Cara mengatasi insomnia, coba konsumsi 4 makanan ini

Senin, 18 Oktober 2021 | 11:38 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cara mengatasi insomnia, coba konsumsi 4 makanan ini

ILUSTRASI. Cara mengatasi insomnia bisa dengan mengonsumsi jenis makanan tertentu.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak orang yang pernah mengalami insomnia, entah dalam jangka waktu lama atau sebentar. Jika Anda termasuk salah satu orang yang sulit tidur di malam hari, cara mengatasi insomnia dalam artikel ini dapat dijadikan opsi.

Pertama, Anda perlu menghindari hal-hal yang bisa membuat Anda sulit tidur. Misalnya, minum kopi, mengonsumsi makanan berat mendekati waktu tidur, atau faktor lain yang menyulitkan Anda untuk terlelap di malam hari.

Beberapa bahan alami yang disebutkan di bawah ini bisa Anda jadikan pilihan. Namun, bukan berarti hasilnya bisa langsung terlihat, ya. Anda perlu mengonsumsinya secara teratur supaya efeknya terasa. Selain itu, jangan lupa untuk tetap berkonsultasi ke dokter.

Lemak Ikan

Melansir Sleep Foundation (sleepfoundation.org), rutin mengonsumsi lemak ikan bisa memperbaiki waktu tidur di malam hari. tak hanya itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi tubuh Anda di siang hari menjadi lebih baik ketika mengonsumsi lemak ikan.

Vitamin D dan asam lemak omega-3 yang berasal dari lemak ikan mampu meningkatkan produksi serotonin dalam tubuh. Hal itulah yang membuat Anda mudah tidur sehingga kegiatan sehari-hari bisa berjalan dengan lebih baik.

Baca Juga: 5 Manfaat minum lemon dan jahe sebelum tidur, tak banyak yang tahu

Nasi

Salah satu cara mengatasi insomnia adalah mengonsumsi nasi putih.

Mengonsumsi nasi juga termasuk dalam cara mengatasi insomnia, lo. Menurut sebuah penelitian, partisipan yang mengonsumsi nasi secara teratur memiliki kualitas tidur di malam hari yang lebih baik daripada partisipan yang mengonsumsi lebih banyak roti atau mi.

Kiwi

Cara mengatasi insomnia berikutnya yang bisa Anda jadikan pilihan adalah rutin mengonsumsi kiwi. Mengutip dari Sleep Foundation, jenis buah itu mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, seperti folat, vitamin C, vitamin E, kalium, dan lain sebagainya.

Selain membuat Anda menjadi lebih mudah untuk terlelap, mengonsumsi kiwi bisa meningkatkan kualitas tidur. Tidak berhenti sampai di situ, kiwi juga dipenuhi dengan antioksidan yang mampu menjaga kesehatan tubuh. Cobalah untuk makan dua buah kiwi satu jam sebelum jadwal tidur Anda di malam hari.

Baca Juga: 7 Cara mengatasi insomnia tanpa obat-obatan

Kacang

Makan kacang almond termasuk cara mengatasi insomnia.

Kacang jadi obat insomnia berikutnya yang tak boleh Anda lewatkan. Kacang almond dan jenis kacang lain mengandung berbagai jenis gizi yang efektif meningkatkan kualitas tidur Anda. Mulai dari melatonin, magnesium, zinc, dan lain-lain.

Selanjutnya: Sulit tidur di malam hari? Coba minum racikan herbal lemon dan jahe

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru