kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.406.000   2.000   0,14%
  • USD/IDR 16.246
  • IDX 7.288   -25,97   -0,36%
  • KOMPAS100 1.140   -5,84   -0,51%
  • LQ45 919   -3,90   -0,42%
  • ISSI 219   -0,13   -0,06%
  • IDX30 458   -2,90   -0,63%
  • IDXHIDIV20 550   -3,55   -0,64%
  • IDX80 129   -0,44   -0,34%
  • IDXV30 130   -0,02   -0,02%
  • IDXQ30 154   -1,11   -0,71%

Cara Mengatasi Maag Tanpa Obat, Penting Diketahui Jika Kambuh Mendadak


Kamis, 01 September 2022 / 16:01 WIB
Cara Mengatasi Maag Tanpa Obat, Penting Diketahui Jika Kambuh Mendadak
ILUSTRASI. Cara Mengatasi Maag Tanpa Obat, Penting Diketahui Jika Kambuh Mendadak


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak cara mengatasi maag yang kambuh tanpa obat. Cara mengatasi maag kambuh tanpa obat ini penting diketahui jika dalam kondisi darurat seperti jauh dari dokter dan apotik.

Maag bisa kambuh secara tak terduga. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi maaf kambuh tanpa obat agar bisa memberikan penanganan secara tepat.

Maag adalah penyakit yang ditandai dengan rasa terbakar di dada bagian bawah, tepatnya di belakang tulang dada. Sensasi terbakar ini bisa dipicu karena makanan, terutama makanan pedas, berlemak, atau asam.

Biasanya, rasa sakit maag akan semakin bertambah parah setelah makan di malam hari atau saat membungkuk dan berbaring. Terdapat beberapa cara meredakan sakit maag yang tidak berkesudahan, yakni secara alami dan kimiawi.

Namun, jika rasa sakit tidak kunjung membaik dan justru semakin para, sebaiknya segera memeriksakannya ke petugas kesehatan.

Baca Juga: Catat, 6 Obat Maag Alami yang Efektif Mengatasi Sakit Maag

Cara mengatasi maag kambuh tanpa obat

Berikut Kompas.com merangkum beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi maag kambuh tanpa obat. Cara mengatasi maaf kambuh tanpa obat ini terbilang sederhana karena menggunakan bahan alami dan mudah dilakukan di rumah.

Cara mengatasi maag yang sedang kambuh tanpa obat adalah sebagai berikut:

1. Mengonsumsi buah pisang

Cara pertama mengatasi maag kambuh tanpa obat adalah makan buah pisang. Dilansir dari India Times, uah pisang mengandung jumlah potasium yang baik untuk melawan maag yang tidak nyaman. Namun, pastikan Anda memilih pisang yang sudah matang.

2. Mengunyah permen karet

Cara kedua mengatasi maag kambuh tanpa obat adalah mengunyah permen karet. Menurut Healthline, mengunyah permen karet bebas gula selama setengah jam setelah makan dapat membantu menurunkan rasa mulas akibat maag yang kambuh.

Permen karet merangsang produksi air liur sehingga menjaga kadar asam di kerongkongan tetap rendah. Kendati demikian, bukti penelitian ini tidak terlalu kuat. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengetahui dengan pasti apakah metode ini membantu mengatasi mulas.

3. Jahe

Cara ketiga mengatasi maag kambuh tanpa obat adalah konsumsi jahe. Dikutip dari sumber yang sama, ramuan jahe dapat membantu meredakan gejala maag. Anda bisa mencampurkan potongan jahe ke dalam masakan tumis, sup, dan makanan lainnya.

Atau Anda juga bisa membuat teh jahe dengan cara merebus jahe mentah, jahe kering, atau teh celup jahe dalam air mendidih. Pastikan dosis jahe yang digunakan tidak terlalu banyak. Sebab mengonsumsi jahe dalam dosis besar sebenarnya justru dapat memicu sakit maag.

4. Minum susu

Cara keempat mengatasi maag kambuh tanpa obat adalah minum susu. Susu secara alami bersifat basa sehingga dapat membantu menangkal asam lambung berlebih yang naik ke tenggorokan.

Minum susu bisa membantu mengurangi efek luka bakar dengan menetralkan sebagian asam. Anda bisa memilih susu rendah lemak atau susu skim. Sebab, kandungan lemak dalam 2 persen atau susu murni dapat memperburuk mulas dan memperburuknya.

5. Minum soda kue dan air

Cara kelima mengatasi maag kambuh tanpa obat adalah minum soda kue dan air. Sedikit doda kue yang dicampur dengan air dapat menetralkan asam dan meredakan sakit maag. Anda bisa mencampurkan satu sendok teh baking soda dengan empat ons air dan minum.

Pastikan Anda menanyakan takaran soda kue yang tepat kepada dokter. Sebab, soda kue dosis tinggi bisa membahayakan kesehatan.

6. Tandai makanan pemicu maag

Cara keenam mengatasi maag kambuh tanpa obat adalah menghindari makan pemicu maag. Maag bisa kambuh setelah mengonsumsi makanan tertentu.

Kenali makanan yang memicu masalah maag untuk mencegah maag kambuh di waktu yang tidak tepat. Beberapa makanan yang bisa memicu sakit maag antara lain: Bawang. Buah sitrus. Makanan tinggi lemak. Tomat. Produk berbahan dasar tomat. Alkohol. Jus jeruk. Minuman berkafein. Minuman berkarbonasi.

7. Makan dengan porsi kecil

Cara ketujuh mengatasi maag kambuh tanpa obat adalah berusahan makan dengan porsi kecil. Mengonsumsi makanan dalam jumlah besar berpotensi memberikan tekanan pada katup yang menyebabkan keasaman.

Akibatnya, maag bisa saja kambuh usai mengonsumsi makanan dengan porsi besar. Oleh karena itu, makanlah dalam jumlah kecil dan kunyah makanan secara perlahan.

8. Kendurkan pakaian

Cara kedelapan mengatasi maag kambuh tanpa obat adalah melonggarkan pakaian. Melonggarkan pakaian atau ikat pinggang dapat membantu meringankan gejala sakit maag dengan mengurangi tekanan perut.

Cara ini memberikan ruang bagi perut untuk mengembang. Oleh karena itu, hindari pakaian yang terlalu ketat atau ikat pinggang yang terlalu kencang jika gejala maag mulai terasa.

9. Makan lebih awal

Cara kesembilan mengatasi maag kambuh tanpa obat adalah makan lebih awal. Berbaring sesaat setelah makan dapat memicu sakit maag. Oleh sebab itu, makanlah 3 jam sebelum tidur agar maag tidak kambuh.

10. Ubah posisi tidur

Cara kesepuluh mengatasi maag kambuh tanpa obat adalah mengubah posisi tidur. Dilansir dari Insider, cobalah untuk mengubah posisi Anda ketika gejala maag mulai terasa.

Ahli gastroenterologi di Orlando Health Digestive Health Institute Ashil Gosalia mengatakan posisi tidur akan memperburuk gejala maag. Anda bisa mencoba untuk berdiri dan berjalan-jalan untuk meringankan rasa tidak nyaman. "Gravitasi bisa menjadi temanmu," kata Gosalia. "Gravitasi diharapkan akan mendorong asam kembali ke tempat yang seharusnya."

11. Tinggikan posisi kepala

Cara ke-11 mengatasi maag kambuh tanpa obat adalah meninggikan posisi kepala. Masih dilansir dari sumber yang sama, hli gastroenterologi di Redlands Community Hospital Kaunteya Reddy mengatakan, mengangkat kepala dapat membantu mencegah asam lambung masuk ke kerongkongan dan mengurangi gejala sakit maag.

12. Hindari asap rokok

Cara keempat mengatasi maag kambuh tanpa obat adalah tidak merokok. Menurut American College of Gastroenterology (ACG), merokok daat menyebabkan refluks asam naik sehingga sakit maag kambuh. Jika Anda perokok, kurangi atau berhentilah merokok karena dapat mengurangi jumlah produksi air liur sehingga membentuk asam di lambung.

Gejala sakit maag

Dilansir situs Cleveland Clinic, berikut gejala sakit maag yang bisa sering dirasakan:

  • Sensasi terbakar di dada yang berlangsung dari beberapa menit hingga beberapa jam
  • Nyeri di dada saat membungkuk atau berbaring
  • Sensasi terbakar di tenggorokan
  • Kesulitan dalam menelan
  • Rasa asam atau asin di bagian belakang tenggorokan.

Kapan harus menghubungi dokter saat sakit maag?

Gejala maag yang tidak berkesudahan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius. Sakit maag yang parah berkaitan erat dengan peradangan dan penyempitan kerongkongan, masalah pernapasan, batuk kronis, GERD, dan kanker kerongkongan.

Oleh karena itu, segera hubungi dokter jika sakit maag ditandai dengan gejala berikut ini:

  • Sakit maag Anda tidak akan hilang
  • Rasa sakit lebih parah atau sering
  • Sulit atau sakit untuk menelan
  • Muntah
  • Mengalami penurunan berat badan yang tidak terduga
  • Rasa sakit yang mengganggu aktivitas sehari-hari
  • Suara serak yang serius.

Itulah beberapa cara mengatasi maag kambuh tanpa obat. Segera hubungi dokter jika maag tak kunjung sembuh.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Meredakan Sakit Maag dengan Mudah dan Alami Tanpa Obat",


Penulis : Alinda Hardiantoro
Editor : Sari Hardiyanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
[ntensive Boothcamp] Business Intelligent with Ms Excel Pre-IPO : Explained

[X]
×