kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara menghilangkan karang gigi yang mudah, tertarik mencoba?


Rabu, 17 November 2021 / 14:49 WIB
Cara menghilangkan karang gigi yang mudah, tertarik mencoba?
ILUSTRASI. Anda bisa mencoba berbagai macam cara menghilangkan gigi yang cukup mudah untuk Anda coba. SURYA/HAYU YUDHA PRABOWO.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Karang gigi adalah penumpukan sisa makanan dan jenis kotoran lain di sekitar gigi dan gusi. Apabila Anda membiarkannya, karang gigi bisa mengganggu kesehatan gigi. Artinya, cara menghilangkan karang gigi perlu segera Anda lakukan.

Hal utama yang penting untuk Anda lakukan adalah rajin menyikat gigi minimal dua kali dalam sehari. Anda juga bisa memakai benang gigi dan obat kumur supaya benar-benar tidak ada sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi.

Selain menjaga kebersihan gigi dan mulut, ada beberapa hal lain yang bisa Anda coba, contohnya beberapa hal dalam artikel ini. Jika karang gigi terus menumpuk dan Anda kesulitan untuk membersihkannya, jangan ragu untuk meminta pertolongan dokter gigi, ya.

Baking soda

Menyikat gigi dengan baking soda jadi salah satu penghancur karang gigi yang direkomendasikan Carefree Dental. Karena bersifat abrasif, sebaiknya jangan terlalu sering memakai baking soda. Makdusnya, jangan gunakan baking soda setiap hari.

Baca Juga: Kenali dan waspada, ini 10 ciri-ciri gula darah tinggi

Buah dan sayur

Makan apel dan jenis buah serta sayur yang lain bisa jadi cara menghilangkan karang gigi.

Sadarkah Anda bahwa makan banyak buah dan sayur bisa jadi salah satu cara menghilangkan karang gigi? Beberapa jenis buah dan sayur yang bisa Anda manfaatkan adalah buah pir, apel, dan wortel.

Selain menjaga kesehatan gigi, nutrisi dalam jenis bahan alami itu juga baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Lidah buaya, air, baking soda, gliserin, essential oil

Memanfaatkan lidah buaya jadi penghilang karang gigi berikutnya yang layak Anda coba.

Carefree Dental merekomendasikan Anda supaya mengombinasikan 1 sdt lidah buaya dengan segelas air, ½ gelas baking soda, 4 sdt gliserin, dan beberapa tetes essential oil lemon. Gunakan campuran itu untuk menyikat gigi.

Baca Juga: Manfaatkan bahan alami ini untuk obati gusi bengkak

Biji wijen

Cara menghilangkan karang gigi berikutnya adalah memakai biji wijen. Cara yang perlu Anda lakukan sangat mudah. Pertama, kunyah segenggam biji wijen selama beberapa saat, tapi jangan ditelan, ya.

Setelah itu, keluarkan biji wijen dari mulut lalu sikat gigi dengan sisa biji wijen yang masih menempel. Biji wijen bertugas sebagai screb yang membersihkan gigi Anda. Selain mudah dilakukan, cara tersebut juga cukup aman untuk kesehatan gigi dan mulut Anda.

Selanjutnya: Bisa jadi obat gusi bengkak, coba 6 makanan ini, yuk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×