Cara mencuci masker kain yang benar

Selasa, 11 Agustus 2020 | 14:40 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Cara mencuci masker kain yang benar

ILUSTRASI. Cara mencuci masker kain harus Anda lakukan dengan benar agar tetap efektif untuk mencegah sebaran Virus Covid-19.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu protokol kesehatan yang perlu Anda terapkan adalah menggunakan masker. Ada banyak jenis masker yang bisa Anda pakai, seperti masker kain. Cara mencuci masker kain perlu Anda perhatikan agar tetap efektif memutus penyebaran Virus Covid-19.

Masker kain harus selalu dicuci setelah dipakai. Tujuannya agar tidak ada virus, bakteri, atau jenis kuman lain yang tertinggal dan membahayakan kesehatan.

Baca Juga: 4 Sebab kasus pasien Covid tanpa gejala banyak terjadi

Melalui laman resminya, Centers for Disease Control and Prevention atau CDC (cdc.gov) merekomendasikan cara mencuci masker kain yang baik. Ada dua cara yang dijelaskan, yaitu mencuci dengan tangan dan menggunakan mesin cuci.

Cara mencuci masker kain menggunakan mesin cuci sama seperti mencuci baju pada umumnya. Anda bisa mencampurkan masker kain dengan baju kotor lainnya. Gunakan air hangat atau dengan suhu lain yang tidak merusak masker kain.

CDC menyarankan untuk membuat larutan air sabun terlebih dahulu. Campurkan 5 sendok makan air sabun untuk satu galon air atau 4 sendok teh air sabun untuk perempat air. Pastikan air berada di suhu ruangan, ya.

Jangan lupa memeriksa label untuk memastikan apakah air sabun bisa dipakai untuk disinfektan atau tidak. Beberapa jenis air sabun untuk pakaian berwarna tidak dirancang untuk dipakai sebagai disinfektan.

Baca Juga: 2 kontroversi virus corona yang perlu Anda tahu

Cara mencuci masker kain selanjutnya adalah dengan merendam masker kain dalam larutan tersebut selama 5 menit. Setelah itu, bilas menggunakan air bersih.
Cara mencuci masker kain bisa Anda akhiri dengan mengeringkan masker kain. CDC menjelaskan bahwa Anda bisa menggunakan pengering.

Pakai pengaturan panas tertinggi dan biarkan masker kain sampai kering. Jika Anda tidak memakai pengering, Anda bisa menjemur masker kain di bawah sinar matahari secara langsung. 

Menggunakan masker adalah salah satu cara efektif untuk memutus sebaran Virus Covid-19. Maka dari itu, jangan lupa untuk selalu menggunakannya saat melakukan kegiatan di luar rumah. Ingat juga untuk menerapkan protokol kesehatan yang lain.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru