Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah Secara Alami & Penyebab Hipotensi

Kamis, 22 September 2022 | 04:55 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah Secara Alami & Penyebab Hipotensi


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak cara mengatasi tekanan darah rendah tanpa minum obat. Kenali juga penyebab tekanan darah rendah sehingga bisa melakukan pencegahan.

Cara mengatasi darah rendah bisa dilakukan secara alami. Namun Anda perlu berkonsultasi dengan dokter jika ingin menerapkan cara mengatasi darah rendah tanpa obat ini.

Mengutip Kompas.com, darah rendah tidak boleh dibiarkan. Anda perlu mengatasi darah rendah agar tidak menimbulkan konsekuensi serius, seperti serangan jantung dan gagal ginjal.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi gejala darah rendah secara alami. Berikut sejumlah cara mengatasi tekanan darah rendah secara alami:

  • Gunakan lebih banyak garam

Cara mengatasi tekanan darah rendah yang pertama adalah perbanyak konsumsi garam. Dikutip dari Mayoclinic, para ahli biasanya menyarankan untuk membatasi garam (natrium) karena dapat meningkatkan tekanan darah, terkadang secara drastis.

Bagi orang dengan tekanan darah rendah, itu bisa menjadi hal yang baik. Akan tetapi, terlalu banyak natrium dapat menyebabkan gagal jantung, terutama pada orang dewasa yang lebih tua. Jadi, penting untuk memeriksakan diri ke penyedia layanan kesehatan sebelum menambah garam.

Baca Juga: Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Penderita Darah Rendah

  • Minum lebih banyak air

Cara mengatasi tekanan darah rendah yang kedua adalah minum lebih banyak air. Cairan meningkatkan volume darah dan membantu mencegah dehidrasi, keduanya penting dalam mengobati hipotensi atau tekanan darah rendah.

  • Menggunakan stoking kompresi

Cara mengatasi tekanan darah rendah yang ketiga adalah menggunakan stoking kompresi. Stoking kompresi biasanya digunakan untuk meredakan rasa sakit dan pembengkakan varises.

Alat ini dapat meningkatkan aliran darah dari kaki ke jantung. Ini membantu meredakan hipotensi ortostatik atau postural yang merupakan tekanan darah rendah karena terlalu banyak berdiri, berbaring, atau duduk.

Cara lain mengatasi darah rendah

Selain dengan cara alami, untuk mengatasi darah rendah juga bisa minum sejumlah obat-obatan. Beberapa obat tersedia untuk mengobati tekanan darah rendah. Misalnya, obat fludrokortison meningkatkan volume darah.

Obat tersebut kerap digunakan untuk mengobati hipotensi ortostatik. Jika Anda memiliki hipotensi ortostatik jangka panjang (kronis), midodrine (Orvaten) dapat diresepkan untuk meningkatkan tingkat tekanan darah. Obat ini mengurangi kemampuan pembuluh darah untuk mengembang, sehingga meningkatkan tekanan darah.

Penyebab darah rendah

Diberitakan Kontan.co.id sebelumnya, hipotensi atau darah rendah ditandai dengan tekanan darah yang di bawah 90/60 mmHg. Tentu saja kondisi itu tidak baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Jika terus dibiarkan, banyak bagian tubuh yang tidak cukup mendapat asupan oksigen.

Ciri-ciri darah rendah yang bisa Anda alami cukup beragam. Mulai dari pingsan, pusing, mual, dehidrasi, dan lain sebagainya. Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami gejala itu. Nantinya, dokter akan memberikan saran perawatan sesuai dengan penyebabnya.

Penyebab Sementara

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan tekanan darah rendah dalam waktu singkat. Misalnya, tubuh kekurangan cairan, kehamilan, makanan yang Anda konsumsi, dan lain-lain. Anda tidak perlu terlalu khawatir karena beberapa hal itu bisa diatasi dengan cara yang cukup mudah.

Gangguan Pada Jantung

Berikutnya, gangguan pada jantung bisa jadi penyebab tekanan darah rendah. Jantung adalah organ dalam tubuh yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Jika terdapat gangguan, fungsi itu tidak bisa berjalan secara maksimal. Akibatnya, tekanan darah pun menurun.

Jenis Obat Tertentu

Beberapa jenis obat juga bisa jadi penyebab tekanan darah rendah, lo. Jenis-jenis obat yang dimaksud adalah obat hipertensi, antidepresan, obat disfungsi ereksi, obat penyakit parkinson, dan lain sebagainya. Jika Anda mengalami beberapa gejala hipotensi, ada baiknya untuk mengkonsultasikan kondisi itu dengan dokter.

Gangguan Sistem Endokrin

Medical News Today menyebutkan bahwa tekanan darah rendah bisa dipicu oleh gangguan pada sistem endokrin. Salah satu contohnya adalah hipotiroidisme atau kondisi di mana kelenjar tiroid tidak terlalu aktif. Akibatnya, perngaturan hormon tubuh terganggu sehingga Anda pun mengalami hipotensi.

Konsumsi Alkohol

Kebiasaan mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang terlalu banyak juga bisa memicu hipotensi. Jika Anda kesulitan untuk menghentikan kebiasaan buruk itu, tak ada salahnya untuk mencoba konsultasi dengan dokter. Nantinya, dokter akan memberikan saran yang bisa Anda praktikkan supaya konsumsi alkohol berkurang.

Itulah berbagai cara mengatasi tekanan darah rendah dan penyebab yang harus diwaspadai. Segera hubungi dokter jika sakit berlanjut.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru