7 Cara mengatasi insomnia tanpa obat-obatan

Senin, 26 Juli 2021 | 15:46 WIB Sumber: Healthline
7 Cara mengatasi insomnia tanpa obat-obatan

ILUSTRASI. 7 Cara mengatasi insomnia tanpa obat-obatan.

KONTAN.CO.ID - Insomnia adalah kondisi saat seseorang sulit untuk tidur. Tapi, insomnia bukan penyakit berbahaya bila hanya terjadi sesekali. 

Namun, jika berlangsung lama, Anda harus mewaspadainya. Ada beberapa penyebab dari insomnia, seperti kebiasaan mengonsumsi minuman berkafein dan minum alkohol menjelang waKtu tidur. 

Penyebab lainnya adalah masalah psikologis, seperti stres, depresi, dan gangguan cemas. Selain dengan mengonsumsi obat-obatan, ada beberapa cara mengatasi insomnia secara alami yang bisa Anda coba. 

Nah, berikut cara mengatasi insomnia tanpa obat seperti dilansir dari Healthline:

1. Meditasi

Meditasi adalah aktivitas bernafas dengan lambat dan stabil sambil duduk dengan tenang. Anda menikmati setiap hembusan napas sembari menenangkan pikiran. 

Meditasi memiliki banyak manfaat kesehatan salah satunya membantu tidur lebih nyenyak. 

Para peneliti dalam sebuah studi 2011 menemukan, meditasi secara signifikan mengobati insomnia dan pola tidur secara keseluruhan. Meditasi juga bermanfaat untuk mengurangi stres, meningkatkan konsentrasi, dan meningkatkan kekebalan tubuh. 

Baca Juga: Lakukan Diet Jika Anda Sudah Merasakan 10 Tanda Ini!

2. Yoga

Yoga telah lama terbukti memiliki efek positif pada kualitas tidur. Yoga juga dapat mengurangi stres, meningkatkan fungsi fisik, dan meningkatkan fokus mental.

Pilih gaya yang lebih berfokus pada latihan pernapasan daripada gerakan fisik yang sulit. Berusahalah untuk melakukan beberapa sesi lebih lama setiap minggu, dan setidaknya 20 menit latihan mandiri setiap hari. 

Melakukan yoga sebelum tidur bisa membantu Anda bisa merasa rileks. Jika suatu gerakan dirasa tidak terasa cocok untuk Anda, jangan paksakan. Memaksanya dapat menyebabkan cedera. 

Sangat penting untuk melakukan gerakan yang dirasa baik untuk Anda dan tubuh Anda.

3. Olahraga

Olahraga jadi cara mengatasi insomnia yang sangat efektif. Aktivitas ini bisa meningkatkan suasana hati, memberi Anda lebih banyak energi, membantu penurunan berat badan, dan meningkatkan kualitas tidur.

Untuk mengatasi insomnia, Anda harus melakukan olahraga ringan setidaknya selama 20 menit per hari. Anda dapat menambahkan beberapa latihan kekuatan atau latihan aerobik beberapa kali per minggu. 

Pertimbangkan kondisi tubuh Anda dan berolahragalah yang sesuai. Cedera fisik mungkin terjadi, tetapi biasanya dapat dihindari jika Anda berolahraga dengan hati-hati.

Baca Juga: Bolehkah Anak-Anak Minum Kopi?

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru