kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara menghentikan pendarahan pada luka dan mimisan


Senin, 07 September 2020 / 10:17 WIB
Cara menghentikan pendarahan pada luka dan mimisan
ILUSTRASI. Memposisikan kaki lebih tinggi daripada jantung bisa digunakan sebagai cara menghentikan pendarahan pada kaki. KONTAN/Baihaki


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Luka yang terjadi pada tubuh dapat menyebabkan pendarahan. Pendarahan pada luka kecil memang bisa berhenti sendiri, tapi tidak dengan pendarahan luka besar. Cara menghentikan pendarahan perlu dilakukan agar tidak menimbulkan infeksi yang lebih parah.

Pendarahan terjadi saat kulit terluka karena pembuluh darah mengalami kerusakan. Healthline mengatakan bahwa pendarahan bermanfaat untuk menyembuhkan luka. Namun, pendarahan yang terlalu banyak juga tak baik untuk kondisi tubuh.

Anda perlu menyiapkan beberapa perlengkapan P3K agar luka yang terjadi sewaktu-waktu bisa ditangani dengan tepat. Beberapa perlengkapan yang dimaksud adalah sarung tangan medis steril, kasa steril, gunting kecil, dan medical tape.

Cara Menghentikan Pendarahan Pada Luka

Jika luka terjadi pada tangan atau kaki, posisikan bagian tubuh tersebut lebih tinggi dari jantung agar pendarahan bisa berkurang. Cara menghentikan pendarahan selanjutnya adalah dengan membersihkan kotoran di sekitar luka, seperti rumput atau benda lainnya.

Baca Juga: Catat! Inilah penyebab pendarahan pada ibu hamil

Anda bisa melakukan cara menghentikan pendarahan dengan mencuci luka kecil dengan sabun dan air. Healthline mengatakan jangan membersihkan luka yang terlalu besar karena beresiko terkena infeksi. Cara menghentikan pendarahan bisa dilanjutkan dengan menutup luka menggunakan kain.

Jika selembar kain dirasa kurang untuk menghentikan pendarahan, Anda bisa menambahkan kain lainnya. Anda dapat menutup luka selama 10 menit. Saat pendarahan sudah berhenti, Anda bisa menutup luka menggunakan kasa steril.

Cara Menghentikan Pendarahan Pada Mimisan

Mimisan merupakan hal yang umum terjadi pada anak-anak dan orang dewasa. Pada anak-anak, mimisan memang bukanlah suatu hal yang dikhawatirkan. Namun, mimisan pada orang dewasa bisa jadi tanda tekanan darah tinggi atau arteri mengeras.

Baca Juga: Apa yang harus dilakukan saat anak Anda mimisan?

Mengutip dari Healthline, cara menghentikan pendarahan pada mimisan pertama yang perlu dilakukan adalah dengan duduk dan mengarahkan kepala ke bawah. Hal tersebut dilakukan agar darah tak mengalir ke perut sehingga menyebabkan mual.

Selanjutnya, pakai sarung tangan karet dan tutup hidung selama lima hingga 10 menit sampai pendarahan benar-benar selesai. Saat mimisan mereda, usahakan jangan meniup hidung selama beberapa hari untuk menghindari pendarahan terjadi lagi.

Jika mimisan terjadi karena kecelakaan dan tak berhenti selama 20 menit, Healthline menyarankan untuk segera diperiksakan ke dokter. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah kondisi tubuh yang semakin parah.

Selanjutnya: Catat! Ini kondisi yang menyebabkan turunnya tekanan darah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×