih. Mengonsumsi cukup air putih, ternyata juga dapat membantu Anda mengatasi asam urat. Bagaimana caranya?

Ketika seseorang memiliki asam urat, mereka akan mengalami nyeri dan pembengkakan secara signifikan. Minum air, dapat membantu mengurangi gejala tersebut. Sebab, ginjal akan melepaskan banyak cairan untuk mengurangi pembengkakan pada penderita asam urat.

Selain air putih, Anda juga dapat melengkapi konsumsi cairan dengan minum teh herbal dan kaldu. Akan tetapi, meskipun mengonsumsi air putih memiliki banyak manfaat, untuk Anda yang memiliki masalah ginjal atau gagal jantung kongestif harus berbicara kepada dokter terlebih dahulu sebelum banyak minum air putih karena bisa saja menimbulkan masalah kesehatan lain yang tidak diinginkan.

6. Melakukan diet seimbang

Cara mengobati asam urat di usia muda yang keenam adalah menjalani diet seimbang. Diet seimbang dalam hal ini bukan bertujuan untuk membuat tubuh menjadi ramping. Melainkan diet untuk membatasi makanan yang dapat memicu masalah asam urat, dan menggantinya dengan makanan padat nutrisi dan makanan yang dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh Anda.

Salah satu diet yang dapat Anda coba, yakni diet nabati. Ini merupakan diet khusus yang dikembangkan, salah satunya untuk penderita asam urat. Konsumsi banyak buah dan sayuran yang kaya antioksidan dapat mengurangi gejala asam urat.

Jenis makanan lainnya, juga dapat coba Anda diskusikan dengan dokter kepercayaan Anda. Dokter biasanya memiliki beberapa daftar makanan dan minuman yang perlu Anda hindari atau yang perlu Anda konsumsi. Selain itu, pastikan Anda untuk membatasi juga konsumsi makanan dan minuman manis. Jenis makanan manis, juga dapat memperburuk gejala asam urat Anda.

7. Berolahraga secara teratur

Cara mengobati asam urat di usia muda yang ketujuh adalah olahraga secara teratur. Rutin melakukan olahraga dan aktivitas fisik dapat membantu Anda menjaga berat badan yang ideal. Berat badan yang terjaga dan sehat, dapat mengurangi munculnya risiko asam urat.

Anda dapat memilih berbagai jenis olahraga yang ringan agar tidak memberikan tekanan terlalu berat pada sendi tubuh, seperti berjalan, bersepeda, berenang, atau aktivitas lain yang ramah untuk sendi.

Itulah kadar normal asam urat wanita dan pria serta cara mengobati asam urat di usia muda. Jika sakit berlanjut, segera hubungi dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×