Cara Menghilangkan Ketombe Alami dan Sampo Anti Ketombe yang Bisa Dicoba

Selasa, 24 Januari 2023 | 13:40 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Cara Menghilangkan Ketombe Alami dan Sampo Anti Ketombe yang Bisa Dicoba

ILUSTRASI. Cara menghilangkan ketombe.


KONTAN.CO.ID - Cara menghilangkan ketombe bisa dilihat di artikel ini. Ketombe dapat menyebabkan rontoknya serpihan putih dari kulit kepala, gatal, dan bisa membuat kulit kepala bersisik. 

Ketombe memang bukan gangguan kesehatan serius namun dapat merepotkan. 

Beberapa penyebab ketombe antara lain malas keramas, tumbuhnya jamur malassezia, kulit kepala kering, kulit kepala iritasi, dan tidak cocok dengan produk perawatan rambut tertentu. 

Lantas, bagaimana cara menghilangkan ketombe dan seperti apa kandungan sampo anti ketombe? 

Baca Juga: Bisa Menurunkan Gula dan Kolesterol, Ini 5 Manfaat Lain dari Rebusan Daun Salam

Sampo antiketombe 

Cara menghilangkan ketombe

Sampo antiketombe mengandung bahan yang bisa membersihkan dan melindungi kulit kepala dari ketombe seperti mentol. Dikutip dari laman Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga, mentol yang umum terkandung dalam sampo antiketombe pun bermanfaat untuk menyegarkan kulit kepada dan mengurangi rasa gatal. 

Sejumlah penelitian juga menemukan bahwa mentol pada sampo antiketombe dapat meningkatkan aliran darah ke kulit kepala. Sehingga bermanfaat bagi kesehatan kulit kepala secara menyeluruh.

Baca Juga: Cara Konsumsi Biji Fenugreek untuk Menurunkan Kolesterol dan Gula Darah Tinggi

9 Cara menghilangkan ketombe alami

Sementara itu, dirangkum dari NDTV Food dan laman Kementerian Kesehatan, berikut sejumlah cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami: 

1. Jangan meminyaki rambut dan membiarkannya dalam waktu lama

Cara menghilangkan ketombe adalah jangan meminyaki rambut dan membiarkannya dalam waktu lama. Mengoleskan minyak pada rambut akan menyebabkan lebih banyak ketombe. 

Sebab, minyak rambut seperti makanan untuk Malazzesia yang menyebabkan ketombe. Selain itu, jangan biarkan minyak rambut menempel di kulit kepala Anda untuk waktu yang lebih lama.

Baca Juga: Bisa Mencegah Infeksi, Ini Sederet Manfaat Lain Daun Sambiloto untuk Kesehatan

2. Cuka

Cara menghilangkan ketombe

Selanjutnya, cara menghilangkan ketombe alami juga bisa menggunakan cuka. Cuka membantu mengatasi gatal, kulit kering dan juga membantu membunuh jamur dan bakteri penyebab ketombe.

Cara menghilangkan ketombe dengan cuka adalah mengoleskan campuran cuka putih dengan air dalam jumlah yang sama pada kulit kepala sekitar setengah jam sebelum keramas. 

3. Soda kue atau baking soda 

Cara menghilangkan ketombe

Cara menghilangkan ketombe alami yakni bisa menggunakan soda kue atau baking soda. Soda kue atau baking soda berfungsi sebagai scrub dan mengelupas kulit kepala dengan lembut, tanpa mengiritasi dan mengangkat sel kulit mati. 

Eksfoliasi penting dilakukan untuk memastikan tidak ada serpihan yang menumpuk di kulit kepala yang membuat ketombe semakin terlihat.

Cara menghilangkan ketombe dengan soda kue, cukup tambahkan sedikit soda kue ke sampo Anda saat mencuci rambut untuk mendapatkan manfaatnya.

Baca Juga: Bisa Mencegah Infeksi, Ini Sederet Manfaat Lain Daun Sambiloto untuk Kesehatan

4. Tea tree oil 

Selanjutnya, cara menghilangkan ketombe alami yakni dengan tea tree oil. Tea tree oil juga dikenal sebagai obat anti jerawat dan anti jamur untuk melawan infeksi jamur dan bakteri. 

Cara menghilangkan ketombe dengan tea tree oil adalah menambahkan satu atau dua tetes tea tree oil ke sampo Anda dan gunakan untuk keramas seperti biasa. 

5. Bawang putih

Cara menghilangkan ketombe

Bawang putih juga bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan ketombe. Sebab, bawang putih sangat bermanfaat sebagai produk alami antijamur. 

Cara menghilangkan ketombe dengan bawang putih yakni tumbuk satu atau dua siung bawang putih dan setelah dicampur dengan air, gunakan pada kulit kepala Anda. 

Baca Juga: 5 Bumbu Dapur yang Bermanfaat untuk Kecantikan Kulit, Atasi Jerawat hingga Kerutan

6. Aloe Vera

Cara menghilangkan ketombe

Kemudian, cara menghilangkan ketombe alami yakni dengan aloe vera. Tidak hanya mendinginkan, lidah buaya juga bisa mengelupas kulit secara ringan dan memiliki sifat anti jamur dan anti bakteri. 

Cara menghilangkan ketombe dengan lidah buaya yakni dengan mengekstrak langsung sebagian dari tanaman lidah buaya. Lalu, oleskan di kulit kepala dan kemudian dicuci dengan sampo.

7. Cuci rambut secara rutin 

Mencuci rambut secara rutin juga menjadi salah satu cara menghilangkan ketombe yang bisa dilakukan. Apalagi jika rambut Anda tipe yang mudah berminyak. 

Dengan mencuci rambut secara rutin, sel- sel kulit mati dan kotoran yang menempel di kulit kepala dapat terangkat. Namun, hindari mencuci rambut terlalu sering. 

Sebab, kebiasaan ini bisa menghilangkan minyak alami yang ada di rambut dan kulit kepala. Akibatya, kulit kepala menjadi kering dan etombe akan semakin parah.

Baca Juga: 4 Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Lepek Berminyak

8. Minyak kelapa

Cara menghilangkan ketombe

Cara meghilangkan ketombe selanjutnya adalah menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa memiliki sifat antimikroba yang mampu mengusir jamur penyebab infeksi. 

Cara menghilangkan ketombe dengan minyak kelapa cukup menggunakan dua sendok makan minyak kelapa. Kemudian, pijat kulit kepala secara perlahan. 

Setelah itu diamkan selama satu jam sebelum membilasnya dengan sampo. Pastikan rambut Anda terbilas bersih agar tidak ada sisa minyak yang tertinggal karena dapat berisiko menyumbat pori-pori kulit.

Baca Juga: 4 Minyak Esensial yang Efektif Mencerahkan Kulit

9. Jeruk nipis

Cara menghilangkan ketombe

Cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami lainnya bisa dengan memanfaatkan perasan air jeruk nipis. Sifat asam dan kandungan antioksidan di dalamnya dikenal mampu menghambat perkembangan salah satu jenis jamur penyebab ketombe, seperti Malassezia Furfur

Cara menggunakannya pun cukup mudah, cukup ikuti langkahnya yakni oleskan perasan jeruk nipis ke permukaan kulit kepala, kemudian diamkan selama beberapa menit agar sari jeruk nipisnya meresap sempurna hingga ke dalam kulit kepala dan folikel rambut. 

Setelah itu, bilas menggunakan air bersih dan dilanjutkan dengan keramas menggunakan sampo untuk atasi ketombe. Lakukan cara ini secara rutin setidaknya hingga keluhan ketombe berkurang bahkan menghilang.

Demikian cara menghilangkan ketombe alami yang bisa dicoba di rumah. 

Selanjutnya: Sempat Mangkrak 6 Tahun, Sodetan Ciliwung Ditargetkan Rampung April 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru