Tips Sehat

Cara Menghilangkan Ambeien Pada Remaja, Bisa Menggunakan Obat Tradisional Ini

Selasa, 20 September 2022 | 15:50 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Cara Menghilangkan Ambeien Pada Remaja, Bisa Menggunakan Obat Tradisional Ini

ILUSTRASI. Cara Menghilangkan Ambeien Pada Remaja, Bisa Menggunakan Obat Tradisional Ini


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kenali cara menghilangkan ambeien pada remaja. Sejumlah bahan alami bisa menjadi obat tradisional untuk menghilangkan ambeien pada remaja.

Cara menghilangkan ambeien pada remaja bisa dilakukan tanpa harus operasi. Pasalnya, ambeien pada remaja biasanya belum parah.

Tanpa operasi, cara menghilangkan ambeien bisa menggunakan obat tradisional dari bahan alami. Namun, sebelum menggunakan obat tradisional untuk menghilangkan ambeien, konsultasilah dahulu dengan dokter.

Wasir atau ambeien termasuk kondisi di mana pembuluh darah anus dan rektum Anda bengkak, yang menyebabkan rasa sakit, gatal, hingga pendarahan di dubur. Melansir Kompas.com, berikut obat tradisional menghilangkan ambeien pada remaja

1. Minyak kelapa

Obat tradisional pertama untuk menghilangkan ambeien pada remaja adalah minyak kelapa. Mengutip Medical News Today, minyak kelapa merupakan pelembab alami yang bisa digunakan sebagai obat alamu untuk mengatasi wasir dengan mengurangi gejala.

Mengoleskan minyak kelapa di bagian dubur yang bengkak dapat mengurangi iritasi dan pembengkakan. Selain itu, dapat mengurangi keinginan untuk menggaruk bagian dubur yang bengkak karena rasa gatal yang ditimbulkan pneyakit ini.

Baca Juga: Cara Menyembuhkan Ambeien dengan Obat Alami, Perhatikan Juga Cara Mencegah Kambuh

2. Lidah buaya

Obat tradisional kedua untuk menghilangkan ambeien pada remaja adalah lidah buaya. Mengutip Medical News Today, lidah buaya memilik sifat anti-inflamasi dan dapat membantu menyembuhkan luka, menurut penelitian di BioMed Research International.

Lidah buaya dapat meredakan rasa terbakar, gatal, dan bengkak yang disebabkan oleh wasir saat dioleskan ke anus. Lidah buaya yang digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi wasir tentunya harus murni 100 persen, tanpa bahan adiktif atau pengawat. Jika tidak alami, dikhawatirkan dapat memperburuk gejala wasir.

3. Kompres es

Obat tradisional ketiga untuk menghilangkan ambeien pada remaja adalah mengompres air dingin atau es. Mengutip Medical News Today, kompres es dapat menjadi obat alami wasir dengan meringankan rasa sakit dan peradangan.

Kompres es dengan baik di bagian dubur yang bengkak dapat membantu menghilangkan rasa sakit dan mengurangi pembengkakan untuk sementara. Orang harus memastikan untuk membungkus es dengan handuk kecil untuk menghindari kerusakan pada kulit. Lalu, kompres bagian dubur yang bengkak selama 15 menit dan ulangi prosesnya setiap jam.

4. Witch hazel

Obat tradisional keempat untuk menghilangkan ambeien pada remaja adalah witch hasel. Mengutip Medical News Today, ekstrak witch hazel murni bisa menjadi obat alami untuk mengatasi wasir Anda.

Tanaman ini memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Witch hazel dikenal dapat mengurangi pembengkakan. Itu karena witch hazel mengandung tanin yang akan membantu mengecilkan pembuluh darah, menurut Readers Digest.

Untuk mengobati wasir, cukup basahi kapas dengan cairan witch hazel, lalu mengoleskannya ke bagian wasir. Perlu diingat bahwa tanaman ini tidak boleh diencerkan dengan alkohol karena dapat mengeringkan dan mengiritasi wasir.

5. Kantong teh hangat

Obat tradisional kelima untuk menghilangkan ambeien pada remaja adalah kantong teh hangat. Mengutip Readers Digest, wasir eksternal dapat diredakan dengan mengompres kantong teh basah yang hangat.

Asam tanat dalam teh akan membantu mengurangi pembengkakan, meredakan rasa sakit, dan meningkatkan pembekuan darah untuk menghentikan pendarahan.

6. Minyak pohon teh

Obat tradisional keenam untuk menghilangkan ambeien pada remaja adalah minyak pohon teh. Mengutip Healthline, minyak pohon teh adalah antiseptik alami yang dapat membantu meredakan rasa sakit dan gatal.

Minyak pohon teh juga dapat membantu melawan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pada kulit yang rusak atau teriritasi. Dengan kandungannya itu, minyak pohon teh juga bisa menjadi obat alami untuk mengatasi wasir.

Meski belum banyak penelitiannya. Satu studi pada 2012 menemukan bahwa pengobatan wasir selama 2 minggu berhasil dengan menggunakan ramuan minyak pohon teh, asam hialuronat, dan metil-sulfonil-metana.

Ramuan itu secara signifikan dapat mengurangi rasa sakit, pendarahan, dan peradangan pada penderita wasir. Minyak pohon teh bisa digunakan bersama dengan perawatan alami lainnya, seperti witch hazel atau lidah buaya, untuk bantuan tambahan.

7. Belimbing wuluh

Obat tradisional ketujuh untuk menghilangkan ambeien pada remaja adalah belimbing wuluh. Mengutip buku "Sehat Alami dengan Herbal" (2014) oleh Pusat Studi Biofarmaka LPPM IPB dan Gagas Ulung, belimbing wuluh memiliki efek antiinflamasi, sehingga dapat menjadi obat alami untuk mengatasi wasir.

Khasiat itu didapat dari buah dan daunnya. Buahnya dapat Anda makan begitu saja. Sementara untuk meramu daunnya, sebagai berikut: Rebus daun belimbing wuluh yang dipotong-potong dengan perbandingan 3 mangkuk daun dalam 8 liter air selama 30 menit. Kemudian air rebusan tersebut digunakan untuk Anda duduk berendam selama masih hangat.

8. Buah tin

Obat tradisional kedelapan untuk menghilangkan ambeien pada remaja adalah buah tin. Mengutip buku "Sehat Alami dengan Herbal" (2014) oleh Pusat Studi Biofarmaka LPPM IPB dan Gagas Ulung, buah tin dapat menjadi obat alami untuk mengatasi wasir karena memiliki efek laksatif, yang membantu untuk menangani sembelit kronis. Mengkonsumsi buah tin 2-3 setiap hari akan menjadi obat efektif untuk menyemmbuhkan wasir.

Gejala Ambeien

Diberitakan Kontan.co.id sebelumnya, supaya Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai, ada baiknya untuk mengetahui apa saja gejala ambeien yang bisa Anda alami. Karena bisa terjadi di dalam ataupun di luar rektum, gejala yang muncul pun dapat berbeda.

Hemoroid eksternal ditandai dengan rasa sakit, gatal, iritasi di sekitar anus, dan pendarahan. Sedangkan untuk hemoroid internal, gejala yang muncul adalah rasa sakit yang cukup parah ketika Anda buang air besar.

Penyebab Ambeien

Ada beberapa penyebab ambeien yang bisa Anda alami.

Penyebab ambeien adalah tekanan terlalu besar yang diterima pembuluh darah vena di sekitar anus. Hal itu bisa dipicu karena berbagai macam faktor. Mulai dari mengejan terlalu keras saat buang air besar, diare atau sembelit akut, hamil, obesitas, tubuh kekurangan serat, dan terlalu lama duduk di toilet.

Mayo Clinic menyebutkan bahwa bertambahnya usia juga bisa menyebabkan kemunculan ambeien. Seiring berjalannya waktu, jaringan yang menyokong pembuluh darah di sekitar anus melemah sehingga lebih rentan saat menerima tekanan.

Cara Mencegah Ambeien

Pertama, konsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak serat. Hal itu dapat melunakkan feses sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan. Jika perlu, Anda bisa mengonsumsi suplemen serat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Karena bisa disebabkan oleh dehidrasi, maka dari itu cobalah untuk minum banyak air putih. Umumnya, setiap orang membutuhkan delapan gelas per hari. Namun, ukuran itu bisa disesuaikan dengan aktivitas dan kondisi Anda.

Selanjutnya, hindari duduk atau berdiri dalam jangka waktu yang terlalu lama. Untuk mengurangi tekanan pada pembuluh darah vena, ada baiknya bagi Anda untuk rutin melakukan olahraga. Selain mengatasi ambeien, rajin olahraga juga dapat menjaga kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Itulah cara menghilangkan ambeien pada remaja dengan menggunakan obat tradisional. Segera hubungi dokter jika sakit berlanjut.

Selanjutnya: Kejutkan Pasar, Bank Sentral Swedia Kerek Suku Bunga 1%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru