Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Ke Dada, Coba Konsumsi Makanan Penurun Asam Berikut

Kamis, 25 Agustus 2022 | 07:08 WIB Sumber: Kompas.com
Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Ke Dada, Coba Konsumsi Makanan Penurun Asam Berikut

ILUSTRASI. Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Ke Dada, Coba Konsumsi Makanan Penurun Asam Lambung Berikut


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak cara mengatasi gejala asam lambung yang naik ke dada. Dalam kondisi darurat dan tidak tersedia obat, sejumlah bahan makanan bisa menjadi penurun asam lambung.

Penyakit asam lambung bisa memicu sensasi terbakar serta rasa sakit di tenggorokan dan dada. Lalu bagaimana cara mengatasi asam lambung yang naik hingga ke dada dan tenggorokan?

Penyakit asam lambung terjadi ketika asam lambung mengalir ke kerongkonan atau pipa makanan. Naiknya asam lambung sebenarnya tidak akan memicu penyakit serius. Namun jika terjadi terus-menerus, hal tersebut bisa menjadi pertanda adanya penyakit refluks gastroesofageal (GERD).

Memang ada beberapa makanan tertentu yang bisa menjadi pemicu naiknya asam lambung. Namun, adapula makanan atau minuman yang bermanfaat sebagai penurun gejala asam lambung.

Baca Juga: 8 Aktivitas yang Efektif Mencegah Asam Lambung Kumat Lagi

Berikut daftar makanan penurunan asam lambung:

1. Air jahe

Bahan makanan pertama penurun asam lambung adalah air jahe. Jahe dapat membantu mengurangi masalah pencernaan, seperti asam lambung, kembung, dan dispepsia.

Studi menunjukan bahwa jahe dapat meredakan tekanan pada sfingter esofagus bagian bawah dan meningkatkan pengosongan lambung. Tanpa pengurangan tekanan ini, risiko kegagalan sfingter meningkat, sehingga memungkinkan asam lambung mengalir kembali ke pipa makanan.

2. Susu rendah lemak

Bahan makanan kedua penurun asam lambung adalah susu rendah lemak. Makanan dan minuman dengan kandungan lemak tinggi, seperti susu murni, dapat memperburuk gejala GERD. Jadi, susu rendah lemak dan susu yang terbuat dari bahan nabati bisa menjadi pilihan yang baik.

Beberapa susu nabati, seperti susu almond, juga bersifat basa. Sifat basa tersebut bisa membantu menetralkan asam lambung.

3. Air putih

Bahan makanan ketiga penurun asam lambung adalah air putih. Air putih dapat membantu melancarkan pencernaan. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh juga membantu memastikan makanan melewati saluran pencernaan dengan benar sehingga mengurangi naiknya asam lambung.

Riset 2016 melaporkan bahwa air dengan suplemen hidrogen karbonat juga dapat membantu mengurangi gejala heartburn dan GERD.

4. Jus buah dan sayur rendah asam

Bahan makanan keempat penurun asam lambung adalah jus buah dan sayur rendah asam. Jus buah yang sangat asam dapat mengiritasi selaput lendir pipa makanan. Hal ini dapat memperburuk gejala refluks asam.

Namun, buah dan sayuran rendah asam mengandung senyawa alami yang dapat mengurangi asam lambung. Beberapa contoh sayuran dan buah rendah asam antara lain lidah buaya, seledri, wortel, blewah, melon.

Itulah sejumlah bahan makanan penurun asam lambung yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi gejala asam lambung yang naik hingga ke dada dan tenggorokan. Jika sakit berlanjut, segera hubungi dokter.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Makanan untuk Redakan Gejala Asam Lambung",


Penulis : Ariska Puspita Anggraini
Editor : Ariska Puspita Anggraini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru