kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami, Tanpa Obat & Bahan Kimia


Jumat, 08 April 2022 / 10:58 WIB
Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami, Tanpa Obat & Bahan Kimia
ILUSTRASI. Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami, Tanpa Obat & Bahan Kimia


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Ada banyak obat untuk menghilangkan jerawat di wajah. Selain dengan obat-obatan, sejumlah bahan alami di rumah bisa menjadi cara untuk menghilangkan jerawat secara alami.

Jerawat adalah penyakit peradangan kronis dari kelenjar pilosebasea yang ditandai dengan adanya komedo, papul, kista, dan pustula. Selain wajah, jerawat dapat tumbuh atau timbul di bagian tubuh lain, seperti bahu, lengan atas, dada, hingga punggung. Ketika muncul di wajah, jerawat kerap kali tak hanya bisa menimbulkan rasa sakit atau tidak nyaman, tapi juga dapat menciutkan rasa percaya diri.

Tak heran jika pencarian tentang cara menghilangkan jerawat atau bagaimana mengatasinya menjadi banyak diminati. Apalagi jika melakukan penanganan yang salah, jerawat bahkan bisa membuat wajah menjadi kusam dan bahkan diwarnai noda hitam, termasuk bopeng-bopeng.

Perawatan jerawat secara konvensional bisa dilakukan, tapi terkadang mahal dan seringkali memiliki efek samping yang tidak diinginkan, seperti kulit kering, kemerahan, dan iritasi. Hal itu pun telah mendorong banyak orang untuk mencari cara mengobati jerawat secara alami.

Melansir berbagai sumber, berikut ini adalah ragam cara menghilangkan jerawat secara alami yang dapat dicoba dengan bahan rumah.

1. Oleskan cuka apel

Bahan alami pertama yang bisa digunakan sebagai cara untuk menghilangkan jerawat adalah cuka apel. Melansir Health Line, cuka apel dibuat dengan cara melumatkan apel dan memeras cairannya.

Setelah cairan apel didapat, nantinya akan dimasukkan bakteri dan ragi untuk memulai proses fermentasi alkohol. Seperti jenis cuka lainnya, cuka apel telah dikenal karena kemampuannya melawan banyak jenis bakteri dan virus.

Cuka apel dilaporkan mengandung beberapa asam organik yang telah terbukti dapat membunuh bakteri Propionibacterium acnes penyebab jerawat. Secara khusus, asam suksinat dalam cuka apel telah terbukti bisa menekan peradangan yang disebabkan oleh P. acnes dan dapat mencegah munculnya jaringan parut.

Selain itu, asam laktat telah terbukti dapat menghilangkan bekas jerawat. Terlebih lagi, cuka sari apel dapat membantu menekan produksi minyak berlebih yang bisa menyebabkan jerawat.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah Menggunakan Bahan Alami, Ampuh!

Berikut cara menggunakan cuka apel untuk menghilangkan jerawat secara alami:

  • Campurkan 1 sendok makan cuka apel dengan 3 sendok air (gunakan lebih banyak air untuk kulit sensitif)
  • Setelah wajah dibersihkan, oleskan campuran cuka apel dan air tersebut ke kulit dengan lembut menggunakan bola kapas
  • Diamkan selama 5-20 detik, bilas dengan air dan keringkan
  • Ulangi proses ini 1-2 kali per hari, sesuai kebutuhan
  • Penting untuk dicatat bahwa mengoleskan cuka apel ke kulit dapat menyebabkan luka bakar dan iritasi, sehingga harus selalu digunakan dalam jumlah kecil dan diencerkan dengan air.

2. Oleskan masker madu dan kayu manis

Bahan alami kedua yang bisa digunakan sebagai cara untuk menghilangkan jerawat adalah madu dan kayu manis. Madu dan kayu manis adalah sumber antioksidan yang sangat baik. Studi telah menemukan bahwa menerapkan antioksidan pada kulit lebih efektif dalam mengurangi jerawat daripada benzoil peroksida dan retinoid.

Antioksidan yang diteliti adalah vitamin B3, asam lemak linoleat (omega-6) dan natrium ascorbyl fosfat (SAP), yang merupakan turunan vitamin C. Antioksidan spesifik ini tidak ditemukan dalam madu dan kayu manis, tetapi ada kemungkinan bahwa antioksidan lain yang terkandung di dalam dua bahan alami tersebut memiliki efek yang sama.

Madu dan kayu manis juga memiliki sifat antibakteri dan dapat mengurangi peradangan, yang merupakan dua faktor yang memicu jerawat. Meski madu dan kayu manis terbukti memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan antibakteri yang bermanfaat bagi kulit berjerawat, tapi memang belum tersedia penelitian mengenai kemampuan dua bahan tersebut dalam mengobati jerawat.

Berikut cara membuat masker madu dan kayu manis untuk menghilangkan jerawat secara alami:

  • Campurkan 2 sendok makan madu dan 1 sendok teh kayu manis bersama untuk membentuk bahan masker
  • Setelah wajah dibersihkan, oleskan masker ke wajah dan biarkan selama 10-15 menit
  • Bilas masker sampai bersih dan tepuk-tepuk wajah Anda sampai kering

3. Oleskan tea tree oil

Bahan alami ketiga yang bisa digunakan sebagai cara untuk menghilangkan jerawat adalah tea tree oil. Tea tree oil atau minyak pohon teh adalah minyak esensial yang diperoleh dari hasil esktraksi daun teh (Melaleuca).

Tea tree oil sudah dikenal karena kemampuannya untuk melawan bakteri dan mengurangi peradangan kulit. Terlebih lagi, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan tea tree oil 5 persen ke kulit secara efektif dapat mengurangi jerawat.

Bila dibandingkan dengan 5 persen benzoil peroksida, minyak pohon teh 5 persen memang tidak bekerja dengan cepat, tetapi dapat secara signifikan meninghilangkan jerawat setelah tiga bulan penggunaan. Tea tree oil juga memiliki efek samping yang lebih sedikit dibandingkan dengan benzoil peroksida, yang dapat menimbulkan kekeringan, iritasi dan terbakar.

Berikut cara menghilangkan jerawat secara alami dengan tea tree oil:

  • Campurkan 1 sendok minyak pohon teh dengan 9 sendok air
  • Celupkan kapas ke dalam campuran tersebut dan oleskan ke daerah yang mengalami jerawat
  • Oleskan pelembab jika diinginkan
  • Ulangi proses ini 1-2 kali per hari, sesuai kebutuhan

4. Oleskan teh hijau

Bahan alami keempat yang bisa digunakan sebagai cara untuk menghilangkan jerawat adalah teh hijau. Teh hijau mengandung antioksidan yang sangat tinggi, dan meminumnya dapat meningkatkan kesehatan.

Memang belum ada penelitian yang mengungkap manfaat dari minum teh hijau ketika timbul jerawat, tetapi menerapkannya langsung ke kulit telah terbukti bisa membantu. Hal ini terjadi kemungkinan karena flavonoid dan tanin dalam teh hijau diketahui membantu melawan bakteri dan mengurangi peradangan, yang merupakan dua penyebab utama jerawat.

Antioksidan utama dalam teh hijau, yakni epigallocatechin-3-gallate (EGCG) telah terbukti bisa mengurangi produksi sebum, melawan peradangan dan menghambat pertumbuhan bakteri P. acnes pada individu dengan kulit yang cenderung berjerawat. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa menerapkan ekstrak teh hijau 2-3 persen pada kulit secara signifikan bisa mengurangi produksi sebum dan jerawat pada mereka yang berjerawat.

Berikut cara menghilangkan jerawat secara alami dengan teh hijau:

  • Seduh teh hijau dalam air mendidih selama 3-4 menit Biarkan teh menjadi dingin
  • Menggunakan bola kapas, oleskan teh ke kulit atau tuangkan ke dalam botol semprot untuk disemprotkan
  • Biarkan mengering, lalu bilas dengan air dan keringkan
  • Anda juga bisa menambahkan sisa daun teh ke madu dan membuat masker

Meskipun tidak ada bukti bahwa minum teh hijau dapat melawan jerawat, beberapa penelitian menunjukkan itu mungkin masih bermanfaat. Sebagai contoh, minum teh hijau telah terbukti menurunkan kadar gula darah dan insulin, yang merupakan faktor yang dapat berkontribusi pada pengembangan jerawat.

5. Oleskan lidah buaya

Bahan alami kelima yang bisa digunakan sebagai cara untuk menghilangkan jerawat adalah lidah buaya. Lidah buaya adalah tanaman tropis yang daunnya menghasilkan gel bening.

Gel lidah buaya selama ini sering ditambahkan ke lotion, krim, salep dan sabun. Krim ini biasanya digunakan untuk mengobati lecet, ruam, luka bakar dan kondisi kulit lainnya. Ketika diterapkan pada kulit, gel lidah buaya dapat membantu menyembuhkan luka, mengobati luka bakar dan melawan peradangan.

Lidah buaya juga mengandung asam salisilat dan sulfur, yang keduanya digunakan secara luas dalam pengobatan jerawat. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mengoleskan asam salisilat ke kulit dapat secara signifikan mengurangi jerawat. Begitu juga deng penerapan sulfur, telah terbukti dapat menjadi pengobatan jerawat yang efektif.

Berikut cara menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan jerawat secara alami:

  • Kerok gel lidah buaya dengan sendok
  • Oleskan gel secara langsung untuk membersihkan kulit sebagai pelembab
  • Ulangi 1–2 kali per hari, atau sesuai keinginan Anda juga bisa membeli gel lidah buaya dari toko, tetapi pastikan itu adalah lidah buaya murni tanpa bahan tambahan.

Itulah sejumlah  cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami. Semoga bermanfaat!

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "17 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami",


Penulis : Irawan Sapto Adhi
Editor : Irawan Sapto Adhi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×